Biaya Ganti Layar TV LED Semua Merk Termurah 2024

Biaya Ganti Layar TV LED – Kerusakan pada layar TV LED tentunya membuat pemilik harus melakukan perbaikan hingga ganti layar baru sekalipun. Beberapa merk kenamaan TV LED di Indonesia diantaranya seperti Polytron, Samsung, Panasonic, LG, Toshiba, Sony dan lainnya sangat memungkinkan terjadi kerusakan pada layar.

Banyak pemilik TV LED tersebut belum mengetahui berapa harga atau biaya pergantian layar. Baik biaya ganti layar untuk merk tertentu maupun ukuran layar tertentu. Namun sebenarnya berapa biaya ganti layar TV LED untuk semua merk dan ukuran?

Umumnya, ukuran TV LED yang rentan terhadap pergantian layar yaitu mulai dari 32 Inch, 43 Inch maupun ukuran layar yang lebih besar. Ganti layar TV LED juga biasanya dilakukan ketika layar mengalami kerusakan seperti pecah, layar gelap maupun sampai dengan mati total.

Nah pada artikel kali ini, Biayaservice.com akan menyajikan rangkuman mengenai daftar biaya ganti layar TV LED termurah untuk semua merk dan ukuran. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, alangkah baiknya kalian simak terlebih dahulu mengenai gejala atau ciri-ciri layar TV LED harus dilakukan pergantian berikut ini.

Ciri-Ciri TV LED Harus Ganti Layar

Ciri Ciri TV LED Harus Ganti Layar
Source: berita.99.co

Ada beberapa gejala layar TV LED (Light Emitting Diodes) harus dilakukan pergantian part maupun layar baru sekalipun. Dimana kerusakan layar TV LED ini bisa saja terjadi pada kondisi baru maupun pemakaian lama. Berikut adalah tanda-tanda TV LED harus ganti layar:

Layar Pecah

TV LED harus ganti layar yang pertama yaitu ketika terjadi kerusakan seperti pecah, retak maupun kerusakan fisik layar lainnya. Adanya layar pecah tentunya akan membuat gambar, warna maupun fitur lainnya tidak dapat bekerja secara maksimal. Sehingga membuat TV LED harus dilakukan pergantian layar baru maupun kondisi bekas.

Layar Bergaris

TV LED harus ganti layar yang kedua yakni ketika terjadi ketidaknormalan seperti bergaris, buram dan lainnya. Masalah ini sangat umum terjadi di TV LED, baik dikarenakan usia pemakaian maupun akibat lainnya.

Layar Gelap

TV LED harus ganti layar yang ketiga yaitu ketika terjadi ketidaknormalan seperti layar gelap. Hal ini biasanya terjadi kerusakan seperti TV LED ada suara namun tidak ada gambarnya. Sehingga kondisi TV LED ini harus dilakukan pergantian part maupun layar baru sekalipun.

Layar Mati Total

TV LED harus ganti layar yang terakhir yaitu ketika terjadi kerusakan parah seperti mati total. Dalam kerusakan ini, biasanya teknisi atau tukang service TV LED menyarankan pemilik untuk melakukan pergantian dengan layar baru. Pasalnya jika hanya diperbaiki saja, kemungkinan besar tidak bertahan lama maupun adanya gagal perbaikan sekalipun.

Nah setelah ketahui beberapa gejala di atas, sekarang apa saja penyebab yang membuat TV LED harus ganti layar? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Penyebab TV LED Harus Ganti Layar

Penyebab TV LED Harus Ganti Layar
Source: aquaelektronik.com

Ada beberapa penyebab yang membuat layar TV LED rusak dan harus dilakukan pergantian. Misalnya penyebab karena pola pemakaian, penempatan di ruangan maupun berbagai penyebab lainnya. Berikut adalah penyebab TV LED harus ganti layar:

  • TV LED ditempatkan di ruangan sempit sehingga rentan terhadap benturan benda keras yang membuat layar pecah.
  • TV LED ditempatkan di ruangan lembab, suhu panas maupun kondisi lainnya yang mengakibatkan kerusakan seperti layar gelap tidak ada suara, bergaris maupun mati total sekalipun.
  • TV LED dihidupkan menggunakan arus listrik tidak stabil, sehingga membuat layar cepat rusak.
  • TV LED dinyalakan di cuaca buruk seperti hujan lebat dan adanya petir. Sehingga ketika cuaca buruk terjadi, maka sangat memungkinkan membuat barang elektronik menjadi rusak.
  • Kabel power TV LED lupa dicabut ketika tidak digunakan dengan jangka waktu lama.
  • Adanya pola pemakaian TV LED yang tidak wajar, misalnya tidak pernah dimatikan dengan jangka waktu lama.
  • Batas waktu pemakaian TV LED.

