Biaya Ganti Oli Mobil Di Bengkel Resmi & Biasa

Biaya Ganti Oli Mobil – Seperti sudah diketahui, oli merupakan salah satu komponen penting yang ada pada sebuah kendaraan mobil maupun motor. Oleh sebab itu, oli kendaraan harus sering diganti secara rutin dan berkala. Untuk mengganti oli mobil sebenarnya bisa kalian lakukan sendiri dirumah, apabila kalian sudah mengetahui langkah-langkahnya.

Akan tetapi jika kalian tidak mengetahui prosedur ganti oli mobil yang baik dan benar maka alangkah baiknya kalian mengganti oli mobil di bengkel. Namun, perlu diingat jika mengganti oli mobil di bengkel tentu saja ada biaya yang harus dikeluarkan. Lantas berapakah biaya ganti oli mobil di bengkel?

Untuk mengganti oli mobil memang harus disesuaikan dengan jenis mobil. Jangan sampai kita salah membeli oli mobil karena bisa berakibat pada mesin mobil tersebut. Penggunaan oli mobil yang tidak sesuai tentu akan membuat performa mobil menurun. Jadi jangan ragu untuk mengeluarkan biaya ganti oli mobil, untuk membuat performa mobil menjadi lebih prima.

Perawatan pada mobil tentu harus diutamakan terutama pada performa mesin. Dimana seperti yang telah kita ketahui jika didalam mesin terdapat bagian-bagian yang selalu bergerak, apabila mesin dijalankan. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui informasi mengenai biaya ganti oli mobil, berikut informasinya.

Fungsi Oli Mobil

fungsi oli mobil

Sebelum mengetahui berapa biaya ganti oli mobil di bengkel, tentu saja kalian harus mengetahui secara pasti apa itu fungsi mobil. Perlu di ketahui, fungsi oli pada mobil adalah untuk melumasi dan mendinginkan mesin mobil. Sehingga mesin bisa bergerak dengan lancar dan dapat mencegah terjadinya gesekan yang berlebih antara komponen mesin.

Akan tetapi dengan berjalannya waktu serta pemakaian, oli dapat terkumpul kotoran, partikel logam serta beberapa bahan kimia berbahaya lainnya. Alhasil kemampuannya untuk melunasi dan mendinginkan mesin menjadi menurun. Jadi apabila oli tidak diganti secara teratur, maka partikel-partikel tersebut akan terus menumpuk dan juga akan mengikis komponen-komponen mesin.

Hal tersebut tentu saja akan berakibat pada mesin mobil yang akan menjadi lebih cepat aus dan mengalami kerusakan yang lebih serius. Tidak hanya itu saja, oli yang sudah kotor juga tidak dapat menyerap panas dengan baik, sehingga mesin mobil akan menjadi lebih mudah panas atau hal yang paling parah adalah overheating.

Maka dari itulah sangat penting bagi pemilik dan pengguna mobil untuk mengganti oli secara teratur sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Untuk ganti oli mobil, kalian tentu bisa melakukannya sendiri di rumah atau bisa juga ke bengkel mobil terdekat. Namun perlu diketahui jika mengganti oli di bengkel mobil tentu akan ada biaya ganti oli mobil yang telah di tentukan oleh pihak bengkel.

Kapan Harus Ganti Oli Mobil?

Ciri Ciri Oli Mobil Harus Segera Di Ganti

Ganti oli pada mobil memang hal perlu dilakukan agar performa mobil tetap prima. Namun terkadang para pemilik dan pengguna mobil tidak mengetahui kapan harus ganti oli tersebut. Untuk itu penting bagi kalian mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli pada mobil.

Nah, bagi kalian yang ingin mengganti oli, kami sarankan untuk ganti oli pada mobil pada kurun waktu 6 bulan sekali atau setiap interval 10.000 km. Akan tetapi angka tersebut digunakan apabila kalian menggunakan jenis oli full sintetik. Namun apabila oli yang digunakan mengandung campuran mineral maka lebih baik kalian ganti oli seriap interval 5.000 km.

Mengganti oli memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit, sehingga tidak heran setiap bengkel memiliki biaya ganti oli mobil yang berbeda-beda. Tidak hanya itu saja, ketikan ganti oli ada beberapa hal yang perlu diperhatikan salah satunya adalah running engine hours. Angka KM tersebut merupakan asumsi untuk kondisi normal.

