Biaya Memindahkan AC Termurah 2024

Biaya Memindahkan AC – Semakin bertambahnya suhu panas di bumi, kini kebanyakan orang sudah menggunakan AC. Tidak hanya itu, penggunaan AC juga didasari oleh faktor lainnya, seperti halnya polusi udara, polusi suara, hingga sirkulasi udara kurang baik.

Karena ada peningkatan pembelian Air Conditioner, maka banyak perusahaan baru yang membuatnya. Tentunya dengan kualitas, ukuran PK, fitur, hingga fungsinya. Untuk harga pun cukup bervariasi, mulai dari 1 jutaan hingga belasan juta rupiah.

Selain banyak perusahaan yang membuat produk AC, kini juga banyak layanan jasa service atau pemindahan AC. Adapun biaya antara service dengan memindahkan unit berbeda. Biasaya biaya memindahkan AC lebih mahal sedikit.

Lalu berapakah biaya memindahkan AC saat ini? Untuk mengetahuinya, di kesempatan kali ini kami akan berusahan memberi penjelasan secara lengkap terkait biaya tersebut. Bagi kamu pengguna AC, pastinya sangat penting mengetahui biayanya, silakan bisa ikuti ulasan ini hingga selesai.

Persiapan Sebelum Memindah AC

Persiapan Sebelum Memindah AC
source: Popbela.com

Selain teknisi penyedia jasa pemindahan melakukan persiapan, pengguna juga perlu melakukan beberapa persiapan sebelum memindahkan AC. Dari pengalaman pribadi, kami akan berikan tipsnya supaya sebelum teknisi datang, kamu sudah siap. Berikut penjelasan dari beberapa persiapannya secara jelas dan lengkap:

1. Cari Jasa Teknisi AC Profesional

Untuk persiapan pertama, kamu bisa mencari lebih dulu jasa teknisi AC profesional serta berpengalaman. Cara mencarinya sangatlah mudah, kamu bisa melihat testimoni klien sebelumnya, kemudian teknisi sudah memiliki perlengkapan dan alat memadai. Silakan pilih sesuai dengan keinginan kamu.

2. Diskusi Sebelum Teknisi Datang

Selanjutnya, setelah memastikan teknisi yang dipilih, kamu bisa berkomunikasi atau berdiskusi lebih dulu dengan teknisi AC. Adapun komunikasi yang perlu disampaikan mulai dari lokasi, keadaan AC, jarak lokasi pindahan, merek, hingga ukuran AC.

3. Siapkan Keperluan yang Dibutuhkan Teknisi

Persiapan ketiga pengguna perlu siapkan beberapa kebutuhan yang dibutuhkan teknisi. Biasanya setelah ada diskusi, teknisi akan memberikan beberapa saran. Misalnya seperti kabel, pipa pembuang air, isolasi, dan lain sebagainya.

Biaya Memindahkan AC Termurah

Biaya Memindahkan AC Termurah
source: sejasa.com

Setelah menyiapkan beberapa hal di atas, sebaiknya kamu harus lebih dulu kisaran biaya yang diperlukan saat memindahkan AC. Adapun untuk biayanya berbeda, tergantung lokasi, jasa layanan, ukuran PK, hingga kebutuhan yang perlu dipersiapkan. Berikut untuk rincian biaya memindahkan AC yang kiranya murah:

Di salah satu jasa yang pernah kami pakai, kisaran biaya pindah AC dengan ukuran 0,5-1PK akan dikenakan Rp. 350.000. Sedangkan biaya memindahkan AC dengan 1,5-2PK sebesar Rp. 425.000. Apabila kamu merasa tidak sempat membersihkan AC, maka bisa meminta tambah service.

Biaya service juga berbeda-beda tergantung tempat layanan jasanya. Teknisi yang biasa kami pakai, biaya tambahan untuk service sebesar Rp. 75.000. Kira-kira total keseluruhan pindah beserta service AC akan dikenakan biaya Rp, 400.000 hingga 500.000. Akan tetapi, perlu diingat bahwasanya biaya tersebut hanya untuk jasa teknisi, untuk biaya lain-lain belum termasuk.

Berapa Lama Waktu Memindahkan AC?

Berapa Lama Waktu Memindahkan AC

Tidak hanya mengetahui biaya pemindahan AC melalui teknisi, kamu juga perlu mengetahui berapa lama waktu pekerjaan memindahkan AC. Di mana perkiraan waktu lama tidaknya itu berbeda-beda. Tergantung dari teknisinya, jarak pemindahan AC, serta keberadaan AC-nya.

