Biaya Ganti Filter Udara Motor Semua Tipe, Cuma Rp 50 Ribu!

Biaya Ganti Filter Udara Motor – Saringan udara atau yang biasa disebut dengan filter udara merupakan bagian dari perangkat kendaraan bermotor yang bertugas untuk menyuplai oksigen ke ruang bakar di sebuah mesin. Filter udara memiliki fungsi untuk menjaga kualitas udara agar tetap bersih, bebas dari debu dan juga material kasar.

Perlu diketahui jika saringan udara atau pun filter udara terbuat dari bahan serat halus yang tahan terhadap suhu, memiliki kerapatan pori pori yang sangat ideal dalam menyaring kotoran dan telah dilengkapi dengan minyak khusus yang berfungsi sebagai penahan partikel debu lebih kecil, sehingga filter bisa bekerja maksimal.

Karena fungsi filter udara yang cukup penting, maka filter udara harus selalu di service secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dari filter udara tersebut, apakah masih bagus atau harus di ganti apabila filter udara sudah tidak berfungsi dengan baik. Namun yang jadi pertanyaan saat ini ialah berapakah biaya ganti filter udara motor?

Untuk biaya ganti filter udara motor memang cukup bervariasi tergantung dari jenis, tipe dan merek motor. Selain itu, biaya ganti saringan udara motor juga ditentukan oleh pihak bengkel yang melakukan penanganan. Nah, untuk informasi lebih lengkapnya, mari kita simak ulasan artikel dibawah ini.

Ciri-Ciri Filter Udara Motor Harus Ganti

Ciri Ciri Filter Udara Motor

Komponen satu ini memang kerap luput dari perhatian pengguna sepeda motor meskipun sudah sangat kotor. Padahal jika diperhatikan dengan baik, tenaga mesin dihasilkan karena adanya sistem pembakaran yang dibantu oleh udara. Namun, perlu dipahami juga, jika udara yang digunakan untuk pembakaran harus disaring terlebih dahulu, agar udara yang masuk ke ruang bakar bebas dari debu dan kotoran.

Apabila terjadi kerusakan pada filter udara maka bukan tidak mungkin performa motor akan menjadi terganggu. Masalah seperti ini tentu tidak ingin terjadi pada sepeda motor yang kita miliki. Maka dari itu, selain dibersihkan filter udara juga harus ganti secara berkala. Dan jika dibiarkan tentu saja pasokan udara ke mesin akan berkurang dan sistem pembakaran juga tidak akan maksimal.

Perlu kalian pahami, jika filter udara juga memiliki masa usia pakai sekitar 16 ribu kilometer. Apabila sudah waktunya tentu saja kalian wajib mengganti filter udara motor tersebut. Lalu berapa biaya ganti filter udara motor? Sebelum mengganti filter udara sebaiknya kalian terlebih dahulu mengetahui tanda-tanda filter udara motor harus ganti, berikut informasinya.

  • Filter udara suah kotor dan menghitam
  • Bahan bakar menjadi lebih boros
  • Suara mesin kasar
  • Knalpot mengeluarkan asap hitam

Biaya Ganti Filter Udara Motor

Seperti yang telah diketahui, jika filter udara merupakan komponen pada motor yang berfungsi sebagai penyaring debu dan kotoran agar tidak masuk ke dalam ruang pembakaran. Dimana dengan adanya filter udara akan membuat performa motor menjadi lebih tangguh dan handal. Namun, apa jadinya jika filter udara mengalami masalah atau pun rusak?

Apa bila filter udara motor rusak tentu performa motor akan menurun. Maka dari itu komponen ini harus diperhatikan dan harus mendapatkan perawatan khusus. Selain itu, filter udara sebaiknya di ganti jika sudah melebihi masa usia pakai yakni sekitar 16 ribu kilometer. Untuk ganti filter udara, kalian bisa melakukannya di bengkel resmi atau bisa juga di bengkel umum.

