Biaya Service AC Terbaru, Terlengkap dan Termurah 2024

Biaya Service AC – AC atau Air Conditioner merupakan salah satu peralatan elektronik yang sering digunakan baik di rumah, kantor maupun tempat umum seperti Mall dan gedung. Perlu kita ketahui, jika AC juga memiliki beragam fungsi diantaranya adalah sebagai pendingin dan penyejuk ruangan.

Namun, seperti halnya barang elektronik lainnya AC juga tidak luput dari adanya kerusakan sehingga mengharuskan kita untuk menservice AC tersebut. Lalu berapakah kisaran biaya service AC? Untuk melakukan service AC sebenarnya tidaklah mahal, karena akan dilihat dari jenis kerusakan yang terjadi pada AC sehingga biaya-nya pun akan bervariasi.

Biaya service AC dengan tingkat kerusakan parah tentu akan memakan biaya yang lebih mahal dibandingkan dengan biaya membersihkan AC. Pasalnya akan ada berbagai macam komponen yang harus diganti agar AC bisa berfungsi normal kembali. Sementara itu, untuk melakukan service AC kamu bisa menghubungi langsung tukang service AC terdekat di kotamu.

Apalagi, saat ini ada banyak tukang service AC yang menawarkan jasa pasang AC baru dengan harga murah. Namun, kami sarankan untuk memilih jasa pasang AC legal serta berlisensi. Sehingga nantinya kamu akan puas dengan pelayanan dari jasa pasang AC tersebut. Selanjutnya mari kita bahas informasi terkait dengan biaya service AC terbaru saat ini.

Kapan AC Harus Di Service?

wkatu yang tepat untuk service ac

Air Conditioaner atau AC merupakan salah satu alat elektronik rumah tangga dengan fungsi utama adalah sebagai alat pendingin atau penyejuk udara didalam ruangan. Selain itu AC juga memiliki fungsi lain yakni untuk mengatur suhu, kelembapan serta mengatur kebersihan udara.

Dengan frekuensi pemakaian AC yang terlalu sering, kita memang harus rutin melakukan service AC agar fungsi AC bisa berjalan dengan normal. Semakin sering AC digunakan maka akan semakin sering pula kita melakukan service AC.

Dan waktu terbaik untuk melakukan service AC ialah setiap satu bulan, dua bulan, 3 bulan atau bisa juga 2 kali dalam satu tahun. Namun sebenarnya untuk intensitas service AC, sebenarnya tergantung pada pemakaian AC itu sendiri.

Penyebab AC Rusak

penyebab ac rusak

Perlu kita ketahui jika biaya service AC saat ini tidaklah semurah yang kita bayangkan. Pasalnya harga onderdil AC saat ini juga sudah terbilang cukup mahal, jadi cukup pantas jika untuk melakukan service AC ini memakan biaya yang cukup mahal.

Namun meski demikian service AC juga harus dilakukan secara rutin agar AC bisa berfungsi dengan baik. Dengan melakukan service AC secara berkala juga akan membuat AC dirumah kita menjadi lebih awet dan tahan lama.

Meskipun begitu ada beberapa penyebab yang membuat AC di rumah kita cepat rusak tanpa kita sadari. Dan berikut adalah beberapa penyebab AC dirumah rusak:

1. Tegangan Listrik Yang Tidak Stabil

Penyebab utama AC dirumah rusak adalah sering mengalami mati listrik, hal tersebut tentunya akan membuat tegangan listrik menjadi tidak stabil sehingga AC pun akan menjadi cepat rusak. Jika kamu mengalami hal seperti ini tentu saja untuk biaya service AC ini akan cukup mahal, pasalnya akan ada banyak komponen AC yang rusak.

2. AC Jarang Dibersihkan

Selanjutnya penyebab AC di rumah rusak adalah karena jarang dibersihkan. Hal tersebut memang sangat umum terjadi, pasalnya para pemilik AC tidak mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan service AC serta membersihkan AC tersebut.

Dimana Air Conditioner atau pun AC memang memiliki usai pemakaian yang panjang dan juga tahan terhadap berbagai kerusakan. Namun begitu AC juga tetap memerlukan service serta pembersihan secara rutin guna menghindari kerusakan.

Biaya membersihkan AC memang tidak semahal biaya service AC karena rusak pada komponen. Jadi kami sarankan untuk kamu untuk selalu menjaga kebersihan AC agar AC tidak cepat rusak dan fungsi AC dalam menjernihkan udara tetap berjalan dengan baik.

3. Selalu Membiarkan AC Terus Menyala

Penyebab lain AC di rumah cepat rusak adalah selalu membiarkan AC terus menyala. Meski menggunakan AC di musim panas sangat menyejukan, namun siapa sangka menyalakan AC terus menerus juga akan membuat masalah pada AC serta membuat AC tersebut rusak. Dimana jika AC rusak tentu saja kamu akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk service AC tersebut.

