Biaya Service Laptop Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk bekerja sehari-hari tentu kita memerlukan sebuah perangkat laptop dengan performa kencang. Namun seiring dengan pemakaiannya laptop bisa saja menjadi lemot. Maka dari itu, peting bagi kita untuk mengetahui biaya service laptop lemot.

Pada dasarnya biaya service laptop lemot ditentukan oleh penyebabnya. Sehingga dapat di pasti jika untuk biaya service laptop dengan masalah tersebut akan berbeda-beda.

Saat ini ada beberapa faktor penyebab yang menjadikan kinerja laptop menjadi lemot, mulai dari kapasitas RAM yang terlalu kecil hingga usia laptop yang sudah tua. Untuk itu, mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang dapat kita lakukan.

Namun jika laptop lemot dikarenakan hal lain kita bisa membawa laptop ke tempat service laptop. Lalu berapakah biaya service laptop lemot? Untuk lebih jelasnya kita bisa simak informasinya dibawah ini.

Penyebab Laptop Lemot

penyebab tlaptop lemot
Source: dimensidata.com

Sebelum mengetahui biaya service laptop lemot, hal penting yang harus kita lakukan adalah mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa penyebab laptop lemot yang harus diketahui.

  • RAM laptop terlalu kecil
  • Terlalu banyak aplikasi berjalan di background ketika laptop dinyalakan
  • Kapasitas penyimpanan internal telalu penuh
  • Menggunakan aplikasi dengan ukuran besar, sehingga mempengaruhi kinerja laptop
  • Adanya virus atau malware
  • Laptop masih menggunakan HDD
  • Usia Prosesor laptop yang sudah lama, sehingga tidak mendukung aplikasi tersebut

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Apabila sudah mengetahui penyebab yang menjadikan kinerja laptop menurun, tentu saja kita juga ingin mengetahui cara mengatasi hal tersebut. Untuk itu, mari simak informasinya dibawah ini.

1. Bersihkan Laptop dari Kotoran

Cara pertama untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan membersihkan laptop dari kotoran seperti debu dan beberapa kotoran lainnya. Banyaknya kotoran yang menempel pada kipas pendingin membuat laptop menjadi panas. Selain itu, debu juga dapat memperlambat kinerja laptop.

Untuk menjaga kondisi laptop agar tetap awet, lakukan pembersihan secara berkala menggunakan alat pembersih debu. Dengan memperhatikan kebersihan laptop tentu saja performa laptop akan tetap terjaga dan kita juga tidak perlu membuang uang untuk biaya service laptop lemot.

2. Hapus Cache

Langkah berikutnya dalam mengatasi lemot lemot adalah dengan melakukan pembersihan cache. Dimana terlalu banyak cache juga akan membuat ruang penyimpanan penuh sehingga akan mempengaruhi kinerja laptop.

Untuk itu membersihkan cache juga menjadi langkah penting dalam menjaga performa laptop agar tidak lemot. Untuk melakukan pembersihan cache kita bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini.

  • Pertama buka file manager
  • Lalu silahkan klik kanan pada harddisk pengguna
  • Kemudian pilih properties
  • Lalu klik Disk Clean Up
  • Setelah itu tunggu hingga proses pembersihan selesai

3. Hapus Program yang Tidak Dipakai

Untuk menjaga performa laptop tetap stabil, kita juga harus menghapus beberapa program yang memang sudah tidak digunakan lagi. Dengan mengurangi kapasitas didalam ruang penyimpanan laptop tentu kinerja laptop akan menjadi lebih tangguh.

4. Lakukan Disk Defragmenter

Apabila kinerja laptop menurun, kita bisa mengatasinya dengan cara melakukan Disk Defragmenter secara rutin. Cara ini memerlukan waktu lama sehingga banyak orang melakukan disk defragmenter pada waktu malam hari.

Sementara itu pengguna juga diharuskan untuk melakukan disk defragmenter dalam kondisi charger laptop terpasang. Hal ini bertujuan untuk mencegah laptop mati ketika proses disk defragmenter.

