Biaya Perbaikan Starter Motor Mio, Paling Murah dan Cepat

Sebagai pengguna motor mio tentu pernah mengalami masalah seperti starter motor mati atau tidak berfungsi. Maka dari itu, penting bagi kita mengetahui biaya perbaikan starter motor mio sebagai pembanding ketika melakukan perbaikan.

Pada umumnya biaya perbaikan starter motor mio sangatlah bervariasi tergantung dari beberapa faktor seperti suku cadang dan jenis kerusakannya. Selain itu, lokasi bengkel juga sangat menentukan biaya service motor tersebut.

Sebelum memperbaiki starter motor mio, kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar kita bisa mengetahui apa saja yang menjadi penyebab starter motor mio tidak berfungsi.

Selain itu, kita juga bisa mengetahui cara memperbaikinya. Sementara itu, kita juga dapat memperbaiki starter motor mio yang mati di bengkel resmi atau pun bengkel umum. Lalu berapakah biaya perbaikan starter motor mio tersebut? Yuk simak informasi lebih jelasnya pada artikel dibawah ini.

Penyebab Starter Motor Mio Mati

Penyebab stayer motor mio mati
Source: gridoto.com

Motor mio merupakan salah satu jenis motor matic yang dikeluarkan oleh Yamaha. Dimana motor matic tentu sangat ideal dengan penggunaan elektrik starter sebagai alat untuk menghidupkan mesin motor.

Meski penggunaan elektrik starter cukup mudah, namun komponen motor yang satu ini sering kali mengalami masalah. Maka dari itu, agar bisa menentukan biaya perbaikan starter motor mio yang mati atau tidak berfungsi kita harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Berikut adalah beberapa penyebab yang menjadikan starter motor mio tidak berfungsi:

1. Aki Soak

Penyebab utama motor mio tidak dapat di starter adalah kondisi aki soak. Seperti telah diketahui aki memiliki fungsi sebagai baterai, Jadi untuk menghidupkan elektrik starter pada motor mio membutuhkan daya prima.

Salah satu ciri aki soak ialah akan membuat lampu meredup ketika tombol starter ditekan. Untuk mengatasi kondisi aki soak memang cukup mudah, karena kita tinggal melakukan recharge pada aki tersebut.

Namun jika kondisi aliran listrik pada aki sudah tidak bagus, lebih baik kita mengganti aki motor dengan yang baru. Dengan ini biaya perbaikan starter motor mio akan lumayan mahal karena kita harus mengganti aki baru.

2. Relay Rusak

Relay atau lebih sering kita sebut dengan bendik starter merupakan salah satu komponen pada motor dengan fungsi untuk memantik dinamo starter. Cara kerjanya cukup praktis yakni dengan menekan tombol starter, maka aliran listrik akan masuk ke bendik starter.

Namun apabila relay rusak maka, secara otomatis aliran listrik tidak akan kuat dalam memantik dinamo starter. Jika hal ini terjadi maka solusi paling tepat adalah dengan mengganti relay starter.

Untuk melakukan perbaikan ini tentu kita bisa melakukannya sendiri atau kita juga bisa memperbaikinya di bengkel motor. Namun perlu diingat! untuk biaya perbaikan starter motor di bengkel motor tentu membutuhkan biaya yang tidaklah murah.

3. Dinamo Starter Bermasalah

Apabila dinamo starter mengeluarkan bunyi “trekkk” saat di starter itu tandanya ada masalah pada dinamo starter. Untuk itulah penting bagi kita untuk melakukan pengecekan pada bagian ini agar kerusakan tidak menyebar ke bagian komponen lain.

Namun untuk melakukan perbaikan pada komponen dinamo starter lebih baik dilakukan di bengkel dinamo. Tapi perlu diketahui jika biaya perbaikan starter motor mio dikarenakan dinamo starter, tentu membutuhkan biaya cukup mahal.

4. Kabel Putus

Penyebab starter motor mio mati selanjutnya adalah adanya kabel yang putus. Dimana kabel merupakan salah satu komponen yang mengalirkan arus listrik dari aki ke bendik starter,

Apabila kabel ini putus maka tidak akan ada aliran listrik yang masuk pada relay starter. Untuk itulah melakukan pengecekan pada bagian ini sangat diperlukan untuk mengetahui kondisi kabel apakah ada yang putus atau tidak.

Pasalnya untuk melakukan perbaikan pada komponen kabel dibutuhkan biaya tidak sedikit apalagi untuk jenis motor mio. Selain itu, kita bisa melakukan perbaikan kabel motor di bengkel biasa atau pun bengkel resmi motor Yamaha.

5. Tombol Starter Rusak

Penyebab starter motor mio mati berikutnya adalah tombol starter rusak, hal ini disebabkan oleh debu dan kotoran yang menempel pada tombol starter tersebut. Jika tombol starter rusak maka starter motor tidak ada respon padahal tombol sudah ditekan.

Apabila hal ini terjadi untuk memperbaiki starter motor mio tentu harus membongkar beberapa bagian komponen starter. Setelah itu, bersihkan semua kotoran yang menempel pada bagian starter.

Supaya mendapatkan hasil service bagus kita dapat melakukan perbaikan starter motor mio di bengkel yang sudah profesional. Meskipun kita harus mengeluarkan biaya perbaikan starter motor mio yang lumayan mahal.

