Biaya Perbaikan Oli Power Steering Bocor dan Penyebabnya

Berfungsi untuk memudahkan pengemudi saat berkendara, power steering menjadi salah satu komponen penting di sebuah kendaraan khususnya mobil. Namun komponen ini juga kerap mengalami masalah seperti oli bocor, oleh sebab itu penting bagi kita untuk mengetahui biaya perbaikan oli power steering bocor.

Umumnya biaya perbaikan oli power steering bocor di tentukan oleh komponen mana yang harus di ganti. Maka dari itu, sebelum melakukan perbaikan kita perlu mengetahui ciri-ciri dan penyebab oli power steering bocor sehingga kita bisa mengetahui cara memperbaikinya.

Namun untuk memperbaiki power steering yang bocor, disarankan untuk menggunakan bantuan mekanik yang berpengalaman. Sehingga perbaikan komponen ini dapat dilakukan secara baik dan benar tanpa adanya masalah lainnya.

Lantas berapakah kisaran biaya perbaikan oli power steering bocor? Bagi teman-teman yang ingin mengetahui lebih jelas terkait informasi biaya perbaikan power steering untuk semua jenis mobil, silahkan simak artikel dibawah ini.

Penyebab Oli Power Steering Bocor

penyebab oli power steering bocor
Source: teknisimobil.com

Power steering merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah kendaraan mobil. Dimana komponen ini akan memberikan kemudahan bagi para pengendara untuk bermanufer karena tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih saat mengemudi.

Namun jika saat berkendara setir mobil terasa berat, dapat dipastikan jika terdapat masalah pada power steering. Untuk mengetahui apa saja penyebab oli power steering bocor, berikut informasinya.

1. Selang Pada Power Steering Pecah

Penyebab utama power steering bocor adalah adanya retakan pada selang power steering. Namun dalam beberapa kasus yang lain, banyak selang power steering pecah karena terlalu banyak menerima panas dari mesin.

Tidak hanya itu saja, usia pemakaian juga menjadi salah satu penyebab yang menjadikan selang power steering bocor. Apabila hal ini terjadi maka sebaiknya segera lakukan perbaikan agar kerusakan tidak menjalar ke komponen lain.

Namun perlu diingat! Melakukan perbaikan oli power steering yang bocor tentu akan membutuhkan biaya besar. Pasalnya melakukan perbaikan power steering membutuhkan keahlian serta waktu cukup lama.

2. Seal Rack Power Steering Bocor

Penyebab oli pada power steering bocor lainnya adalah seal pada bagian rack power steering mengalami kebocoran. Dimana seal rack berfungsi untuk mencegah kebocoran minyak pada power steering mobil.

Apabila seal rack mengalami keretakan, maka dapat menyebabkan kebocoran hingga berdampak pada power steering. Kebocoran pada seal rack memang tidak terlihat jelas, namun kita dapat merasakan dari tanda-tandanya.

Dan untuk perbaikan seal rack power steering lebih baik dilakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Namun kita jangan kaget, jika biaya perbaikan oli power steering bocor lebih mahal.

3. Klem Selang Kendor

Klem selang terlepas atau pun kendor bisa menjadi salah satu penyebab oli power steering bocor. Hal ini dikarenakan komponen ini dipasang dengan klem sekrup sebagai penguatnya.

Jika klem tersebut sudah digunakan dengan jangka waktu lama, maka selang klem dapat mengalami kebocoran. Selang bisa saja terlepas atau kendor ketika kita melakukan perbaikan. Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu melakukan pengecekan pada bagian tersebut.

Melakukan pengecekan secara rutin pada bagian power steering juga akan mencegah terjadinya kebocoran oli pada power steering. Selain itu, dapat juga menghemat biaya perbaikan oli power steering bocor.

4. Penggunaan Ekstrem

Memacu kendaraan denga kecepatan tinggi serta melakukan manufer secara ekstrem tentu menjadi salah satu pemicu terjadinya kebocoran pada selang power steering. Hal tersebut dikarenakan adanya tekanan pada sirkuit power steering yang sangat tinggi dan juga panas.

5. Cairan Pelumas Salah

Pengisian cairan pelumas yang salah pada power steering tentu dapat mengakibatkan kebocoran pada. Maka dari itu, selalu perhatikan jenis dan fungsi minyak untuk power agar tidak terjadi kesalahan dalam mengisinya.

