Biaya Ganti Oli Motor Di Bengkel Resmi & Umum

Biaya Ganti Oli Motor – Sebagai pemilik kendaraan bermotor, ganti oli merupakan sebuah kegiatan rutin yang harus selalu dilakukan oleh pemiliknya. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar performa motor tetap prima serta menjaga motor dari berbagai macam kerusakan pada mesin.

Pentingnya mengganti oli dalam waktu yang berkala juga menjadi salah satu faktor umum pemilik motor untuk mengetahui informasi terkait dengan biaya ganti oli motor di bengkel resmi maupun bengkel umum. Perlu kalian ketahui, saat ini ada beberapa jenis tipe dan merek oli motor dapat kalian jumpai di pasaran.

Untuk harga oli motor juga berbeda-beda. Maka dari itu, kalian juga harus bisa memahami jenis-jenis oli motor beserta fungsinya. Sehingga, ketika ingin ganti oli motor kalian tidak salah dalam memilih oli. Dan perlu kalian ketahui juga, jika mengganti oli di bengkel juga akan ada biaya ganti oli motor.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas informasi terkait dengan biaya ganti oli motor dan juga biaya service injeksi di bengkel resmi maupun bengkel umum. Namun, sebelum itu, mari kita simak informasi mengenai jenis-jenis oli motor beserta fungsinya.

Jenis-Jenis Oli Motor

jenis jenis oli motor

Sebelum mengetahui biaya ganti oli motor, alangkah baiknya kita mengetahui apa saja jenis oli motor berdasarkan dari bahan pembuatannya. Perlu diketahui oli pada kendaraan, merupakan salah satu komponen yang sangat vital. Dimana oli dengan adanya oli, performa motor akan menjadi tetap prima dan mesin tidak mudah panas. Dan berikut adalah beberapa jenis oli motor yang sering kita jumpai di pasaran.

1. Oli Sintetik

Perlu diketahui oli ini merupakan oli dengan bahan dasar minyak bumi yang sudah olah kembali dan ditambah dengan bahan kimia aditif atau bisa dibilang oli sintetik merupakan oli yang diproses dengan formula terbaru. Dimana oli sintetik juga merupakan hasil pemilihan terbersih dari oli mineral. Sehingga sudah pasti oli ini memiliki karakteristik bebas kandungan karbon reaktif.

Dengan jenis oli tersebut motor pun akan jauh lebih tangguh dan lebih handal. Namun perlu kalian ketahui jika menggunakan oli ini tentu akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Selain itu, mengganti oli jenis ini di bengkel motor juga akan ada biaya ganti oli motor tergantung dari mekanik yang menanganinya.

2. Oli Semi Sintetik

Hampir mirip dengan jenis oli sintetik, oli semi sintetik juga memiliki bahan dasar campuran dari oli mineral (Minyak Bumi) dengan oli sintetik. Dimana oli jenis ini memiliki karakteristik pelumas yang baik. Tidak hanya itu saja harga dari oli semi sintetik juga cukup lebih murah dibandingkan harga oli sintetik.

Oli semi sintetik juga mengandung karbon aktif yang akan membuat mesin motor kalian menjadi lebih efisien. Hal ini dikarenakan kadar penguapan oli ini jauh lebih rendah. Dan oli ini sangat cocok sekali untuk motor-motor terbaru keluaran saat ini. Dan untuk mengganti oli motor, tentu saja akan ada biaya pergantian apabila dilakukan di bengkel motor resmi atau pun umum.

3. Oli Vegetable

Seperti yang telah diketahui, apabila biaya ganti oli motor di bengkel motor ditentukan oleh mekanik yang menanganinya. Namun pilihan oli terbaik juga akan menjadi salah satu faktor mahalnya biaya ganti oli tersebut. Seperti halnya jika kalian menggunakan oli jenis Vegetable.

Dimana oli yang terbuat dari tumbuhan seperti buah jarak yang disuling menjadi minyak akan menghasilkan oli dengan tingkat pelumasan yang baik. Oli ini memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan jenis oli lainnya. Tidak hanya itu saja, proses oksidasi dari oli Vegetable juga cepat, sehingga sangat disarankan untuk penggunaan dalam jangka waktu lama.

