Biaya Ganti Stang Seher Vario 125: Penyebab & Ciri-Cirinya

Biaya Ganti Stang Seher Vario 125 – Connecting rod atau lebih dikenal dengan sebutan stang seher merupakan salah satu bagian dari komponen dalam mesin motor yang memiliki fungsi sebagai daya pendorong dari kendaraan roda dua. Apabila stang seher mengalami masalah, maka mesin motor Vario tidak akan bekerja secara maksimal.

Tidak hanya itu saja satang seher juga salah satu komponen pada mesin motor yang memiliki tugas untuk menghubungkan poros engkol dengan silinder. Dengan adanya stang seher, silinder dan batang piston dapat naik dan turun dalam proses pembakaran sehingga mampu menghasilkan gerakan berputar pada komponen Kruk as. Sementara itu, gerakan berputar pada Kruk as dapat membantu menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mesin motor.

Karena fungsinya cukup penting stang seher pada motor Honda Vario 125 juga kerap mengalami masalah, sehingga pengguna harus rajin dalam melakukan service motor Honda Vario 125, khususnya dibagian stang seher. Meski tidak terlalu mahal, namun informasi terkait dengan biaya ganti stang seher Vario 125 banyak dicari oleh orang-orang.

Kerusakan pada stang seher memang disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari memacu kendaraan di lintasan berat hingga melakukan bore up yang tidak sesuai dengan porsi nya. Tidak hanya itu saja, kualitas oli buruk dan tidak sesuai dengan motor juga dapat menjadi penyebab stang seher pada motor Vario 125 cepat rusak.

Penyebab Stang Seher Motor Vario 125 Rusak

stang seher

Sebelum mengetahui secara jelas tentang biaya ganti stang seher Vario 125, ada baiknya kita mencari tahu terlebih dahulu penyebab utama yang membuat stang seher motor Vario 125 Rusak. Untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasan dibawah ini mengenai penyebab stang seher motor Vario 125 rusak.

1. Motor Ngebul Putih

Bagi kalian pengguna motor 4 tak, apabila motor mengeluarkan asap putih dengan bau yang tidak sedap maka harus waspada. Pasalnya kemungkinan tersebut terjadi kerusakan pada stang seher. Apabila tidak segera ditangani maka ada kemungkinan motor kalian akan mengalami turun mesin dengan biaya yang tidak sedikit.

2. Menerobos Banjir

Untuk penyebab stang seher rusak selanjutnya adalah menerobos banjir. Dimana dengan menerobos banjir yang masih dibawah lutut kerap dianggap sepele bagi sebagian pengguna motor. Mereka kebanyakan tidak mengetahui hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin motor. Dimana dengan menerobos banjir maka akan ada tekanan air yang masuk kedalam mesin sehingga pukulan air sering kali membuat bengkok stang seher.

3. Oli mesin Tercampur Air

Penyebab kerusakan pada stang seher selanjutnya adalah oli mesin tercampur Air. Hal tersebut disebabkan oleh oli penggerak mesin yang sudah bercampur dengan air akan memberikan dorongan kepada piston yang akan membuat piston tidak bisa bergerak dengan sempurna.

Ciri-Ciri Stang Seher Rusak

Setelah mengetahui penyebab stang seher rusak, kini saatnya kalian mengetahui bagaimana tanda-tanda stang seher rusak dan harus segera di perbaiki atau pun diganti. Untuk lebih jelasnya mari simak informasinya berikut ini.

Tanda-tanda stang seher rusak yang paling mudah dikenali adalah suara mesin terdengar janggal. Seperti halnya terdengar suara oblak dan kasar. Meski komponen tersebut tidak memiliki masa pakai, tapi tetap saja kalian perlu memberikan perawatan secara rutin.

