Biaya Service Mobil Di Bengkel Resmi dan Jenis Perawatan 2024

Biaya Service Mobil – Service mobil memang harus dilakukan secara rutin dan juga berkala. Hal ini bertujuan agar performa mobil menjadi tetap prima. Ada banyak jenis service motor dan mobil mulai dari ganti oli hingga mengganti komponen mobil yang rusak akibat termakan usia atau pun karena hal lainnya.

Saat ini biaya service mobil memang disesuaikan dengan jenis service yang dilakukan. Namun pada umumnya service mobil berkisar antara Rp 180.000 hingga Rp 200.000. Sementara itu kamu juga dapat melakukan service mobil di bengkel resmi atau pun bengkel biasa sesuai dengan keinginan pengguna mobil.

Meski harus mengeluarkan biaya besar namun service mobil memang sangat perlu dilakukan agar performa mobil bisa tetap terjaga. Dengan menunda service pada mobil kesanyangan, tentu akan mengakibatkan beberapa resiko yang mungkin bisa terjadi pada mobil, seperti mogok di jalan dan lain sebagainya.

Maka dari itu kami sarankan bagi kamu pemilik mobil agar melakukan service mobil secara rutin supaya performa mobil tetap terjaga dan terhindar dari berbagai macam resiko kerusakan. Nah, jika berniat melakukan service mobil di bengkel resmi berikut estimasi biaya service mobil berdasarkan jenis perawatannya.

Apa Itu Service Mobil Berkala?

Sebelum membahas lebih lanjut terkait dengan biaya service mobil, ada baiknya kita mengetahui pengertian dari service mobil berkala. Dimana service mobil berkala merupakan salah satu kegiatan service yang dilakukan pada mobil dengan jadwal tertentu. Dan untuk service berkala memang harus dilakukan sesuai dengan buku panduan kendaraan.

Jenis-Jenis Service Mobil

jenis jenis service mobil

Seperti telah kami sampaikan diatas jika ada beberapa jenis service mobil yang perlu dilakukan agar performa mobil tetap terjaga. Selain itu, biaya service mobil ini juga bervariasi tergantung dari jenis servicenya. Dan berikut adalah beberapa jenis service mobil yang harus kamu lakukan secara rutin.

1. Ganti Oli

Jenis service mobil pertama yang harus dilakukan secara rutin adalah mengganti oli mesin. Dimana mengganti oli mesin dapat kamu lakukan setiap 3 bulan sekali atau penambahan 5000 km. Service ini bertujuan untuk menjaga performa mesin agar tetap bertenaga, apabila fungsi oli kurang maksimal maka tarikan mesin akan semakin berat dan bahan bakar pun akan cepat habis.

Hal ini dikarenakan bensin digunakan sebagai tenaga pengganti untuk menggerakkan mesin mobil. Maka dari itu kami sarankan agar selalu melakukan pergantian oli secara rutin dengan jangka waktu setiap 3 bulan sekali. Saat mengganti oli mesin umumnya filter oli juga akan diganti agar sirkulasi udara bisa tetap terjaga. Service ganti oli dibengkel resmi umumnya akan dibutuhkan biaya service mobil sebesar Rp 400 hingg Rp 500 ribu.

2. Ganti Aki

Selain mengganti oli, service mobil berikutnya adalah cek bagian aki. Dimana aki merupakan baterai bagi kendaraan yang digunakan sebagai penyedia dan penyimpan daya untuk kebutuhan listrik pada mobil. Dalam pengecek aki sebenarnya sangat mudah dilakukan. Namun, kami sarankan agar mengecek aki dalam kurun waktu satu atau dua minggu sekali untuk menambah air aki.

Akan tetapi pengecek komponen aki secara keseluruhan, lebih baik kamu lakukan di bengkel resmi dengan jangka waktu setiap 1 sampai 2 tahun sekali. Hal ini dilakukan agar aki tidak cepat rusak dan performa mobil juga menjadi tetap stabil. Nah, biaya service aki juga ditentukan dari jenis kerusakan aki. Jika memang kerusakan aki cukup parah, maka lebih baik kamu mengganti aki lama dengan aki baru.

