Biaya Ganti Laher Roda Mobil Jazz: Penyebab & Cara Merawatnya

Biaya Ganti Laher – Laher atau Bearing roda mobil merupakan salah satu komponen yang menjadi penunjang roda kendaraan. Dimana laher sendiri berfungsi untuk menjaga kestabilan serta perputaran roda mobil agar bisa menjadi lebih baik.

Meski demikian banyak pengguna mobil tidak memperhatikan hal ini, sehingga seringkali laher mengalami kerusakan yang mengakibatkan roda mobil menjadi tidak stabil. Perlu kalian ketahui, dengan fungsi laher yang cukup penting maka wajib bagi kita untuk melakukan service mobil, khususnya dibagian ini.

Melakukan ganti laher dapat dilakukan dibengkel resmi atau pun bengkel biasa. Akan tetapi mengganti komopone juga membutuhkan biaya ganti laher yang tidak sedikit tergantung dari tingkat kesulitan dalam membongkar serta jenis dan tipe mobilnya. Hak ini dikarenakan setiap mobil memililiki ukuran dan tipe laher yang berbeda-beda.

Nah, bagi para pengguna mobil yang memiliki masalah pada komponen ini kami akan menjelaskan sedikit informasi mengenai biaya ganti laher bedasarkan jenis dan tipe mobilnya. Namun sebelumnya mari kita bahas informasi terkait dengan penyebab serta ciri-ciri laher roda mobil rusak.

Penyebab Laher Rusak

penyebab laher rusak

Tidak hanya ada pada bagian roda, namun lehar juga terletak didalam komponen dinamo starter mobil. Karena fungsinya yang sangat penting, komponen ini memang perlu diperhatikan agar tidak cepat rusak. Nah, sebelum kami menjelaskan informasi terkait dengan biaya ganti laher, berikut adalah beberapa penyebab yang dapat membuat laher roda mobil cepat rusak.

1. Sering Melalui Jalan Rusak

Penyebab utama laher mobil cepat rusak adalah terlalu sering melalui jalan yang rusak. Dimana medan jalan yang terlalu ekstrem dapat menyebabkan laher roda mobil cepat rusak. Maka dari itu, perhatikan kondisi jalan sebelum melalui jalan tersebut.

2. Ukuran Ban Mobil Terlalu Besar

Salah satu penyebab laher cepat rusak berikutnya adalah ukuran ban yang terlalu besar. Hal ini memang kerap terjadi bagi para pemilik mobil yang sering melakukan modifikasi mobil terutama pada bagian roda. Untuk menghindari laher mobil cepat rusak maka sebaiknya kalian menggunakan ukuran ban standar.

3. Kualitas Pelumas Kurang Bagus

Penggunaan pelumas atau grease juga sangat buruk akan menyebabkan laher roda mobil cepat rusak. Dimana kualitas pelumas yang tidak sesuai juga dapat menimbulkan panas akibat adanya gesekan sehingga volume pada gemuk akan menyusut serta mengering.

Ciri-Ciri Laher Rusak

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai biaya ganti laher ada beberapa tanda-tanda laher roda rusak dan harus segera diganti. Sudah kita ketahui jika laher merupakan salah satu komponen yang terdiri dari sekumpulan bola-bola kecil diantara dua bagian yang saling bergerak satu sama lain. Sementara itu laher juga memiliki fungsi untuk mengurangi gesekan antara dua bagian yang bergerak serta memungkinkan gerakan yang halus dan lancar.

Namun letak laher yang tidak terlihat juga akan menyulitkan para pengguna mobil untuk melakukan pengecekan terhadap laher tersebut. Maka dari itu untuk melakukan pengecekan pada laher roda sebaiknya dilakukan di bengkel mobil yang khusus menangani hal tersebut. Akan tetapi kalian bisa mengenali tanda-tanda laher roda rusak dan harus diganti sebagai berikut.

  • Terdengar bunyi decitan saat mobil berjalan
  • Memiliki kendala saat belok
  • Ada rasa berat saat melakukan pengereman
  • Roda tidak berputar dengan lancar
  • Terdengar suara gemuruh saat mengendarai mobil

Biaya Ganti Laher Rusak

ganti laher

Setelah mengetahui ciri-ciri serta penyebab laher rusak kini saatnya kalian mencari tahu besaran biaya ganti laher roda mobil di bengkel resmi mau pun umum. Namun pada secara garis besar biaya penanganan ganti laher dapat dibedakan atas dasar jenis dan juga tipe laher yang digunakan serta jenis mobil yang akan di ganti laher nya.