Biaya Ganti Stang Seher Vario 125

Biaya ganti

Setelah mengetahui penyebab stang seher rusak, maka untuk langkah selanjutnya kita tinggal mencari informasi terkait dengan biaya ganti stang seher Vario 125. Dimana untuk ongkos ganti stang seher pada Honda Vario 125 ini sangat bervariasi tergantung dengan jenis sepeda motor yang kalian miliki.

Jadi semakin bagus kualitas dari stang seher, maka akan semakin mahal pula biaya ganti stang seher tersebut. Namun hal tersebut akan terbayar dengan kenyamanan yang kalian dapatkan. Untuk ganti stang seher umumnya dilakukan di bengkel resmi atau pun bengkel umum. Dan berikut adalah informasi mengenai biaya ganti stang seher Vario 125.

1. Ganti Stang Seher di Bengkel Umum

Perlu diketahui kerusakan pada stang seher memang menjadi salah satu masalah yang harus segera ditangani agar tidak terjadi kerusakan lebih parang lagi. Dari informasi yang kami dapatkan untuk biaya ganti stang seher Vario 125 di bengkel umum berkisar antara Rp 25.000 hingga Rp 40.000. Biaya tersebut belum termasuk harga komponen stang seher yang harus dibeli.

2. Ganti Stang Seher di Bengkel Resmi

Berikutnya biaya ganti stang seher Vario 125 di bengkel resmi adalah sekitar Rp 145.000 hingga Rp 200.000. Namun biaya tersebut belum termasuk dengan biaya pembelian komponen lainnya. Meski terkesan cukup mahal ganti stang seher di bengkel resmi tentu menjadi pilihan utama pengguna motor Vario. Hal ini dikarenakan kualitas service motor di bengkel resmi lebih lengkap dibandingkan di bengkel umum.

Berapa Lama Ganti Ring Seher Motor?

Setelah mengetahui biaya ganti stang seher Vario 125 di bengkel resmi dan juga umum, kini saatnya kita mencari tahu berapa lama ganti ring seher motor. Perlu diketahui jika komponen yang kami sebutkan diatas adalah komponen yang berada dibagian dalam mesin. Sehingga tidak semua bengkel mampu menangani hal tersebut.

Sementara itu, motor yang sudah menempuh jarak 50.000 km pastinya akan disarankan untuk service besar dan mengganti piston beserta ring piston nya. Hal tersebut juga berlaku pada motor yang menggunakan piston model forged atau pun casting.

Cara Merawat Stang Seher Motor Agar Tetap Awet

Setelah mengetahui biaya ganti stang seher Vario 125, kini saatnya kalian memahami cara merawat stang seher motor agar tetap awet. Sebenarnya merawat stang seher motor sangat mudah untuk dilakukan. Apalagi stang seher motor merupakan salah satu komponen yang cukup vital pada sebuah kendaraan bermotor, jadi harus dijaga performa nya.

Nah, sebagai pemilik kendaraan bermotor, tentu saja menginginkan motor tetap awet. Selain menghemat pengeluaran, suku cadang yang memiliki durabilitas baik akan membuat kerja motor selalu optimal. Maka dari itu sebagai pemilik kendaraan sebaiknya memahami cara merawat stang seher motor agar tetap awet saat digunakan. Untuk lebih jelasnya berikut informasinya.

  • Rajin dalam mengganti oli motor sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan
  • Cek kembali harga piston
  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas baik
  • Lakukan tune Up
  • Sesuaikan gaya berkendara

Kesimpulan

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan apabila stang seher memiliki fungsi yang cukup penting sebagai sebuah kendaraan. Dimana stang seher memiliki tugas utama sebagai alat untuk menaikkan dan menurunkan silinder. Dan untuk kinerja dari komponen ini sudah diperhitungkan secara otomatis dan tepat.

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan terkait dengan biaya ganti stang seher Vario 125 motor terbaru saat ini. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat memberikan manfaat serta referensi bagi kalian yang ingin mengganti stang seher untuk motor Vario 125.

Sumber Gambar:

  • mazped.files.wordpress.com
  • Tim Baiyaservice