Biaya Service Kipas Angin Rusak, Paling Murah dan Terpercaya

Meski tidak senyaman AC, namun kipas angin masih bisa diandalkan sebagai alat untuk memberikan kesejukan dan kenyamanan di dalam ruangan. Meskipun begitu kipas angin juga kerap mengalami masalah, sehingga penting bagi kita untuk mengetahui biaya service kipas angin sebagai referensi saat ingin melakukan service.

Pada umumnya biaya service kipas angin sangat ditentukan oleh besar kecilnya kerusakan. Jadi semakin sedikit kerusakan kipas angin, tentu akan semakin murah pula biaya perbaikannya.Namun perlu diingat! jika kipas angin rusak juga diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti adanya komponen kipas yang rusak.

Tidak hanya itu saja, kerusakan kipas angin juga dikarenakan jarang dibersihkan. Sehingga kotoran dan debu menumpuk disetiap bagian komponen kipas angin. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat kipas angin yang baik dan benar agar kipas angin bisa lebih awet dan tahan lama.

Lalu berapakah kisaran biaya service kipas angin? Agar tidak penasaran lagi dengan biaya perbaikan kipas angin, teman-teman bisa simak secara langsung informasinya pada artikel dibawah ini.

Penyebab Kipas Angin Rusak

penyebab kipas angin rusak
Source: artikel.rumah123.com

Seperti telah kita ketahui kipas angin merupakan salah satu jenis alat elektronik rumah tangga yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan udara sejuk dari baling-baling kipas. Tidak hanya itu saja, alat ini juga berguna untuk meningkatkan sirkulasi udara didalam ruangan.

Meski memiliki banyak kegunaan, alat elektronik ini memang kerap mengalami beberapa masalah di beberapa komponen. Maka dari itu, sebelum mengetahui estimasi biaya service kipas angin rusak, sebaiknya simak terlebih dahulu beberapa penyebab kipas angin rusak.

1. Tidak Pernah Dibersihkan

Penyebab kipas angin cepat rusak pertama ialah karena tidak pernah atau jarang dibersihkan. Penggunaan kipas angin setiap hari tentu akan membuat banyak debu yang menempel.

Hal ini, akan menjadikan putaran kipas angin menjadi melambat dan bahkan baling-baling bida berhenti berputar. Jika hal ini terus terjadi maka kipas angin akan menjadi cepat rusak dan biaya service kipas angin akan semakin mahal, karena banyak komponen rusak dan harus diganti.

2. Ada Masalah Pada Kabel

Selain debu yang menempel, kipas angin rusak juga bisa diakibatkan karena adanya gangguan pada kabel atau sumber listrik. Seperti sudah ketahui, kabel memang sangat rentan putus sehingga pemeriksaan kabel harus rutin dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut.

3.penggunaan Kipas Angin Secara Berlebih

Menyalakan kipas angin dalam waktu yang lama juga bisa membuat kipas angin menjadi cepat rusak. Hal ini sebabkan oleh mesin kipas angin terus berputar aktif sehingga akan menimbulkan mesin panas hingga terbakar.

Apabila ini terjadi maka untuk biaya service kipas angin akan lumayan mahal. Karena, akan ada beberapa komponen mesin pada kipas angin yang harus diganti.

4. Komponen Rusak

Selain mesin rusak, ada beberapa komponen lain pada kipas angin yang kerap mengalami kerusakan, seperti halnya baling-baling. Ada banyak faktor penyebab baling-baling rusak diantaranya penggunaan kipas angin secara berlebihan.

Tanda-tanda baling-baling rusak sangatlah mudah dipahami yakni munculnya getaran serta bunyi dengung pada kipas angin. Untuk mengatasi hal tersebut kita perlu mengganti baling-baling dengan yang baru.

Namun, untuk melakukan service kipas angin ini tentu membutuhkan biaya yang tidak murah. Untuk itu, disarankan untuk melakukan perawatan dengan baik dan benar agar kipas angin tidak mudah rusak.

Cara Memperbaiki Kipas Angin Rusak

Source Video: Channel Youtube Idola Elektrik

Setelah mengetahui penyebab kipas angin rusak, tentunya kita juga bisa menentukan cara yang tepat untuk mengatasi kerusakan tersebut. Apalagi jika kerusakan pada kipas angin masih bisa ditangani sendiri.

Dengan mengetahui cara memperbaiki kipas angin yang rusak, tentu akan membuat biaya service kipas angin menjadi lebih murah. Sebab kita tidak perlu membayar ongkos jasa perbaikan tersebut.

Nah, untuk bisa mengatasi kipas angin yang rusak, berikut adalah langkah-langkahnya.