Cara Memperbaiki Oli Power Steering Bocor

Setelah mengetahui penyebab yang menjadikan oli power steering bocor, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mencari cara untuk memperbaiki masalah tersebut.

Seperti telah diketahui untuk mengatasi oli power steering memang memerlukan tenaga ahli yang berpengalaman. Agar perbaikan komponen ini bisa dilakukan dengan baik dan benar.

Saat ini biaya perbaikan oli power steering bocor cukup mahal. Namun apabila tidak diperbaiki tentu akan mengganggu kenyamanan dalam berkendara. Lalu bagaimanakah cara mengatasi oli power steering bocor? Berikut penjelasannya.

1. Ganti Seal Pada Rack Steering

Seperti telah diketahui, bocornya oli power steering bisa terjadi karena adanya kerusakan di bagian seal steering rack. Kerusakan tersebut umumnya terjadi karena masa penggunaanya sudah cukup lama, sehingga tidak heran jika terjadi retakan yang menyebabkan oli merembes keluar.

Salah satu cara dalam mengatasi hal tersebut adalah dengan mengganti seal tersebut agar tidak terjadi bocor lagi. Namun perlu dipahami jika, biaya perbaikan oli power steering bocor yang disebabkan oleh seal pecah sangat bervariasi tergantung dari merek seal dan jenis mobilnya.

2. Ganti Selang Power Steering

Mengganti selang power steering menjadi salah satu solusi yang tepat saat terjadi kebocoran pada power steering. Untuk mengganti selang power steering sebaiknya dilakukan di bengkel, karena memasang selang tersebut juga membutuhkan keahlian khusus agar tidak terjadi kebocoran lagi.

3. Kencangkan Klem Selang Power Steering

Cara memperbaiki oli power steering bocor selanjutnya adalah dengan mengencangkan klem selang dibagian power steering. Hal tersebut bertujuan agar sambungan power steering tidak longgar karena klem kendor.

Biaya Perbaikan Oli Power Steering Bocor

Biaya service power steering
Source: pitcar.co.id

Setelah mengetahui penyebab serta cara memperbaiki oli power steering yang bocor, langkah berikutnya adalah mencari tahu kisaran biaya perbaikannya. Seperti telah diketahui, jika biaya perbaikan oli power steering bocor memang sangat bervariasi tergantung dari jenis dan penyebab merusakannya.

Selain itu, untuk memperbaiki oli power steering bocor kita bisa melakukannya di bengkel resmi maupun bengkel umum. Namun untuk melakukan perbaikan tentu dibutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Nah dari beberapa informasi yang didapatkan, biaya perbaikan oli power steering bocor di bengkel umumnya berkisar mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 450.000. Namun jika tingkat kerusakannya parah biaya perbaikan pun bisa mencapai Rp 2 jutaan.

Ciri-Ciri Oli Power Steering Bocor

Ciri ciri power steering bocor
Source: public.urbanasia.com

Umumnya saat oli power steering bocor tidak akan muncul tanda-tanda yang signifikan tentang masalah tersebut. Namun, ketika oli power steering mulai berkurang hingga tingkat minim tentu akan muncul beberapa ciri-ciri kerusakan pada komponen tersebut seperti halnya:

  • Adanya suara mendengung ketika sedang membelokkan setir
  • Terdengar suara kasar pada pompa
  • Setir terasa lebih berat dari yang biasanya

Tips Merawat Power Steering

Tips merawat power steering
Source: news.olx.co.id

Setelah mengetahui biaya perbaikan power steering bocor dan cara memperbaikinya. Tentu kita juga harus memperhatikan perawatan power steering agar tidak mudah rusak.

Pasalnya sistem pengemudi yang mengalami kerusakan tentu akan memberikan ketidak nyamanan ketika berkendara. Lantas bagaimanakah cara melakukan perawatan pada power steering? Berikut informasinya.

  • Cek cairan pada power steering secara berkala
  • Usahakan untuk tidak memutar setir terlalu keras
  • Hindari genangan air
  • Pastikan jika boot Rack steer tidak robek
  • Pastikan apabila kondisi aki prima
  • Usahakan untuk tidak memutar setir saat parkir
  • Cek drive belt
  • Lalukan pengecekan secara berkala

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan terkait dengan biaya perbaikan oli power steering bocor. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat serta menjadi bahan referensi kita saat ingin melakukan perbaikan power steering.