Biaya Ganti Aki Motor & Mobil, Cukup Rp 50 Ribuan Saja!

Biaya Ganti Aki – Perlu kalian ketahui Aki merupakan salah satu komponen penting yang harus diperhatikan kinerjanya bagi setiap kendaraan bermotor maupun mobil. Sehingga patut bagi kalian untuk selalu memeriksa kondisi Aki secara berkala agar komponen Aki tidak bermasalah atau pun rusak.

Pasalnya jika aki bermasalah tentu saja akan bedampak pada kinerja mesin motor yang bakal kalian kendarai setiap hari. Maka dari itu wajib bagi pemilik kendaraan untuk service mobil atau pun motor serta memeriksa kondisi aki apakah sudah waktunya di ganti atau belum. Namun yang kerap menjadi pertanyaan saat ini adalah berapakah biaya ganti aki?

Perlu di ketahui saat ini ada berbagai macam jenis aki yang dijual di pasaran salah satunya adalah aki kering dan aki basah. Dimana setiap harga Aki akan ditentukan oleh jenis, merek dan tipe aki. Semakin bagus kualitas dari aki tersebut maka akan semakin mahal harga aki. Selain itu, melakukan pergantian Aki juga akan membutuhkan biaya ganti aki yang tidaklah sedikit.

Maka dari itu, sebelum kalian mengganti aki motor atau pun mobil lebih baik mencari tahu terlebih dahulu terkait dengan informasi biaya ganti Aki, agar nantinya kalian dapat menyiapkan anggaran untuk mengganti aki. Tanpa berlama-lama lagi berikut adalah informasinya.

Jenis-Jenis Aki

jenis jenis aki

Sebelum mengetahui biaya ganti aki, sebaiknya kita mengetahui apa saja jenis-jenis Aki yang sering kita jumpai di pasaran. Perlu diketahui saat ini jenis aki mobil atau pun motor memang sangatlah beragam. Untuk itu dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi terkait dengan jenis-jenis aki.

1. Aki Basah

Jenis aki yang pertama adalah Aki Basah, dimana jenis aki ini memang paling mudah ditemukan. Untuk jenis aki ini termasuk dalam kategori basah, karena didalamnya terdapat cairan elektrolit atau air berupa asam sulfat. Dimana dalam air tersebut terdapat kandungan timah antimoni yang berfungsi sebagai penguat timbal untuk baterai.

2. Aki Kering

Selanjutnya ada juga jenis aki kering. Dimana didalam aki kering ini terdapat cairan elektrolit yang relatif lebih hemat dan tidak gampang menguap. Selanjutnya kalian tidak perlu melakukan pengisian ulang karena aki jenis ini sudah diatur oleh pabrik untuk tidak perlu dilakukan isi ulang. Jadi aki kering tentu saja lebih gampang dirawat dibandingkan aki basah.

3. Aki Hybrid

Perlu kalian ketahui jika biaya ganti aki memang tidaklah sedikit, maka dari itu merawat aki adalah salah satu solusi bagi kalian dalam menjadi performa aki agar tetap awet dan tahan lama. Tidak hanya itu saja, pemilihan aki yang tepat juga mampu merawat mesin kendaraan kalian agar tetap prima. Sementara itu, kalian juga dapat menggunakan jenis aki Hybrid, dimana aki tersebut merupakan jenis perpaduan antara aki kering, aki basah dan aki kalsium.

4. Aki MF AGM

Berbicara mengenai biaya ganti aki, tentu saja sangat umum diperbincangkan. Pasalnya banyak dari pemilik kendaraan mobil atau pun motor yang berencana untuk ganti aki. Salah satu jenis aki yang dapat digunakan adalah aki MF AGM, dimana jenis aki tersebut memiliki banyak keunggulan yang mana aki MF AGM sudah dilengkapi dengan teknologi yang membuat aki terperangkap dalam separator khusus.

5. Aki Kalsium

Selanjutnya ada juga jenis aki kalsium, dimana aki jenis ini terbuat dari kalsium sehingga penamaanya pun menjadi aki kalsium. Sementara itu, akin ini juga memiliki tingkat penguapann yang jauh lebih rendah dibandingkan aki kering maupun basah sehingga dapat dikatakan jenis aki tersebut merupakan jenis aki paling irit.

Berapa Tahun Aki Harus Ganti?