Secara umum, waktu pembongkaran dengan service akan memakan antara 4-8 jam. Waktu tersebut dikhususkan AC Window atau Portable. Berbeda lagi untuk pembongkaran pemasangan pada AC split system yakni waktunya antara 6-12 Jam. Dari kedua waktu tersebut, kita kembali lagi bahwa waktu berbeda-beda tergantung lokasi pembongkaran dan pemasangan, jasa layanan pemindahan AC, lalu jarak pemindahan.

Alasan Memindahkan AC

Alasan Memindahkan AC
source: vokasi.kemdikbud.go.id

Seperti yang sudah dijelaskan di awal tadi, bahwasanya AC merupakan alat elektronik pendingin ruangan paling berguna. Apalagi di saat suhu udara yang sedang terjadi dalam waktu dekat. Meski begitu, alat elektronik tersebut perlu dirawat secara benar, apalagi setelah AC dipindahkan ke satu tempat ke tempat lain.

Memindahkan AC di waktu tertentu tentu disertai dengan beberapa alasan. Salah satu alasan utama adalah pindah rumah. Namun, ada beberapa alasan-alasan lainnya seperti di bawah ini:

1. Pindah Rumah

Di atas sudah dijelaskan alasan utama memindah AC yakni pindah rumah. Apalagi bagi pengguna AC yang hanya pindah dalam satu daerah saja. Hal ini memungkinan segala isi di rumah lama dipindahkan, termasuk Air Conditioner.

2. Pindah Kamar

Kemudian, alasan kedua yaitu pindah kamar. Alasan tersebut juga termasuk kenapa banyak orang memindahkan AC. Apabila dibandingkan dengan membeli unit baru, tentunya kita lebih memilih memindah AC lama ke kamar baru.

3. Kurang Dingin

Alasan terakhir memindahkan AC adalah pengguna merasa kurang dingin di kamar. Di mana alasan ini dikarenakan posisi pemasangan tidak sesuai dengan tempat tidur atau tempat kerja. Pastikan saat kamu memasang AC, sudah menentukan posisi paling tepat untuk mendapatkan dingin maksimal.

Tips Merawat AC Setelah Dipindah

Tips Merawat AC Setelah Dipindah
source: selka.id

Setelah mendapatkan banyak informasi di atas, di akhir pembahasan ini kami akan berikan sebuah tips merawat AC setelah dipindah. Caranya sendiri sangatlah mudah, cukup ikuti langkah-langkah berikut:

1. Rutin Bersihkan Filter AC

Tips pertama bagi kamu yang baru saja memindahkan AC, silakan secara rutin bersihkan filler. Cara tersebut paling ampuh ketika kamu merasa udara dari AC sudah tidak dingin. Minamal bersihkan filter AC 1-2 bulan sekali. Letak filternya ada di bagian mesin di dalam ruangan. Untuk membersihkannya tidak perlu memakai alat bantuan, cukup gunakan dua tangan saja.

2. Atur Suhu di Atas 22 Derajat Celcius

Berikutnya, tips kedua setelah AC dipindah pastikan atur suhu di atas 22 derajat celcius. Dengan pengaturan tersebut, maka membuat mesin AC tidak cepat panas. Kita tahu ketika alat elektronik terus-menerus panas akan berakibat kerusakan.

3. Servic AC 3 Bulan Sekali

Lalu, tips ketiga agar AC terus terjaga dengan baik, usahakan selalu service setiap 3 bulan sekali. Di mana proses service tiga bulanan tidak bisa dilakukan sendiri, tapi harus menyewa jasa teknisi. Silakan bisa pilih teknisi sesuai lokasi terdekat dengan alamat rumahmu.

4. Sering Buang Air Kondensasi

Sedangkan tips terakhir, sering-seringlah membuang air kondensasi. Sangat penting pengguna AC terus melakukan tips tersebut, karena jika air pembuangan selalu di tempat pembuangan akan membuat mesin AC mengembun dan itu bisa merusak keseluruhan pada unit.

Kesimpulan

Dari semua informasi yang didapat, setidaknya kamu sudah mengetahui secara umum biaya memindahkan Air Conditioner. Selain biaya, kamu juga mendapatkan informasi lainnya seperti lama proses pemindahan, alasan memindahkan AC, hingga cara merawat AC setelah dipindah. Pastikan kamu sudah paham semua penjelasannya.

Demikian informasi dari kami mengenai biaya memindahkan AC termurah di tahun ini. Semoga dengan adanya penjelasan di atas bisa dijadikan sebagai sumber informasi yang memadai bagi semua pembaca khususnya pengguna AC.