Ya, AC yang menyala terus menerus akan membuat AC menjadi cepat rusak. Hal ini dikarenakan AC akan bekerja lebih keras dari biasanya, apalagi jika kamu memasang AC di suhu rendah secara terus menerus. Hal ini tentu saja akan mempercepat kerusakan pada pendingin ruangan tersebut.

Jadi, kami sarankan agar untuk mematikan AC saat tidak digunakan. Atau jika kamu keluar rumah dalam jangka waktu lama, lebih baik kamu mematikan AC tersebut. Karena dengan mematikan AC akan memberi waktu pada AC untuk beristirahat sejenak. Selain itu, menjaga AC tetap awet tentu akan meminimalis biaya service AC yang kita keluarkan.

4. Terlalu Sering Menyalakan dan Mematikan AC

Perlu diketahui biaya service AC saat ini memang terbilang cukup mahal namun hal ini tentu dilihat dari segi kerusakannya. Seperti halnya jika kamu kerap menyalakan serta mematikan AC, bukan tidak mungkin jika AC di rumah kamu akan cepat rusak.

Hal tersebut tentu membuat kinerja kompresor menjadi lebih berat dalam menghantarkan daya serta energi dari sumber listrik ke unit AC secara terus menerus. Jadi jika terlalu sering menyalakan serta matikan AC, maka bisa terjadi kerusakan pada kompresor AC tersebut.

5. Freon Pada AC Bocor

Selanjutnya penyebab AC di rumah rusak adalah terjadinya kebocoran pada freon. Freon sendiri berfungsi sebagai salah satu zat pendingin udara yang membantu pertukaran udara panas menjadi udara dingin. Dimana nantinya udara tersebut di salurkan AC ke ruangan kamu.

Sebelum pengisian ulang dilakukan freon umumnya bisa bekerja selama 4 hingga 5 tahun. Tetapi masalah freon bocor menjadi salah satu masalah yang sangat umum terjadi serta merupakan sebuah kerusakan pada AC. Lalu berapakah biaya service AC untuk masalah kerusakan pada freon?

Untuk melakukan service AC karena freon bocor memang memakan biaya yang cukup mahal. Hal tersebut dikarenakan banyak komponen yang harus kita perbaiki agar AC bisa dingin kembali. Salah satu tanda freon AC bocor adalah munculnya bunga es seperti kulkas pada bagian pipa sambungan unit indoor dan juga outdoor.

Kebocoran pada freon ini bisa terjadi karena pipa saluran mengalami sumbatan karena debu dan kotoran sehingga tidak bisa mengalirkan udara dingin. Masalah ini memang harus segera diatasi agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi pada AC.

Biaya Service AC

service AC

Saat ingin melakukan service AC tentu kamu bertanya-tanya berapa biaya untuk setiap kali service AC. Ya, biaya service AC memang sangat beragam tergantung dari jenis kerusakannya. Nah, agar kamu tidak penasaran, berikut adalah tabel service AC lengkap dengan jenis kerusakan beserta biayanya.

Jenis Service ACBiaya
Cuci ACRp75.000 per unit
Ganti Pipa ACRp85.000 – Rp200.000 per meter
Vakum instalasi ACRp100.000 per unit
Perbaikan Bocor AirRp100.000 – Rp150.000 per unit
Bongkar ACRp150.000 – Rp250.000 per unit
Penambahan Freon AC R22Rp150.000 – Rp250.000 per unit
Isi Gas Freon AC R22Rp250.000 per PK
Penambahan Freon AC R32/410ARp250.000 – Rp350.000 per unit
Perbaikan/Ganti Sensor ACRp250.000 – Rp300.000 per unit
Perbaikan Modul AC StandardRp250.000 – Rp450.000 per unit
Pasang AC BaruRp250.000 – Rp550.000 per unit
Kapasitor/Kontaktor ACRp400.000 – Rp550.000 per unit
Bongkar & Pasang ACRp550.000 – Rp750.000 per unit
Pengelasan, Flashing, Isi Freon R22, VakumRp555.000 per unit
Pengelasan, Flashing, Isi Freon R32/410A, VakumRp625.000 per unit
Penggantian Unit IndoorRp800.000 – Rp1.500.000 per unit
Perbaikan Modul AC InverterRp900.000 per unit
Ganti Kompresor AC R22Rp2.100.000 – Rp2.800.000 per unit

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi terkait dengan biaya service AC terbaru saat ini berdasarkan jenis dan kerusakannya. Dengan mengetahui kerusakan pada AC kita tentu bisa mengira-ngira berapa biaya untuk melakukan service tersebut. Cukup sekian informasi dari biayaservice.com, semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kamu semuanya.