Biaya Service Dinamo Ampere Mobil Terdekat 2024

Biaya Service Dinamo Ampere – Seperti telah diketahui jika mobil memang memiliki banyak komponen penting yang harus mendapatkan perawatan ekstra agar tidak cepat rusak. Seperti halnya pada dinamo ampere. Dimana, komponen ini merupakan salah satu komponen terpenting bagi sebuah kendaraan.

Hal ini dikarenakan dinamo ampere akan mengalirkan listrik kesemua komponen mobil. Fungsi dari dinamo ampere atau alternator adalah sebagai komponen pengganti kinerja aki ketika mobil berjalan. Dimana listrik yang dihasilkan oleh alternator akan mengisi aki dan dialirkan kesemua komponen lainnya sehingga mobil mampu bergerak.

Nah, apabila masalah terjadi pada dinamo ampere, maka semua komponen yang terkait dengannya maka tidak bisa dihidupkan. Lalu apa penyebab dinamo ampere rusak? Dan berapakah estimasi biaya service dinamo ampere di bengkel resmi atau pun bengkel umum? Apakah sama dengan biaya service AC Mobil Avanza.

Dan bagi kalian yang mengalami masalah seperti ini, kalian bisa langsung mengatasi hal tersebut dengan membawanya ke bengkel dinamo. Namun sebelum itu lebih baik kalian mencari informasi terkait dengan biaya service dinamo ampere seperti yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Ciri-ciri Dinamo Ampere Mobile Rusak

ciri ciri dinamo amper rusak

Ada berbagai macam tanda-tanda yang memberikan sinyal apabila dinamo ampere bermasalah. Hal ini tentu harus diwaspadai agar tidak terjadi kerusakan lebih parah pada dinamo ampere tersebut. Maka dari itu sebelum mengetahui biaya service dinamo ampere mobil, ada baiknya kalian mengetahui ciri-ciri Dinamo ampere rusak atau bermasalah.

1. Lampu Indikator menyala

Salah satu tanda-tanda dinamo ampere mobile rusak adalah muculnya indikator akio pada instrument cluster. Dimana hal tersebut menandakan terjadinya sesuatu dibagian kelistrikan. Tapi jangan khawatir, ketika lampu indikator menyala dan kalian bisa mengecek langsung tegangan pada aki dengan alat bernama volt meter untuk bisa mengetahui berapa tegangan aki ketokan mesin mobil mati dan menyala.

2. Komponen Pada Mobil Tidak Berfungsi

Selain lampu indikator menyala, tanda-tanda lain jika dinamo ampere rusak atau bermasalah adalah terjadinya malfungsi pada komponen mobil. Seperti halnya AC tidak dingin, lampu utama redup bahkan untuk kondisi paling parah adalah mobil tidak dapat distarter karena daya tidak cukup.

Hal ini juga disebabkan oleh aki yang bekerja keras memberikan suplai listrik hingga pada akhir aki mengalami penurunan performa. Apabila hal ini terjadi maka solusi paling tepat adalah dengan membawa mobil kalian ke bengkel dinamo untuk dicek apakah dinamo ampere masih bisa digunakan atau tidak.

3. Lampu Kabin Tampak Lebih Redup

Mengingat biaya service dinamo ampere cukup lumayan mahal, menjadikan komponen yang satu ini harus lebih sering diperhatikan agar tidak cepat rusak. Dan apabila terjadi tanda-tanda lampu kabin redup, itu berarti dinamo ampere mengalami masalah.

Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus menerus tentu saja dapat merusak aki. Hal ini disebabkan aki akan bekerja keras dalam menyuplai listrik karena dinamo ampere tidak dapat secara maksimal memproduksi listrik untuk operasional kendaraan.

4. Aki Tidak Berfungsi Secara Normal

Selain itu, kurangnya suplai energi listrik bisa saja disebabkan oleh aki yang bermasalah. Akan tetapi, jika pengisian daya hingga penggantian aki sudah dilakukan tapi energi listrik belum maksimal, itu artinya ada masalah terkait dengan dinamo ampere atau alternator.

5. Mesin Berdecit Saat Menyala

Ciri-ciri dinamo ampere bermasalah yang lainnya adalah adanya suara berdecit pada mesin saat dinyalakan. Umumnya suara tersebut timbul karena posisi pulley tidak sejajar. Hal ini juga akan membuat belt pada alternator melintir dan akan menimbulkan decitan.