Dimana ketika kalian jarang melewati kondisi medan yang menanjak, offroad atau pun area macet. Apabila sering menemui kondisi seperti itu maka ada beberapa cara lain yang dapat digunakan untuk menentukan kapan ganti oli pada mobil tersebut.

Sementara itu, kami sarankan jangan menunda ganti oli ketika sudah melebihi interval 6 bulan. Meski mobil jarang keluar atau belum menyentuh 10.000 km, lebih baik kalian ganti oli untuk menjaga performa mesin agar tetap terjaga. Sementara itu, jangan lupa untuk menyiapkan biaya ganti oli mobil serta biaya penanganannya.

Ciri-Ciri Oli Mobil Harus Segera Di Ganti

Untuk saat ini biaya ganti oli mobil memang cukup bervariasi tergantung dengan jenis oli, merek oli serta teknisi yang menanganinya. Maka dari itu sangat penting bagi kalian mencari informasi terkait dengan biaya service mobil di bengkel resmi, khususnya pada penanganan ganti oli.

Sementara itu, mengganti oli mobil juga tidak hanya mengandalkan waktu serta jarak tempuh dari mobil tersebut, akan tetapi ada beberapa ciri-ciri oli mobil harus segera di ganti. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya berikut ini.

  • Suara mesin mobil terdengar kasar, terutama pada saat mobil distarter.
  • Oli berubah warna menjadi hitam pekat.
  • Lampu indikator oli menyala.
  • Akselerasi berat dengan getaran mesin yang tinggi.
  • Ada beberapa kendala ketika proses pendinginan mesin.

Biaya Ganti Oli Mobil

Biaya Ganti Oli

Seperti telah kita bahas atas, jika biaya ganti oli mobil ditentukan oleh beberapa faktor seperti jenis oli, merek oli serta mekanik yang menanganinya. Jadi kita tidak memperkirakan dengan pasti harga ganti oli di setiap bengkel mobil. Namun, kami memiliki beberapa patokan sebagai estimasi kalian dalam proses ganti oli mobil.

Secara umum, harga ganti oli di bengkel mobil adalah sekitar Rp 62.000 hingga Rp 850.000 tergantung dengan tipe dan merek oli yang digunakan. Biaya tersebut belum termasuk dengan biaya jasa ganti oleh montir.

Biaya Ganti Oli di Bengkel Resmi

Nah, bagi kalian yang ingin mengganti oli di bengkel resmi tentu saja kalian akan dikenakan biaya ganti oli mobil sebesar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 setiap ganti oli. Sedangkan untuk biaya kuras oli mobil sekitar Rp 590.000 hingga Rp 700.000 untuk kuras oli dengan kapasitas 10 hingga 12 liter.

Biaya Ganti Oli di Bengkel Biasa

Berbeda dengan bengkel resmi, di bengkel biasa umumnya menyediakan paket ganti oli mobil dengan layanan engine flush, sehingga konsumen bisa mendapatkan biaya ganti oli mobil yang lebih terjangkau. Untuk biaya ganti oli ini biasanya sudah ditentukan oleh bengkel tersebut.

Biaya Ganti Oli di Shop dan Drive

Sementara itu, kalian juga bisa mengganti oli mobil di bengkel Shop and Drive. Dimana bengkel ini merupakan salah satu toko oli yang menjual berbagai macam merek oli dengan harga yang bervariasi. Dimana untuk ganti oli di bengkel ini kalian bisa memilih paket ganti oli mobil, engine flush dengan biaya paket sekitar Rp 604.000.

Biaya Ganti Oli Sendiri

Selain di bengkel, kalian juga bisa mengganti oli mobil sendiri di rumah. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga akan jauh lebih hemat. Pasalnya dengan mengganti oli sendiri di rumah kalian hanya perlu mengeluarkan biaya untuk membeli oli mobil mulai dari Rp 350.000 hingga Rrp 700.000 tergantung dengan merek dan tipe oli yang digunakan.

Kesimpulan

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan terkait dengan biaya ganti oli mobil. Dimana dengan mengganti oli secara rutin, tentu saja akan menjaga performa mesin agar lebih prima. Demikian ulasan yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan bisa menjadi referensi kalian dalam melakukan ganti oli mobil.

Sumber Gambar:

  • gridoto.com
  • qoala.app
  • duitpintar.com