Dengan menggunakan cara ini tentu tidak akan memakan biaya service laptop lemot yang terlalu mahal. Selain itu, cara ini juga dapat dilakukan sendiri di rumah jika kita mengetahui langkah-langkahnya.

5. Lakukan Reset Windows

Apabila performa laptop lemot hal yang dapat kita lakukan selanjutnya adalah melakukan reset windows. Namun perlu di ingat! jika cara ini hanya dilakukan untuk laptop berusia tua.

Dimana ukuran RAM pada laptop keluaran lama memang relatif kecil sehingga tidak mampu menampung menjalankan aplikasi terbaru saat ini. Tapi sebelum melakukan reset windows, pastikan terlebih dahulu jika kita sudah melakukan back up data terlebih dahulu.

Cara memperbaiki laptop lemot yang satu ini juga tidak memerlukan biaya mahal untuk perbaikannya. Apalagi kita juga bisa melakukannya sendiri dirumah tanpa harus membawa laptop ke tempat service.

6. Non-aktifkan Program Otomatis

Dalam mengatasi laptop lemot kita juga bisa mematikan beberapa program otomatis. Apabila ada banyak program otomatis yang terus berjalan tentu saja akan menguras daya untuk startup.

Untuk mematikan program otomatis memang cukup mudah, karena kita tinggal masuk menu pengaturan atau setting. Dalam mengatasi laptop lemot dengan cara ini tentu tidak akan memakan biaya service laptop lemot yang terlalu mahal, karena kita juga dapat mengatasinya sendiri di rumah.

7. Pakai Aplikasi Ringan

Menggunakan aplikasi yang ringan tentu akan menjadi salah satu alternatif kita dalam mengatasi kinerja laptop lemot. Selain itu, pengguna juga harus bisa menghindari aplikasi dengan fitur yang dapa memperlambat kinerja laptop.

Dengan menggunakan cara ini tentu tidak hanya membuat kinerja laptop menjadi lebih kencang. Namun, juga akan menghemat biaya service laptop lemot, karena cara ini dapat dilakukan sendiri.

8. Pasang Anti Virus

Virus juga bisa menjadi penyebab kinerja laptop melambat, maka dari memasang anti virus menjadi solusi utama untuk menjaga kinerja laptop. Apalagi untuk memasang anti virus kita tidak memerlukan biaya besar. Apalagi kita juga bisa melakukannya sendiri asalkan mengetahui caranya.

9. Pakai SSD

Apa bila laptop masih menggunakan hard disk driver sebagai tempat penyimpanan data, maka sebaiknya diganti saja dengan SSD. Pasalnya perangkat penyimpanan yang satu ini dinilai lebih cepat dalam memproses data.

Selain itu SSD juga memiliki kapasitas yang lebih baik untuk mengolah data. Namun, untuk mengatasi laptop lemot dengan cara ini kita membutuhkan dana cukup besar untuk membeli SSD. Dimana untuk harga SDD relatif lebih mahal dibanding HDD.

10. Sesuaikan Penggunaan Laptop

Cara terakhir untuk mengatasi laptop lemot adalah dengan menggunakan laptop sesuai spesifikasi. Maka dari itu, sebelum membeli laptop sebaik sesuaikan terlebih dahulu kebutuhan serta penggunaan laptop.

Biaya Service Laptop Lemot

Biaya service laptop
Source; dianisa.com

Setelah mengetahui penyebab serta cara mengatasi laptop lemot, kita juga perlu mengetahui biaya service laptop lemot sebagai pembanding ketika akan melakukan service laptop.

Seperti halnya biaya service laptop mati total dan speaker laptop mati, untuk biaya service laptop lemot juga di tentukan oleh tingkat kerusakannya. Namun, untuk biaya service laptop lemot adalah sekitar Rp 200.000 hingga Rp 600.000 tergantung dengan penyebab yang membuat kinerja laptop menjadi lemot.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan tentang biaya service laptop lemot. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat serta menjadi referensi bagi teman-teman yang ingin melakukan service laptop di tempat resmi atau umum.