Sementara itu, biaya ganti aki mobil juga cukup bervariasi tergantung dari merk aki tersebut. Namun, pada umumnya melakukan ganti aki hanya memerlukan biaya mulai dari Rp 600 ribu hingga sampai 1 jutaan untuk aki dengan merk GS, Massiv dan Yuasa. Selain itu jenis service ini termasuk dalam kategori service rutin dengan biaya service mobil terjangkau.

3. Ganti Wiper

Selanjutnya wiper atau kipas air juga harus rutin di service. Hal ini bertujuan agar kaca bisa menjadi lebih bersih dan tidak mengganggu padangan ketika hujan. Kamu bisa memerikan wiper sendiri dengan jangka waktu satu bulan sekali untuk melihat apakah ada retakan dibagian karet wiper atau bahkan karet wiper sudah kering.

Seperti sudah kami sampaikan wiper memang memiliki fungsi sangat penting ketika berkendara saat hujan. Wiper juga berfungsi untuk menjaga jarak padang saat berkendara dalam waktu hujan. Dengan wiper kaca mobil akan menjadi lebih bersih dan kita akan lebih mudah melihat kondisi jalan waktu hujan.

Selain itu, dengan mengganti karet wiper juga akan menjaga kaca dari blade yang akan menyebabkan kaca baret. Melakukan service wiper atau pun ganti wiper kamu hanya perlu membutuhkan biaya sebesar Rp 50 hingga Rp 100 ribu tergantung dari ukuran dan jenis wiper tersebut.

4. Ganti Filter Udara

Filter udara menjadi salah satu komponen cukup penting bagi sebuah mobil. Terlebih fungsi filter udara ini adalah menjaga kotoran dan serpihan yang masuk kedalam mesin. Maksudnya adalah filter udara akan membuat udara bersih saja yang masuk kedalam mesin.

Ketika filter dirasa sudah tidak berfungsi dengan baik lebih baik segeralah ganti filter udara tersebut agar tidak menyebabkan berkurangnya tenaga pada mesin mobil. Biaya service mobil ganti filter udara terbilang cukup mudah yakni hanya sekitar Rp 50 hingga 60 ribu saja.

5. Ganti Kapas Rem

Selanjutnya ganti kampas rem menjadi salah satu service mobil yang harus rutin dilakukan. Namun melakukan pergantian kampas rem itu berbeda-beda tergantung dari jenis transmisi mobilnya. Jika pada mobil transmisi otomatis lebih baik kamu mengganti kampas rem dengan jarak tempuh 35.000 km.

Sedangkan mobil dengan trasmisi manual kamu bisa melakukan pergantian kampas rem dengan jarak tempuh sekitar 60.000 km. Komponen ini memang memiliki fungsi sangat penting bagi keselamatan pengemudi. Jadi kami sarankan agar selalu mengecek sistem pengereman pada setiap bulan sekali agar sistem pengereman bisa bekerja dengan baik dan tetap nyaman.

6. Ganti Bearing Roda

Bearing mobil juga menjadi salah satu elemen peting bagi sebuah mobil. Akan tetapi bearing lebih sering diabaikan oleh pengendara mobil, selain tepatnya yang tersembunyi melakukan pengecekan bearing juga terbilang sulit. Maka dari itu kami sarankan agar melakukan pengecekan bearing bengkel resmi. Dimana biaya service mobil ganti bearing dibengkel resmi akan jauh lebih murah dibadingkan dengan di bengkel biasa.

Sementara itu, kamu juga bisa mengganti bearing roda pada setiap jarak tempuh 50.000 km. Namun mengganti bearing sebaiknya kamu lakukan apabila bearing sudah mengeluarkan suara kasar atau dengung ketika berkendara. Biaya ganti bearing juga bervariasi tergantung dari jenis dan merk mobilnya. Namun biaya ganti bearing untuk jenis mobil Avanza adalah sekitar Rp 250 ribuan.

7.Ganti Ban Roda

Komponen ini memang harus diperhatikan penuh. Pasalnya ban menjadi salah satu fitur kenyamanan berkendara paling penting saat ini. Untuk itu periksalah ban ketika kamu akan berkendara. Dan jika ban sudah tipis lebih baik kamu mengganti ban tersebut untuk menghindari resiko pecah ban saat berkendara. Saat ini harga ganti ban memang cukup lumayan mahal, yakni sekitar Rp 500 ribuan.