Berdasarkan pengalaman penulis, biaya ganti laher mobil di bengkel biasa umumnya berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 300.000 untuk satu pergantian laher roda. Sementara itu, untuk ganti laher di bengkel resmi biasanya akan lebih mahal karena akan ada beberapa biaya service mobil lainnya seperti spuring dan lain sebagainya.

Cara Ganti Laher Roda Mobil

Sudah diketahui jika laher merupakan salah satu komponen yang memiliki peranan penting bagi sebuah kendaraan roda empat mau pun roda dua. Hal ini dikarenakan laher memang dapat kita jumpai disetiap poros beda yang berputar seperti halnya pada roda kendaraan.

Maka dari itu tidaklah heran bagi kita apabila biaya ganti laher akan terbilang cukup malah. Namun, mengingat bahwa roda merupakan sebuah komponen penggerak untuk menyalurkan tenaga dari mesin. Dimana untuk komponen ini memang memiliki umur yang panjang, karena laher terbuat dari bahan baja.

Nah, pagi para mekanik yang sudah ahli tentu saja dapat dengan mudah mengetahui tanda-tanda laher rusak dan harus segera di ganti. Dan untuk cara mengganti laher roda mobil adalah kalian harus melepas roda yang akan di ganti laher nya.

Setelah melepas roda, kalian tinggal melepaskan kapiler rem cakram dan tromol lalu buka mur As roda menggunakan kunci 30. Selanjutnya silahkan kalian buka baut As yang berdekatan dengan gardan memakai kunci socket E12. Danj jika As roda sudah terlepas, maka turunkan nepel roda.

Untuk dapat melepaskan nepel As roda, kalian tentu harus menggunakan tracker, setelah nepel sudah keluar dari laher, maka silahkan buka nap ring lalu masukkan lagi laher baru kedalam rumah laher tersebut.

Cara Merawat Laher Agar Tidak Mudah Rusak

ciri ciri laher rusak

Setelah mengetahui biaya ganti laher beserta cara menggantinya langkah yang selanjutnya ialah dengan mencari tahu cara merawat laher roda agar tidak mudah rusak. Laher memang berfungsi sebagai bantalan pada As roda agar dapat berputar dengan baik dan stabil. Apabila komponen ini terganggu maka akan sangat mempengaruhi stabilitas motor. Maka dari itu, kalian harus memahami bagaimana cara merawat laher roda mobil agar tidak mudah rusak.

  • Pertama hindari untuk berkendara dengan kecepatan tinggi di jalanan rusak
  • Selalu bersihkan area roda setelah melewati genangan air kotor
  • Jangan membawa barang yang melebihi kapasitas
  • Memodifikasi roda di luar standar
  • Ritun melakukan service atau pun pengecekan laher ke bengkel resmi atau pun bengkel biasa

Akibat Laher Roda Mobil Rusak

Dengan biaya ganti laher mobil yang terkesan cukup mahal, maka banyak pengguna mobil yang menginginkan laher tetap awet dan tahan lama. Namun jika laher roda dibiarkan begitu saja, tentu saja akan cepat rusak dan berikut adalah akibat dari laher roda mobil rusak.

  • Setir mobil menjadi tidak stabil
  • Mengakibatkan roda mobil terkunci
  • Rem mobil menjadi macet
  • Mengakibatkan AS roda bisa patah
  • Kerusakan pada komponen mobil yang lainnya

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita simpulkan jika laher mobil memang memiliki peranan yang cukup penting untuk sebuah kendaraan roda empat atau pun roda dua. Dimana dengan adanya laher, gerakan roda akan menjadi lebih stabil. Namun perlu kalian ingat! jika kaher juga memiliki masa usia pakai, sehingga laher juga harus rutin di service agar bisa mengetahui kondisi laher apakah perlu diganti atau tidak.

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan mengenai biaya ganti laher mobil terbaru saat ini. Dengan adanya informasi diatas tentu saja dapat memberikan referensi bagi kalian ketika ingin mengganti laher di bengkel resmi maupun bengkel umum.