Biaya Service HP Ghost Touch, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Setiap pengguna HP tentu pernah mengalami masalah pada layar seperti Ghost Touch atau layar bergerak sendiri tanpa disentuh. Masalah tersebut memang kerap mengundang kekesalan bagi para pengguna HP. Maka dari itulah, biaya service HP Ghost Touch penting untuk diketahui.

Umumnya biaya service HP Ghost Touch ditentukan oleh penyebab dari terjadinya Ghost Touch. Diketahui ada beberapa penyebab yang membuat layar HP bergerak sendiri mulai dari terkena air hingga paling parah adalah terjadi keretakan pada layar, sehingga layar HP harus diganti.

Namun sebelum kita memutuskan untuk membawa HP ke tukang service HP tentu ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengatasi HP Ghost Touch. Selain lebih mudah, cara tersebut tentu akan menghemat biaya service HP Ghost Touch.

Akan tetapi jika beberapa cara tersebut tidak berhasil, barulah kita membawa HP tersebut ke tukang service. Lantas berapakah kisaran biaya service HP Ghost Touch? Untuk lebih jelasnya, yuk simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Ghost Touch

Layar bergerak sendiri
Source: leskompi.com

Sebelum mengetahui biaya service HP Ghost Touch, ada baiknya kita mencari tahu apa itu Ghost Touch. Perlu diketahui Ghost Touch merupakan salah satu masalah yang bisa terjadi pada layar smartphone karena disebabkan oleh beberapa hal.

Apabila hal ini terjadi maka layar tidak dapat disentuh, akan tetapi beberapa aplikasi dapat terbuka dengan sendirinya. Bahkan apabila masalah ini dibiarkan begitu saja, tentu akan terjadi kerusakan lebih parah lagi di HP tersebut. Lalu bagaimanakah cara mengatasi masalah tersebut? Dan apakah Ghost Touch berbahaya?

Apakah Ghost Touch berbahaya?

Seperti sudah kita ketahui jika Ghost Touch merupakan salah satu masalah yang terjadi pada layar HP. Meski tidak berbahaya, namun Ghost Touch akan sangat mengganggu kita dalam penggunaan HP dan terkadang masalah ini juga akan membuat kita jengkel.

Penyebab HP Ghost Touch

penyebab hp ghost touch
Source: akcdn.detik.net.id

Seperti telah diketahui, saat ini banyak smartphone yang telah menggunakan layar jenis Touchsreen atau layar sentuh. Layar tersebut memang memiliki peranan penting bagi sebuah ponsel, sehingga jika terjadi suatu masalah di layar tersebut, tentu akan mengganggu sistem pengoperasian HP.

Beberapa kasus yang kerap terjadi pada layar ponsel ialah layar bergerak sendiri tanpa disentuh (Ghost Touch). Masalah ini memang kerap dikeluhkan oleh para pengguna ponsel, pasalnya masalah tersebut sangatlah mengganggu aktivitas penggunanya.

Lalu, bagaimanakah cara mengatasinya dan berapa biaya service HP Ghost Touch tersebut? Sebelum kita mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya kita mencari tahu apa saja penyebab terjadinya Ghost Touch pada HP. Untuk lebih jelasnya mari simak penyebab HP Ghost Touch dibawah ini.

1. Adanya Cairan dan Debu Pada Layar

Penyebab pertama HP Ghost Touch adalah adanya debu maupun cairan pada layar HP. Dimana cairan maupun debu tersebut dapat membuat sensitivitas sentuhan menjadi terganggu.

Alhasil, gerakan pada layar tidak bisa di sesuaikan sebagaimana mestinya. Bahkan, layar pada HP tersebut dapat bergerak sendiri tanpa adanya sentuhan dari tangan penggunanya.

2. Memakai Charger KW

Penyebab HP Ghost Touch berikutnya adalah penggunaan Charger KW. Dengan menggunakan charger KW tentu dapat mengakibatkan output tidak stabil. Dengan ketidakstabilan itulah yang membuat sensitivitas layar HP menjadi terganggu.

Jika hal ini terjadi maka untuk biaya service HP Ghost Touch tidaklah murah. Parahnya lagi jika harus mengganti layar ponsel, tentu akan memakan biaya lebih besar mulai biaya membeli LCD di service center hingga biaya jasa bongkar pasang HP.

3. Bug Aplikasi

Selain kedua hal diatas yang menyebabkan HP Ghost Touch berikutnya adalah Bug Aplikasi. Dimana apabila kita menginstall aplikasi memang tidak selamanya bida berjalan lancar, terkadang terdapat beberapa bug.

Dengan adanya bug inilah yang memungkinkan beberapa fungsi dari HP terganggu tidak terkecuali pada kesensitivitasan layar. Maka dari itulah, sebelum menginstall aplikasi sebaiknya periksa terlebih dahulu apakah ada bug atau tidak.

4. Screen Guard

Selanjutnya penyebab dari Ghost Touch HP ialah adanya screen guard atau plastik tipis yang melapisi layar ponsel. Meski bertujuan sebagai pelindung layar HP, namun pemasangan screen guar yang tidak tepat akan mengganggu sensitivitas layar.

Tidak hanya itu saja, Ghost Touch yang terjadi pada layar HP juga bisa disebabkan oleh adanya debu ketika kita memasang screen guard tersebut.

5. Adanya Kerusakan Pada LCD

Apabila HP mengalami Ghost Touch kemungkinan besar bisa dikarenakan adanya kerusakan di bagian layar atau LCD. Kerusakan pada LCD memang dapat terjadi karena beberapa hal seperti terkena air atau pun lainnya.