Biaya Service Mobil

biaya service

Seperti sudah kami jelaskan jika ada berbagai macam jenis service mobil yang bisa kamu lakukan seperti service AC mobil dan service mesin mobil. Dimana setiap jenis service tersebut tentu memiliki biaya penanganan yang berbeda-beda. Nah, dibawah ini adalah informasi terkait dengan biaya service besar dan ringan di bengkel resmi, berikut informasi selengkapnya.

Biaya Service Besar

Perlu kamu ketahui melakukan service besar umumnya dilakukan saat mobil mencapai kelipatan 40.000 km. Sesuai dengan namanya, melakukan service besar tentu akan ada banyak komponen yang diperiksa atau bahkan diganti dibandingkan dengan service kecil.

Saat melakukan service besar semua komponen oli akan diganti mulai dari oli mesin, gardan hingga olih transmisi. Tidak hanya itu saja, semua bagian dalam mesin mobil juga akan diperiksa secara lengkap seperti halnya busi, aki, lampu, rem, kopling, radiator hingga filter udara pada mobil.

Biaya service mobil ini akan memerlukan biaya sekitar Rp 1 hingga Rp 1.2 juta, untuk jarak tempuh mobil sekitar 40.000 km. Sedangkan mobil dengan jarak tempuh 80.000 km akan dikenakan biaya service sebesar Rp 2.6 sampai dengan Rp 3 jutaan.

Biaya Service Ringan

Berbeda dengan service besar, service ringan atau pun service kecil hanya dilakukan ketika mobil menempuh jarak 10.000 km serta kelipatannya. Penanganan pada service kecil umumnya adalah mengganti oli mobil, pemeriksaan sistem pengapian dan kelistrikan serta pengecekan air radiator dan lampu.

Untuk biaya service mobil ringan pada jarak tempuh 10.000 km dan kelipatannya umumnya memerlukan biaya sebesar Rp 400 hingga Rp 600 ribu. Service ini sudah termasuk dalam pengecekan Chassis, bodi. oli mesin, rem, transmisi, radiator serta pengecekan power steering.

Kapan Harus Service Mobil?

Mungkin banyak orang bertanya kapan waktu yang tepat untuk melakukan service mobil? Untuk melakukan service mobil secara rutin baiknya dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sekali atau setiap penambahan jarak tempuh 5000 km. Selain itu, kamu juga bisa melakukan service mobil dengan beberapa acuan sebagai berikut:

  • Jarak tempuh melebihi batas
  • Berdasarkan masa pemakaian mobil
  • Mobil mengeluarkan suara kasar
  • Performa mobil menurun

Tips Merawat Mobil Agar Tetap Prima

tips merawat mobil

Merawat sebuah mobil memang menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan oleh setiap pemilik mobil. Selain itu, kamu bisa melakukan perawatan mobil secara rutin dengan waktu yang sudah di tentukan. Nah, Supaya performa mobil tetap prima ada beberapa jenis perawatan yang harus kamu perhatian, berikut informasinya:

  • Bersihkan kendaraan secara rutin
  • Dapatkan perawatan rutin
  • Jangan melewatkan layanan utama
  • Periksa rem kendaraan
  • Sering-seringlah memeriksa level cairan
  • Perhatikan tapak ban
  • Jaga agar ban tetap mengembang
  • Jangan abaikan kebocoran, suara, atau bau
  • Perhatikan peringatan

Resiko Menunda Service Mobil

Selain merawat mobil agar tetap prima, kamu juga harus mengetahui resiko ketka menunda service pada mobil. Dimana menunda service bisa berakibat meningkatnya kerusakan pada mobil di kemudian hari. Untuk mengetahui secara pasti resiko menunda service mobil adalah sebagai berikut:

  • Kerusakan pada Sistem Rem
  • Kerusakan pada Mesin
  • Kebocoran Radiator
  • Kerusakan pada Sistem Kelistrikan
  • Kerusakan pada Sistem Suspensi

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat kita simpulkan jika service mobil seharusnya dilakukan secara rutin dan berkala agar terhindar dari berbagai macam jenis kerusakan. Sementara itu, untuk biaya service mobil tergantung pada jenis service yang dilakukan serta jenis dan merk mobilnya

Dengan melakukan service secara rutin akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih prima dan bertenaga. Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi sumber referensi bagi kamu semuanya.

Sumber Gambar:

  • kompas.com
  • duitpintar.com
  • hondasolobaru.co.id
  • lifepal.co.id