Biaya Perbaikan Laptop Mati Total Untuk Semua Merek 2024

Biaya Perbaikan Laptop Mati Total – Seperti sudah kalian ketahui, jika laptop merupakan salah satu barang elektronik yang mudah sekali mengalami kerusakan. Ya, ada berbagai macam kerusakan yang bisa saja terjadi pada laptop, seperti halnya kerusakan pada bagian hardware maupun software.

Berbeda dengan kerusakan laptop yang terjadi dibagian software. Kerusakan laptop dibagian hardware, tentu saja bisa mengakibatkan laptop menjadi mati total. Dan untuk memperbaikinya pun akan membutuhkan biaya yang cukup mahal. Lantas berapakah kisaran biaya perbaikan laptop mati total?

Umumnya biaya perbaikan laptop mati total akan disesuaikan dengan jenis kerusakannya, entah dibagian motherboard, CPU, RAM, Hard Drive. monitor dan beberapa perangkat keras lainnya. Maka dari itu, untuk mencegah kerusakan pada hardware, laptop harus sering bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel.

Selain itu, kerusakan laptop juga bisa terjadi pada LCD dan juga engsel laptop. Dimana kedua komponen ini juga kerap mengalami masalah karena beberapa alasan. Nah, bagi kalian yang mengalami hal seperti yang kami sebutkan diatas, berikut adalah kisaran biaya perbaikan laptop mati total di tukang service laptop.

Kenapa Laptop Mati Total?

penyebab laptop mati total

Seperti telah kami jelaskan diatas, jika ada beberapa penyebab laptop bisa mati total. Dan untuk memperbaikinya pun harus sesuai dengan jenis kerusakan pada laptop tersebut. Nah, jika kalian mengalami laptop mati total, berikut adalah informasi terkait dengan penyebab laptop mati total.

1. Kerusakan pada Motherboard

Salah satu penyebab laptop mati total adalah adanya masalah dibagian motherboard. Dimana Motherboard merupakan sebuah komponen yang menghubungkan semua komponen lain pada laptop. Dalam arti lain motherboard adalah induk dari semua komponen pada laptop.

Ada dua jenis kerusakan yang terjadi pada motherboard yakni kerusakan ringan dan kerusakan berat. Dimana untuk memperbaiki motherboard dengan kerusakan ringan kalian memerlukan biaya perbaikan sekitar Rp 200 hingga Rp 300 ribu. Namun jika rusaknya cukup berat, kalian harus mengganti motherboard tersebut yakni sesuai dengan harga motherboard mulai dari Rp 800 ribu hingga Rp 2 jutaan.

2. Kerusakan pada Software

Untuk penyebab laptop mati total berikutnya adalah adanya masalah dibagian software atau software rusak. Jika sistem operasi windows di laptop mengalami masalah maka perangkat tidak dapat hidup. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kalian cukup melakukan install ulang laptop dengan biaya sebesar Rp 50 ribu.

3. Adanya Masalah Dibagian Layar

Seperti telah kalian ketahui jika biaya perbaikan laptop mati total cukup lumayan mahal. Dan laptop mati total juga bisa disebabkan adanya masalah dibagian layar layar atau LCD laptop. Dimana meski mesin laptop hidup, namun tidak akan muncul tampilan pada layar.

Untuk mengatasi hal tersebut memang cukup mudah, karena kalian tinggal mengganti layar laptop saja. Sedangkan biaya perbaikan atau pun biaya ganti LCD laptop, umumnya berkisar mulai dari Rp 700 ribu hingga Rp 1 juta.

4. Masalah Dibagian RAM

Berikutnya laptop mati total bisa dikarenakan adanya masalah di RAM. Perlu diketahui jika RAM merupakan sebuah komponen laptop cukup penting agar laptop bisa hidup dan bisa digunakan. Namun apa jadinya jika RAM mengalami kerusakan?

Jika RAM mengalami masalah tentunya kalian harus segera mengatasinya agar laptop bisa digunakan kembali. Dan untuk biaya perbaikan RAM sendiri berkisar antara Rp 300 sampai Rp 400 ribu untuk RAM tipe DDR3. Sedangkan untuk RAM DDR4 umumnya memiliki harga mulai dari Rp 400 hingga Rp 500 ribu.