6. Sekring Putus

Sama seperti aki, sekring juga menjadi komponen penting bagi sebuah kendaraan untuk mengalirkan arus listrik. Jika sekring putus maka akan membuat aliran listrik terganggu dan membuat motor tidak dapat distarter.

Untuk melakukan service starter motor mio yang mati karena sekring putus tidak membutuhkan biaya mahal. Karena komponen ini di jual dengan harga yang cukup murah. Meski terbilang murah tapi kita harus memiliki sekring yang berkualitas agar tidak mudah putus.

Cara Memperbaiki Starter Motor Mio

Untuk melakukan perbaikan pada starter motor mio memang terbilang cukup mudah. Namun, sebelumnya kita juga harus melakukan beberapa pengecekan terlebih dahulu untuk memastikan kerusakan tersebut.

Selain itu, jika kerusakan pada starter motor mio terbilang ringan tentu kita dapat mengatasinya sendiri. Sehingga dapat menghemat biaya perbaikan starter motor mio tersebut.

Namun untuk mengatasi penyebab starter motor mio mati, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Periksa Kondisi Aki

Pertama ialah dengan memeriksa kondisi aki pada motor mio. Dalam hal ini kita harus dapat membedakan kondisi aki bagus dan yang tidak bagus. Hal ini bertujuan agar tidak tidak salah dalam menangani masalah tersebut.

Untuk mengetahui kondisi aki kita bisa melakukan pengecekan dengan menggunakan alat bernama Avometer. Dimana alat ini berfungsi untuk mengukur tegangan pada baterai aki.

2. Periksa Semua Rangkaian Starter

Langkah kedua ialah dengan melakukan pengecekan pada rangkaian starter motor mio. Untuk melakukan pengecekan pada rangkaian starter motor mio tidaklah sulit, karena kita bisa menggunakan alat dengan bernama multimeter.

Dimana dengan alat ini kita dapat mendeteksi adanya rangkaian arus listrik yang putus. Apabila ditemukan kabel putus maka kita bisa menyambungnya lagi, namun apabila sudah tidak memungkinkan lebih baik membeli rangkaian kabel baru.

Namun melakukan perbaikan starter motor mio yang mati tentu memerlukan biaya besar, apalagi jika harus mengganti rangkaian kabel baru. Maka dari itu, sebaiknya kita melakukan perawatan pada motor dengan baik dan benar agar tidak mudah rusak.

3. Periksa Relay Starter

Untuk memperbaiki starter motor mio selanjutnya adalah dengan cara melakukan pengecekan pada relay starter. Pada dasarnya komponen ini sangatlah penting, sehingga apabila komponen ini bermasalah tentu akan menyebabkan starter tidak dapat berfungsi.

Melakukan perbaikan starter motor mio yang disebabkan oleh relay tentu tidak membutuhkan biaya mahal. Karena harga relay saat ini sekitar Rp 15.000 hingga Rp 50.000 tergantung jenis dan merek relay.

Biaya Perbaikan Starter Motor Mio

Biaya service starter motor mio
Source: gridoto.com

Setelah mengetahui penyebab dan cara mengatasi starter motor mio mati, langkah berikutnya ialah mencari tahui berapa kisaran biaya perbaikan starter motor mio yang mati dan tidak berfungsi. Umumnya perbaikan ini ditentukan berdasarkan jenis dan penyebab kerusakannya.

Dimana untuk biaya perbaikan starter motor mio yang disebabkan oleh kerusakan pada relay membutuhkan biaya service sebesar Rp 100.000 hingga Rp 200.000. Sedangkan perbaikan starter motor mio yang diakibatkan oleh tombol starter rusak adalah sekitar Rp 500.000 hingga Rp 1000.000.

Namun jika penyebab starter motor mio mati karena karbon starter bermasalah teman-teman hanya perlu mengeluarkan biaya service sekitar Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Selain suku cadang dalam melakukan perbaikan motor juga harus mempertimbangkan biaya jasa.

Karena pada umumnya setiap tempat service memiliki biaya jasa berbeda-beda, namun secara umum biaya perbaikan starter motor mio di bengkel berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 200.000 untuk sekali perbaikan.

Tips Merawat Tombol Starter Motor Mio Agar Awet

Tips merawat starter motor mio
Source: amazonaws.com

Mengingat biaya perbaikan starter motor mio cukup mahal, tentu kita harus bisa menjaga kondisi tombol starter agar tidak cepat rusak. Berikut adalah beberapa tips dalam merawat tombol starter motor mio agar awet.

  • Bersihkan bagian-bagian starter
  • Periksa switch tua rem pada motor matic
  • Pakailah kick starter untuk menghidupkan mesin
  • Service motor secara rutin

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat disimpulkan jika biaya perbaikan starter motor mio ditentukan oleh jenis serta penyebab dari kerusakannya. Maka dari itu, sebelum melakukan perbaikan kita harus melakukan pengecekan terlebih dahulu agar mengetahui penyebab kerusakannya.

Hal ini bertujuan agar nantinya kita tidak kaget dengan biaya perbaikan yang ditentukan oleh pihak bengkel. Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan semoga bermanfaat bagi teman-teman di rumah.