Jika hal ini terjadi lebih baik kita segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan lebih parah lagi. Sementara itu, untuk biaya service memperbaiki LCD juga akan ditentukan oleh tingkat kerusakan dari LCD tersebut.

6. Charger Rusak

Penyebab terjadinya Ghost Touch lainnya adalah kerusakan pada charger HP. Hal ini bisa saja terjadi ketika kita sedang mengecas HP. Maka dari itulah sebelum melakukan pengecasan lebih baik periksa terlebih dahulu kondisi charger HP, apakah rusak atau tidak.

Apabila hal tersebut dibiarkan secara terus menerus bukan tidak mungkin HP akan mengalami kerusakan yang lebih parah lagi. Dan biaya service HP Ghost Touch pun akan menjadi lebih mahal.

Cara Mengatasi HP Ghost Touch

cara mengatasi hp ghost touch
Source: i.pinimg.com

Setelah mengetahui penyebab terjadinya Ghost Touch pada HP langkah berikutnya adalah mencari cara untuk mengatasi hal tersebut. Nah, tanpa berlama-lama lagi berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi HP Ghost Touch.

1. Bersihkan Layar

Sebelum memutuskan untuk service HP lebih baik kita mengatasi masalah tersebut dengan cara membersihkan layar menggunakan cairan pembersih. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan kotoran serta debu menempel pada layar.

2. Matikan HP

Selain itu, kita juga bisa mematikan HP untuk beberapa saat untuk mengatasi layar HP bergerak sendiri. Jika suhu smartphone tinggi tentu saja dapat mengakibatkan ghost touch pada HP. Sehingga langkah paling efektif sebelum memutuskan untuk melakukan service HP adalah dengan mematikan HP agar suhu pada HP bisa normal kembali.

3. Cek Pelindung Layar

Sebelum mengeluarkan biaya untuk melakukan service HP karena Ghost Touch, lebih baik kita cek terlebih dahulu pelindung layar pada ponsel. Hal tersebut bertujuan untuk memeriksa layar ponsel apakah ada kerusakan atau tidak.

4. Periksa Software HP

Selain itu, kita juga bisa memeriksa software pada HP. Karena Software yang sudah kadaluwarsa juga dapat menyebabkan bug sehingga layar ponsel bisa menjadi error atau pun bergerak sendiri. Jika hal ini terjadi silahkan update software terlebih dahulu untuk mengatasi Ghost Touch pada HP.

5. Reset HP

Berikutnya kita juga bisa melakukan reset pada HP. Namun, sebelum melakukan reset pada HP untuk mengatasi Ghost Touch lebih baik pikirkan terlebih dahulu resikonya. Pasalnya jika kita melakukan reset pabrikan semua data akan hilang.

Namun apabila kita tetap ingin melakukan cara ini, silahkan simpan terlebih dahulu semua data agar tidak hilang ketika proses reset dilakukan.

6. Bersihkan Aplikasi yang Tidak Dipakai

Membersihkan aplikasi yang tidak dipakai juga menjadi salah satu cara dalam mengatasi Ghost Touch. Selain dapat menghemat biaya service HP Ghost Touch, cara ini juga sangat mudah dilakukan.

7. Ganti Layar HP

Untuk cara terakhir dalam mengatasi HP Ghost Touch adalah dengan mengganti layar pada HP tersebut. Cara ini dilakukan apabila beberapa cara diatas tidak membawakan hasil maksimal.

Namun perlu ingat! Jika mengganti LCD HP tidaklah murah, karena untuk mengganti LCD HP juga ditentukan oleh jenis dan LCD HP yang digunakan. Belum lagi untuk biaya service HP tersebut. Untuk itu, sebelum memutuskan untuk mengganti layar HP kita perlu mengetahui biaya perbaikan HP tersebut.

Biaya Service HP Ghost Touch

Biaya service HP layar bergerak sendiri
Source: 3.bp.blogspot.com

Melakukan service HP dengan masalah Ghost Touch memang tidaklah murah. Karena beberapa kasus layar bergerak sendiri, terjadi karena adanya masalah pada layar atau LCD, baik itu retak atau pun terkena air,

Apabila hal ini terjadi maka bukan tidak mungkin jika tukang service HP akan merekomendasikan untuk mengganti layar pada HP tersebut. Sementara itu, jika diharuskan untuk mengganti layar, maka biaya service HP diperkirakan diatas Rp 300 ribuan.

Namun kembali lagi, biaya service tersebut akan ditentukan oleh jenis dan merek HP yang digunakan. Apabila menggunakan jenis smartphone flag ship seperti Samsung tentu saja biaya service HP untuk masalah tersebut akan jauh lebih mahal.

Tips Merawat HP Agar Tidak Ghost Touch

Cara merawat HP agar awet
Source: teknogpt.com

Mengingat biaya service HP Ghost Touch tidaklah murah, tentu saja kita harus merawat HP dengan baik dan benar. Untuk menjaga hal tersebut berikut adalah beberapa tips dalam merawat HP agar tidak mudah rusak.

  • Usahakan untuk menghindari paparan air dan debu
  • Gunakan pelindung layar
  • Menjaga kebersihan layar HP
  • Gunakan HP sesuai spesifikasi software
  • Lakukan restart HP setiap satu minggu sekali
  • Update software secara berkala

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat kita ketahui jika biaya service HP Ghost Touch tidaklah murah. Maka dari itu, kita harus menjaga kebersihan HP dari debu dan air. Hal ini bertujuan agar HP tidak mudah rusak.

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga bermanfaat serta dapat menjadi referensi bagi kita ketika ingin melakukan service HP dengan masalah Ghost Touch.