5. Adanya Kerusakan di Hardisk

Untuk penyebab berikutnya bisa dikarenakan oleh hardisk rusak. Dimana hardisk memiliki peran penting bagi sebuah laptop, serta berfungsi utama sebagai tempat penyimpanan data pada laptop. Nah, untuk biaya perbaikan laptop mati total karena hardisk rusak memang cukup murah. Karena kalian hanya perlu menggantinya dengan hardisk baru.

Biaya Perbaikan Laptop Mati Total

biaya perbaikan laptop

Setelah mengetahui penyebab laptop mati total kini saatnya kalian mencari tahu berapa kisaran biaya perbaikan laptop tersebut. Seperti telah diketahui jika laptop adalah salah satu perangkat atau pun media pendukung yang masih menjadi incaran banyak orang guna menunjang pekerjaan.

Selain harga laptop yang cukup terbilang mahal, untuk biaya perbaikan laptop juga membutuhkan biaya besar juga. Namun pada dasarnya biaya perbaikan laptop biasanya ditentukan dari tingkat kerusakan dan kerumitan dalam perbaikan -nya. Nah, untuk biaya perbaikan laptop mati total pada umumnya akan di kenakan biaya mulai dari Rp 250 ribu hingga Rp 1 juta.

Biaya tersebut berlaku untuk semua merek laptop. Akan tetapi perlu kalian ketahui, biaya perbaikan laptop tersebut nampaknya masih bisa berubah-ubah tergantung dari jenis kerusakan yang terjadi pada laptop. Pasalnya laptop mati total bisa dikarenakan oleh beberapa penyebab seperti yang telah kami sampaikan diatas.

Berapa Lama Perbaikan Laptop Mati Total?

Nah, setelah mengetahui besaran biaya perbaikan laptop mati total, hal yang sering kali menjadi pertanyaan adalah berapa lama perbaikan laptop mati total? Ya, untuk memperbaiki laptop mati total memang membutuhkan proses dan waktu yang cukup lama yakni sekitar 1 hingga 2 bulan.

Hal ini dikarenakan menangani laptop mati total tidak seperti menangani mesin yang bisa langsung ditebak kerusakannya. Oleh sebab itulah biaya perbaikan laptop karena mati total cukup mahal. Selain itu, proses perbaikan pun akan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

cara merawat laptop agar tidak cepat rusak

Setelah mengetahui biaya perbaikan laptop mati total kini saatnya kalian mencari tahu bagaimana caranya agar laptop tidak cepat rusak. Salah satu cara agar laptop tidak cepat rusak adalah dengan melakukan perawatan secara rutin. Dimana kalian dapat mengoptimalkan kinerja laptop agar tidak lemot.

Untuk melakukan perawatan pada laptop sebenarnya cukup mudah, dimana kalian hanya perlu memanfaatkan aplikasi tools bawaan laptop sendiri yang sudah disediakan sistem operasi. Misalnya saja Sistem Operasi Windows 10, dimana sistem operasi ini memiliki beberapa tools aplikasi yang dapat digunakan untuk merawat laptop atau pun PC.

Selain itu, proses perawatan laptop juga tidak memerlukan alat-alat khusus. Karena cukup menggunakan kuas kecil dan kain lap yang bersih untuk membersihkan bodi dari laptop tersebut. Dan kalian juga bisa menggunakan tools cleaner kit untuk laptop yang tersedia di pasaran. Nah, tanpa berfikir lama-lama lagi berikut adalah cara merawat laptop agar tidak cepat rusak.

  • Bersihkan file-file sampah
  • Uninstall aplikasi yang tidak digunakan
  • Scan denan antivirus
  • Cek partisi hsrd disk atau SSD
  • Lakukan optimisasi SSD
  • Defrag khusus hard disk
  • Cek memori RAM
  • Troublesshoot
  • Upgrade windows dan program aplikasi yang terinstall
  • Bersihkan debu dan kotoran

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan jika, biaya perbaikan laptop mati total memang bisa dibilang cukup mahal. Hal ini dikarenakan untuk proses perbaikan laptop tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama. Selain itu, laptop mati total juga disebabkan masalah pada software maupun hardware dari laptop tersebut.

Nah, sobat biayaservice.com, mungkin hanya inilah informasi yang dapat kami jelaskan. Semoga informasi diatas bisa memberikan gambaran serta referensi bagi kalian semua ketika akan memperbaiki laptop yang rusak. Cukup sekian dari kami semoga bermanfaat.

Sumber Gambar:

  • bangamingadget.com
  • tecotak.com
  • kumparan.com
  • acerid.com