Nah setelah ketahui gejala dan penyebab TV LED rusak di atas, sekarang berapa besaran biaya mengganti layar sesuai merk dan ukuran? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Biaya Ganti Layar TV LED

Biaya Ganti Layar TV LED
Source: garutcomputerservice.com

Seperti sudah kami singgung di awal, bahwa harga ganti layar TV LED akan disesuaikan dengan ukuran dan merk. Sehingga setiap merk dan ukuran TV LED memiliki besaran biaya pergantian layar yang berbeda satu sama lainnya.

Misalnya biaya ganti layar TV LED merk Samsung, Polytron, Panasonic, Sharp, TCL, Coocaa dan beberapa merk lainnya di Indonesia. Baik ukuran TV LED 19 Inch hingga 43 Inch, maupun yang lebih lebar lainnya. Kisaran harga ganti layar TV LED sesuai merk dan ukuran adalah sebagai berikut:

Ukuran (Inch)Biaya Ganti Layar
19 – 21Rp 500.000 – Rp 700.000
24 – 32Rp 800.000 – Rp 1.500.000
40 – 43Rp 2.000.000 – Rp 3.500.000
50 – 60Rp 4.000.000 – Rp 6.000.000
70 – 80Rp 8.000.000 – Rp 10.000.000

Dari tabel di atas dapat kami simpulkan bahwa, biaya ganti layar TV LED untuk semua merek yaitu berada di kisaran Rp 500.000 sampai dengan Rp 3.500.000 untuk ukuran layar 19 – 43 Inch.

Sedangkan untuk ukuran layar TV LED diatas 43 Inch, harga ganti layar mencapai 10 Jutaan. Harga ganti layar TV LED tersebut sudah termasuk harga komponen dan tarif service (pemasangan). Biaya pergantian layar TV LED tersebut berlaku untuk merk seperti:

  • Samsung
  • Polytron
  • Panasonic
  • Toshiba
  • Sharp
  • Sony Bravia
  • LG
  • Xiaomi
  • TCL
  • Coocaa
  • Changhong
  • Hisense
  • CHiQ
  • Akari
  • Aqua

Namun perlu digaris bawahi juga bahwa setiap wilayah tentunya memiliki besaran biaya mengganti layar TV LED yang berbeda-beda. Begitu juga di tempat service yang melayani ganti layar TV LED juga bisa saja memberlakukan tarif service yang berbeda-beda pula.

Tips Memilih Jasa Service Layar TV LED

Tips Memilih Jasa Service Layar TV LED
Source: hometronik.web.id

Nah untuk bisa mendapatkan harga ganti layar TV LED termurah di lokasi terdekat, pastinya kalian perlu mengikuti beberapa tips. Berikut adalah tips memilih tempat service untuk ganti layar TV LED:

  • Pastikan kalian mencari dan memilih tempat service layar TV LED yang terpercaya. Sehingga akan mendapatkan pelayanan yang memuaskan.
  • Pastikan kalian mencari tahu perbandingan biaya ganti layar di tempat service satu dan lainnya. Sehingga bisa menentukan mana lokasi ganti layar TV LED yang murah.
  • Pastikan kalian memilih atau mendapatkan teknisi atau tukang service layar TV LED yang kompeten di bidangnya.
  • Pastikan tempat ganti layar TV LED menyediakan garansi service.

Nah dari beberapa tips di atas dapat disimpulkan bahwa, alangkah baiknya kalian melakukan ganti layar TV LED di service center resmi. Sehingga selain mendapatkan biaya ganti layar yang murah, kalian juga akan mendapatkan berbagai pelayanan yang nyaman. Mulai dari segi teknisi, kualitas komponen layar original maupun kenyamanan lainnya.

Tips Agar TV LED Tidak Cepat Ganti Layar

Tips Agar TV LED Tidak Cepat Ganti Layar
Source: colombo.com

Kemudian setelah berhasil melakukan ganti layar TV LED, alangkah baiknya kalian mengikuti beberapa tips berikut ini agar tidak cepat ganti layar TV LED kembali. Berikut adalah tips dan trik agar layar TV LED tidak cepat rusak setelah pergantian komponen:

  • Pastikan kalian selalu menggunakan TV LED sesuai batas pemakaian wajar (tidak terlalu lama menghidupkan TV LED maupun melepas kabel power jika tidak digunakan dengan jangka waktu lama)
  • Pastikan TV LED dihidupkan menggunakan arus listrik stabil.
  • Alangkah baiknya TV LED ditempatkan di ruangan yang aman dari kemungkinan terjadi benturan benda keras.
  • Alangkah baiknya TV LED tidak ditempat di ruangan yang lembab maupun suhu panas.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa biaya ganti layar TV LED akan disesuaikan dengan merk dan ukuran. Secara umum, harga ganti layar TV LED untuk semua Brand dan ukuran berada di kisaran 500 Ribuan sampai 3,5 Jutaan.

Sekian artikel kali ini mengenai daftar harga ganti layar TV LED termurah untuk semua merek dan ukuran. Semoga daftar biaya pergantian layar TV LED di atas dapat bermanfaat bagi kalian semuanya.