1. Cek Kabel

Langkah pertama untuk mengatasi kipas angin rusak adalah adalah dengan melakukan pemeriksaan terhadap kabel kipas angin. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya sobekan atau kondisi lain seperti kabel putus.

Apabila ada kabel sobek atau pun putus kita bisa segera memperbaikinya yakni dengan cara menyambung serta mengisolasi kabel yang sobek atau terputus tadi. Biaya service kipas angin dengan kondisi ini cukuplah murah karena kita tidak perlu membawanya ke tukang service.

2. Cek Pemutus Sirkuit

Langkah berikutnya kita bisa melakukan pengecekan pada pemutus sirkuit. Bisanya kipas angin tidak akan berjalan meski kabel sudah terpasang. Untuk mengatasi masalah ini, kita dapat membuka panel pemutus dan lihat apakah panel pemutus telah tersambung atau tidak.

Mengatasi masalah seperti ini tentu dapat dilakukan sendiri di rumah, tanpa harus membawanya ke tukang service. Selain itu, melakukan service kipas angin sendiri di rumah juga akan lebih menghemat biaya.

3. Cek Sekring Kipas

Untuk memperbaiki kipas angin yang rusak kita bisa melakukan pengecekan pada sekring. Ada beberapa kipas angin dengan kekuatan besar yang telah dilengkapi sekring sebagai alat keselamatan.

Dimana sekring pada kipas angin dirancang sebagai alat pemutus sambungan listrik. Hal tersebut juga digunakan untuk mengantisipasi panas berlebih pada kipas angin yang berputar terlalu lama.

4. Ganti Kabel

Jika beberapa cara diatas masih tidak membawakan hasil dan kipas angin masih tidak mau menyala, maka langkah berikutnya adalah dengan mengganti kabel dalam pada kipas angin.

Namun untuk melakukan pergantian kabel tentunya dibutuhkan biaya tidak murah. Karena kita harus membeli kabel dan beberapa komponen yang diperlukan lainnya. Namun untuk biaya service kipas angin ini akan terasa lebih murah apabila di lakukan sendiri tanpa harus mengundang teknisi.

5. Bersihkan Kipas Angin

Agar kipas angin tidak cepat rusak, kita juga perlu melakukan pembersihan. Dimana jika banyak kotoran tersangkut pada kipas tentu akan membuat gerakan kipas menjadi lebih berat dan juga melambat.

Namun, membesihkan kotoran di semua bagian kipas haruslah berhati-hati agar tidak ada bagian yang rusak. Untuk melakukan pembersihan memang tidak diperlukan biaya service, karena kita dapat membersihkan kipas angin sendiri.

6. Beri Pelumas Pada Kipas Angin

Cara mengatasi kipas angin rusak berikutnya adalah dengan memberikan pelumas pada roda gigi kipas angin. Hal ini bertujuan agar kipas angin tidak mudah macet atau pun berkarat yang akan membuat kipas angin menjadi cepat rusak.

Memberikan pelumas pada kipas angin memang dapat dilakukan sendiri. Jadi kita tidak perlu menyediakan anggaran untuk melakukan service tersebut.

Biaya Service Kipas Angin

Biaya service kipas angin
Source: asset-a.grid.id

Setelah kita mengetahui penyebab serta cara memperbaiki kipas angin yang rusak, tentu kita kita bisa mengatasinya sendiri tanpa bantuan teknisi. Namun, apabila kerusakan pada kipas angin cukup parah tentu kita harus membawa kipas angin ke tepat service.

Lantas berapakah biaya service kipas angin tersebut? Untuk biaya perbaikan kipas angin memang bervariasi tergantung dari tingkat kerusakan yang terjadi pada kipas angin. Namun pada umumnya untuk melakukan service ringan kipas angin hanya membutuhkan biaya sebesar Rp 40.000 saja.

Tips Merawat Kipas Angin Agar Awet

Tips membersihkan kipas angin
Source: kwikku.us

Untuk menjaga agar kipas angin menjadi lebih awet, tentu ada beberapa perawatan penting yang harus kita lakukan. Berikut adalah beberapa tips merawat kipas angin agar awet dan tidak cepat rusak.

  • Lakukan pembersihan kipas angin secara rutin
  • Lakukan pengecekan pada kabel dan saklar
  • Letakkan kipas angin ditempat yang tepat
  • Usahakan untuk tidak menggunakan kecepatan tinggi dalam jangka waktu lama

Kesimpulan

Setelah membaca artikel diatas tentu bisa disimpulkan jika biaya service kipas angin ditentukan oleh tingkat kerusakan yang terjadi pada kipas angin. Semakin parah kerusakannya maka akan semakin mahal biaya perbaikannya.

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga informasi diatas dapat bermanfaat serta dapat membantu teman-teman yang ingin melakukan service kipas angin ditempat service.