Perlu kalian ketahui jika aki juga memiliki masa usia pakai dan dari beberapa sumber yang kami dapatkan aki harus diganti jika sudah mencapai 2 hingga 5 tahun untuk jenis aki kering dan basah. Namun untuk pemakaian normal sebaiknya aki bisa digunakan selama 1 hingga 3 tahun.

Ciri-Ciri Aki Rusak dan Harus Ganti

biaya ganti aki motor

Setelah mengetahui jenis-jenis aki, kini saatnya kalian mengetahui tanda-tanda aki rusak dan perlu di ganti. Aki merupakan sebuah baterai dimana komponen ini merupakan penyedia daya listrik yang diperlukan untuk dapat menghidupkan mesin motor atau pun mobil serta menyimpan energi.

Layaknya baterai pada umumnya aki harus diganti secara berkala karena memiliki usia pakai yang cukup terbatas. Jadi seiring dengan berjalannya waktu aki tentu akan mengalami penurunan performa. Hal ini tentu akan mengakibatkan mesin motor menjadi sulit menyala dan berbagai komponen terkait dengan sistem kelistrikan akan tidak berfungsi optimal. Maka dari itu wajib bagi kalian untuk mengetahui tanda-tanda aki rusak dan perlu di ganti.

  • Mesin sulir dihidupkan
  • Starter tidak menyala atau berbunyi klik ketika ditekan
  • Cahaya lampu motor meredup
  • Suara klakson menyecil
  • Tampilan speedometer meredup
  • Tegangan aki dibawah 12 Volt
  • Tarikan motor menjadi lebih berat
  • Usia pakai aki sudah lebih dari 2 tahun

Biaya Ganti Aki

ciri ciri aki rusak

Setelah mengetahui tanda-tanda aki rusak dan harus segera diganti hal berikutnya yang harus kalian ketahui adalah biaya ganti aki motor dan juga mobil. Dimana untuk ganti aki ini bisa kalian lakukan di bengkel aki atau pun bengkel resmi. Namun perlu kalian ketahui biaya ganti aki pada motor mau pun mobil tergantung dari jenis aki.

Berdasarkan dari pengalaman penulis, untuk biaya ganti aki motor berkisar antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000 sedangkan untuk aki mobil berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 tergantung dengan mekanik yang menanganinya. Namun dapat dipastikan jika ongkos ganti aki disetiap bengkel akan berbeda-beda.

Perlu diperhatikan jika biaya tersebut belum termasuk harga aki yang akan diganti. Dan untuk harga aki motor atau pun mobil ini sangat beragam tergantung dari jenis, tipe dan merek aki tersebut.

Cara Merawat Aki Agar Tetap Awet

cara merawat aki

Setelah mengetahui biaya ganti aki kini waktunya kita mencari tahu bagaimana caranya merawat aki agar tetap awet. Seperti yang sudah diketahui aki merupakan salah satu komponen yang cukup penting dalam mobil. Dimana aki juga berfungsi sebagai alat penyuplai daya listrik untuk komponen-komponen lainnya.

Dengan fungsinya ini, jika terjadi kerusakan pada aki maka banyak akan berakibat pada mesin serta komponen lain yang berhubungan dengan kelistrikan. Makad ari itu wajib bagi kita untuk mengetahui cara merawat aki agar tetap awet.

  • Panaskan mobil secara berkala
  • Bersihkan aki secara rutin
  • Periksa ketersediaan listrik didalam aki
  • Pilihlah aki sesuai dengan kendaraan kalian

Dengan merawat aki secara rutin dan berkala diharapkan mampu menjaga performa aki menjadi lebih prima. Dan jika usia aki sudah masuk 2 tahu kami sarankan untuk kalian mengganti aki tersebut agar kelistrikan pada kendaraan bisa lebih optimal lagi.

Kesimpulan

Itulah informasi terkait dengan biaya ganti aki motor maupun mobil yang dapat biayaservice.com sampaikan. Dengan informasi diatas diharapkan kalian dapat mengetahui tanda-tanda aki rusak dan harus segera diganti dan cara merawat aki agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu, pemilihan aki yang tepat juga menjadi salah satu hal paling penting agar performa mesin mesin tetap prima.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi diatas dapat memberikan referensi serta manfaat bagi kalian semua tentang pentingnya dalam merawat aki dalam sebuah kendaraan motor maupun mobil. Sekian dari kami terimakasih dan jangan lupa untuk simak artikel kami yang selanjutnya.