4. Oli Mineral

Berikutnya ada juga oli mineral, seperti namanya oli ini memiliki bahan dasar mineral yang diproses dari hasil penyulingan. Oli ini memiliki zat aditif yang mampu meningkatkan kemampuan dan fungsi dari oli. Akan tetapi penggunaan oli jenis ini dapat mengakibatkan kerak pada permukaan komponen pada mesin motor, sehingga oli Mineral tidak direkomendasikan untuk digunakan pada motor keluaran terbaru.

5. Oli Full Sintetik

Berikutnya ada juga jenis oli motor full sintetik. Oli jenis ini memiliki karakteristik base oli dengan tingkat tertinggi saat ini. Oli full sintetik juga memiliki kandungan ester yang berpengaruh pada tingkat keausan mesin. Selain itu kandungan ester pada oli full sintetik juga berfungsi untuk melindungi mesin pada saat terjadi putaran tinggi, karena dapat menjaga suhu lebih stabil.

Biaya Ganti Oli Motor

manfaat ganti oli motor

Setelah mengetahui jenis-jenis oli motor, kini saatnya kalian mencari tahu berapa kisaran biaya ganti oli motor di bengkel resmi atau pun bengkel umum. Dalam ganti oli motor ada dua hal penting yang perlu kalian perhatikan yakni harga oli dan biaya jasa ganti oli.

Untuk harga oli motor tentu saja tergantung dari kualitas oli motor tersebut, semakin bagus kualitas oli maka akan semakin mahal pula harganya. Pada umumnya oli mesin di jual dengan harga mulai dari Rp 40.000 hingga Rp 60.000 tergantung dari jenis, tipe dan merek oli motor.

Biaya Ganti Oli Motor di Bengkel Resmi

Bagi kalian yang ingin mengganti oli motor di bengkel resmi tentu saja akan ada biaya jasa ganti oli yakni sebesar Rp 50.000 hingga Rp 85.000. Namun harga tersebut belum termasuk dengan harga oli motor tersebut jadi apa bila di total maka biaya ganti oli motor di bengkel resmi bisa mencapai sekitar Rp 125.000.

Biaya Ganti Oli Motor di Bengkel Umum

Selanjutnya apabila kalian ingin mengganti oli di bengkel umum tentu biaya nya akan sedikit lebih murah dibandingkan di bengkel resmi. Pasalnya di bengkel umum hanya akan ada ongkos ganti oli motor saja dan tidak ada ongkos tambahan service yang lainnya.

Manfaat Ganti Oli Motor

Service rutin memang menjadi salah satu hal yang paling penting dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor. Dimana service rutin meliputi beberapa hal salah satunya adalah ganti oli motor. Pada umumnya untuk mengganti oli motor dilakukan pada interval 1.000 km atau 1 bulan sekali. Meskipun begitu setiap motor biasanya memiliki jadwal yang berbeda untuk interval penggantian oli.

Namun khusus untuk motor matic, ganti oli dilakukan mesin dilakukan pada interval 3.000 hingga 5.000 km. Meskipun begitu pada kenyataannya masih banyak orang yang mengabaikan hal tersebut dan membiarkan oli pada motor tidak diganti. Hal ini tentu akan mengakibatkan kerusakan pada mesin motor dalam waktu yang lama.

Bagi sebagian orang tentu belum mengetahui manfaat dari ganti oli mesin motor. Meski membutuhkan biaya ganti oli motor yang cukup lumayan menguras kantong, namun ganti oli mesin secara teratur dapat menjaga performa mesin motor tetap prima. Lalu apa saja manfaat ganti oli pada motor? berikut informasinya.

  • Menjadikan suara mesin pada motor lebih halus
  • Sebagai pendingin mesin motor
  • Menjaga mesin dari terjadinya korosi
  • Sebagai pembersih komponen mesin

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai biaya ganti oli motor di bengkel resmi dan bengkel umum. Dimana ada banyak manfaat ketika mengganti oli mesin motor salah adalah menjaga mesin dari terjadinya korosi. Selain itu, ganti oli mesin secara teratur juga akan membuat performa mesin menjadi lebih prima. Demikian informasi yang dapat biayaservice sampaikan semoga bermanfaat bagi kalian semua.