Namun, sebagai pengguna motor kami menyarankan pada kalian untuk melakukan service motor di bengkel resmi saja. Selain lebih murah, service di bengkel resmi juga akan ditangani oleh teknisi-teknisi berpelangalaman dan sudah bersertifikasi. Dan yang menjadi pertanyaan saat ini adalah berapakah biaya ganti filter udara motor di bengkel resmi?

Untuk ganti filter udara di bengkel resmi umumnya kita akan dikenakan biaya sebesar Rp 50.000 sampai dengan Rp 55.000. Biaya tersebut juga sudah termasuk dengan ongkos jasa penggantian. Nah, gimana sobat biayaservice.com cukup murah bukan biaya service filter udara ini?

Cara Ganti Filter Udara Motor

Setelah mengetahui biaya ganti filter udara motor, kini saatnya kalian mengetahui cara ganti filter udara motor. Sebenarnya untuk mengganti filter udara motor sangatlah mudah, namun yang menjadi salah satu kendala ketika kita akan mengganti filter udara pada motor adalah kita tidak memiliki peralatan untuk membongkar pasang filter udara tersebut.

Karena itulah, tidak sedikit orang lebih memilih untuk ganti filter udara motor di bengkel resmi. Namun bagi, kalian yang ingin melakukan ganti filter udara motor sendiri dirumah, berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama silahkan lepaskan baut tutup filter udara menggunakan obeng.
  • Selanjutnya silahkan buka tutup filter udara pada motor.
  • Berikutnya silahkan lepaskan filter udara motor yang sudah kotor, selanjutnya ganti filter udara baru.
  • Setelah itu, silahkan tutup kembali filter udara dan selanjutnya kencangkan semua bautnya.

Cara Membersihkan Filter Udara

cara membersihkan filter udara

Sebelum mengganti filter udara yang baru, sebaiknya kalian perhatikan apakah filter udara tersebut masih bisa dipakai atau tidak. Jika filter udara masih bagus, maka kalian hanya perlu membersihkannya saja. Lalu bagaimanakah cara membersihkan filter udara motor? Berikut informasinya.

  • Pertama silahkan persiapkan peralatan
  • Selanjutnya matikan mesin motor
  • Setelah itu, keluarkan filter udara
  • Berikutnya silahkan bersihkan filter udara
  • Setelah itu, keringkan dan pasang kembali filter udara pada motor
  • Terakhir silahkan lakukan pengencekan ulang.

Manfaat membersihkan Filter Udara Motor Secara Rutin

Saat ini biaya ganti filter udara motor memang cukup terjangkau. Namun membersihkan filter udara secara rutin tentu akan membantu kalian dalam menjaga performa motor agar tetap stabil. Selain itu ada beberapa manfaat yang perlu kalian ketahui ketika membersihkan filter udara pada motor secara rutin.

  • Pertama meningkatkan kinerja mesin motor.
  • Menghemat bahan bakar.
  • Melindungi komponen mesin.

Perlu diketahui menjaga filter udara dalam kondisi bersih, tentu dapat membantu memperpanjang umur mesin kendaraan agar tidak mudah rusak. Namun perlu dipahami untuk membersihkan filter udara tidaklah semudah yang dibayangkan. Dan jika kalian memang merasa kesulitan dalam membersihkan filter udara sebaiknya kalian membawa motor ke tempat service terdekat untuk dilakukan pembersihan filter udara.

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat disimpulkan jika biaya ganti filter udara motor cukup terjangkau jika dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel umum. Dimana dengan menjaga kebersihan filter udara motor tentu saja akan membuat performa motor menjadi makin tangguh dan handal. Selain itu, dengan membersihkan filter udara motor akan ada banyak manfaat yang bisa kalian rasakan.

Seperti halnya komponen motor lainnya untuk filter udara motor juga memiliki masa usia pakai yakni sekitar 10 ribu hingga 16 ribu kilometer. Jadi apabila filter udara sudah mencapai usia pakai kami sarankan untuk segera menggantinya. Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa memberikan referensi bagi kalian yang ingin mengganti filter udara motor yang sudah rusak.

Sumber Gambar:

  • kompas.com
  • otorider.com
  • autofun.co.id