Penyebab Dinamo Ampere Rusak

Penyebab Dinamo amper rusak

Setelah mengetahui ciri dinamo ampere bermasalah atau pun rusak, tentu saja hal utama yang perlu kalian lakukan adalah mencari penyebab kerusakan tersebut. Dan berikut adalah penyebab alternator pada mobil bermasalah:

1. Output Energi Dinamo Starter Tidak Sesuai (Terlalu Tinggi)

Untuk penyebab pertama dinamo ampere rusak adalah terjadinya tegangan energi yang terlalu tinggi pada dinamo ampere. Hal ini disebabkan oleh pemasangan komponen listrik yang tidak standar serta beban yang terlalu berat. Sehingga akan mengakibatkan dinamo ampere tidak dapat mengatasi besarnya arus listrik.

2. Terhambatnya Arus Listrik

Penyebab selanjutnya terkait dengan dinamo ampere rusak adalah terhambatnya alur listrik oleh carbon rush dengan slip rings. Hal tersebut tentu akan mengakibatkan dinamo ampere tidak dapat bekerja secara optimal hingga rusak.

3. Belt Kendur

Berikutnya belt kendur juga akan menjadi masalah pada dinamo ampere. Biasanya belt kendur akan terjadi karena tingginya intensitas pemakaian serta kurangnya perawatan pada belt tersebut. Tidak hanya itu saja, belt kendur juga bisa menimbulkan suara berdecit pada mesin mobil.

Biaya Service Dinamo Ampere Mobil

biaya service dinamo ampere mobil

Setelah mengetahui ciri-ciri dan penyebab dinamo ampere rusak kini saatnya kita masuk dalam pokok pembahasan utama pada artikel ini yakni biaya service dinamo ampere mobil. Umumnya untuk melakukan service dinamo ampere, pihak bengkel akan mematok harga service sekitar Rp 125.000 untuk biaya pasang.

Namun apabila kalian harus ganti dinamo ampere, tentu saja biayanya akan lebih mahal. Hal ini dikarenakan jika harga dinamo ampere cukup terbilang mahal bahkan sampai jutaan rupiah. Akan tetapi hal tersebut nampaknya juga tergantung dengan tipe mobil yang digunakan.

Nah, untuk biaya service dinamo ampere untuk mobil keluaran Eropa nampaknya akan lebih mahal dibandingkan dengan biaya service alternator mobil keluaran Jepang. Namun perlu kalian ketahui jika, untuk komponen mobil dinamo ampere, merupakan salah satu komponen yang tidak gampang rusak, meski digunakan dalam waktu lama.

Cara memperbaiki Dinamo Ampere

cara memperbaiki dinamo ampere

Perlu dipahami jika setiap komponen mobil yang rusak tidak semuanya harus diganti dengan yang baru. Hal ini dikarenakan kemungkinan besar setia komponen mobil masih dapat digunakan kembali, seperti halnya dinamo ampere. Dan berikut adalah beberapa cara dalam memperbaiki dinamo ampere rusak.

1. Periksa Bering Dengan Puller

Seperti yang sudah diketahui, jika biaya service dinamo ampere cukup terbilang mahal. Namun hal tersebut memang berdasarkan tingkat kerusakan dan kesulitan dalam memperbaiki dinamo ampere. Langkah awal untuk memperbaiki dinamo ampere adalah dengan memeriksa bagian bearing dengan puller. Setelah itu, silahkan bongkar setiap komponen dan bersihkan secara menyeluruh.

Selanjutnya silahkan periksa bagian dinamo ampere setelah semua komponen terbongkar. Setelah itu, silahkan pasang kembali komponen serta pastikan apabila tidak ada kebocoran slip ring. Selanjutnya silahkan nyalakan mesin mobil untuk memastikan dinamo ampere masih bekerja dengan baik atau tidak.

2. Mengganti Komponen Dinamo Ampere

Selanjutnya untuk memperbaiki dinamo ampere mobil adalah dengan mengganti komponen pada dinamo ampere yang sudah tidak berfungsi atau pun rusak. Sebab, dinamo ampere tidak akan bekerja secara optimal dalam keadaan rusak. Dan jika hal tersebut dibiarkan terus menerus tentu akan memperparah kerusakan dinamo ampere dan biaya service dinamo ampere ini pun akan menjadi lebih mahal.

3. Service Berkala

Untuk cara yang berikutnya adalah dengan membawa mobil ke bengkel mobil agar mobil tersebut dapat diperiksa secara detail terkait dengan komponen masa saja yang bermasalah dan harus segera diperbaiki atau bahkan diganti. Selain itu, melakukan service mobil secara berkala akan membuat performa mobil menjadi tetap prima.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi diatas dapat memberikan ide maupun referensi bagi kalian yang ingin melakukan service dinamo ampere di bengkel resmi maupun bengkel umum.

Sumber Gambar:

  • kompas.com
  • lifepal.co.id
  • duitpintar.com