Biaya Service Pompa Air Semua Merek dan Penyebabnya

Memiliki peranan penting bagi membantu kehidupan, pompa air juga kerap mengalami masalah apabila digunakan secara terus menerus. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui biaya service pompa air, sebagai pembanding saat kita melakukan service.

Untuk biaya service pompa air banyak ditentukan oleh jenis serta penyebab kerusakannya. Maka dari itu, sebelum memperbaiki pompa air yang rusak kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebab pompa air keluar kecil, rusak tidak mau menyala.

Dengan mengetahui penyebab tersebut, maka mudah bagi kita untuk mencari cara dalam mengatasi pompa air yang rusak. Meski demikian jika terdapat banyak kerusakan pada pompa air, sebaiknya kita melakukan perbaikan di tempat service agar bisa ditangani dengan tepat.

Lalu berapakah biaya service pompa air di tukang service? Agar teman-teman tidak penasaran dengan hal tersebut, bisa simak informasinya pada artikel dibawah ini.

Penyebab Pompa Air Keluarnya Kecil

penyebab pompa air keluar kecil
Source: kingserviceac.co.id

Pompa air menjadi salah satu alat yang dapat membantu kita dalam memperoleh pasokan air di rumah. Dengan menggunakan pompa air kita tidak perlu lagi menimba air di sumur atau pun ditempat lain.

Akan tetapi tidak jarang jika pompa air juga kerap mengalami beberapa masalah yang mengakibatkan pompa air keluar kecil. Berikut adalah penyebab pompa air keluar kecil.

1. Dinamo Bermasalah

Pompa air keluar kecil dapat disebabkan oleh masalah pada dinamo. Dinamo sendiri memiliki fungsi agar air bisa terhisap dari sumur, maka dari itulah dinamo menjadi salah satu komponen utama bagi sebuah pompa air agar bisa bekerja.

Seiring berjalannya waktu kondisi dinamo pompa air akan menjadi melemah karena pemakaian terlalu lama. Jadi sangat wajar apabila air yang dikeluarkan menjadi lebih sedikit.

Dinamo bermasalah tidak hanya karena tegangan dan usia pakai, akan tetapi juga bisa disebabkan oleh masalah lain seperti terbakar. Hal tersebut dikarenakan kinerja pompa air yang terus menyala tanpa adanya waktu berhenti.

Apabila kerusakan pompa air disebabkan oleh dinamo terbakar, kita bisa memperbaikinya ditempat service elektronik terdekat. Namun untuk biaya service pompa air karena dinamo terbakar cukup lumayan mahal, karena beberapa komponen harus diganti.

2. Kapasitor Lemah

Penyebab pompa air keluar kecil adalah melemahnya kapasitor. Perlu diketahui kapasitor merupakan komponen yang bertugas untuk menyalurkan listrik ke dinamo, sehingga mesin pompa bisa menyala dengan sempurna.

Apabila kapasitor melemah tentu saja arus listrik yang mencapai dinamo akan berkurang, sehingga akan mengakibatkan air keluar dari pompa air menjadi lebih kecil.

Untuk memperbaiki permasalahan ini kita cukup mengganti kapasitor lama dengan yang baru. Sementara itu, untuk biaya service pompa air dengan masalah tersebut masih cukup terjangkau.

3. Impeller Aus

Seperti halnya kapasitor, impeller juga menjadi salah satu komponen penting supaya mesin pompa air dapat bekerja dengan baik. Impeller sendiri memiliki bentuk berupa piringan bulat yang bergerigi dan memiliki fungsi untuk menghisap air.

Putaran pada impeller juga akan sangat menentukan seberapa kuat mesin untuk menghisap air. Apabila impeller bermasalah atau pun aus tentu akan air yang dikeluarkan dari pompa air akan menjadi kecil.

Solusi tepat untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa mengganti impeller yang aus dengan impeller baru. Sementara itu, untuk biaya service pompa air karena masalah tersebut bisa dibilang lebih murah dibandingkan service pompa air dengan masalah dinamo terbakar.

4. Daya Isap Pompa Berkurang

Daya isap pompa air memang ditentukan oleh kondisi impeller serta kapasitor pada pompa air. Namun pada umumnya daya isap pompa air berbeda-beda, jika air keluar dari pompa air sangatlah kecil maka dapat dipastikan jika pompa air yang dibeli tidak sesuai dengan kebutuhan.

Jadi sebelum menggunakan pompa air untuk mengambil air dari sumur, sebaiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu kedalaman dari sumur tersebut. Tidak hanya itu saja, kita juga harus menyesuaikan tegangan listrik yang dialirkan ke mesin pompa tersebut.

Cara Mengatasi Pompa Air Keluar Kecil

cara mengatasi pompa air keluar kecil
Source; tokopompaonline.com

Setelah mengetahui apa saja yang menjadi penyebab pompa air keluar kecil, langkah berikutnya yakni mencari cara untuk mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa cara dalam mengatasi pompa air keluar kecil.

1. Pastikan Jarak Ujung Hisap Sesuai

Cara mengatasi pompa air keluar kecil adalah dengan memperhatikan jarak ujung hisap. Pastikan apabila jarak ujung hisap tidak terlalu tinggi. Jika pompa air memiliki daya hisap yang tidak sesuai, maka akan memberikan beban yang berlebih pada mesin.

Hal tersebut tentu akan mengakibatkan pompa air menjadi cepat rusak. Sementara itu, untuk mengatasi malah tersebut kita bisa melakukannya sendiri sehingga akan lebih menghemat biaya service pompa air tersebut.

2. Cek Daya Dorong

Seperti telah diketahui daya dorong juga menjadi faktor penyebab yang membuat pompa air keluar kecil. Hal tersebut disebabkan oleh jarak selang pengairan yang terlalu jauh dengan pompa air.

Apabila pompa air keluar kecil karena malah tersebut, kita bisa melakukan service ke tukang service pompa air. Dengan begitu teknisi tentu akan membantu kita dalam menyesuaikan jarak sumber air dengan pompa.

3. Mengganti Tutup Impeller

Fungsi impeller memang bisa dibilang sangatlah penting, karena banyak melakukan pekerjaan ketikan mesin menyala. Karena inilah yang membuat tutup impeller menjadi mudah aus.

Untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya lakukan pergantian pada tutup impeller agar air dapat mengalir dengan baik melalui mesin pompa air.

4. Bersihkan Selang Pengairan

Pompa air keluar kecil bisa juga disebabkan oleh beberapa hal salah satunya ialah adanya kotoran yang menempel pada bagian selang pengairan. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal seperti ini kita harus rajin dalam membersihkan selang pengairan tersebut.

Dengan kondisi selang pompa air yang bersih tentu akan membuat aliran air menjadi lebih besar. Nah, untuk melakukan pembersihan ini kita bisa melakukannya sendiri, sehingga dapat menghemat baya service pompa air tersebut.

Biaya Service Pompa Air

Biaya pebaikan pompa air
Source: empatpilar.com

Setelah memahami penyebab serta cara memperbaiki pompa air keluar kecil, maka hal selanjutnya yang perlu kita ketahui adalah biaya perbaikan pompa air tersebut. Dimana untuk biaya service pompa air sangatlah bervariasi tergantung dari penyebab kerusakaanya.

Nah, bagi teman-teman yang ingin mengetahui kisaran biaya service pompa air, bisa simak informasinya pada tabel dibawah ini.

Jenis ServiceBiaya
Pengecekan tanpa serviceRp 75.000
Service RinganRp 150.000
Service BesarRp 400.000
Pemasangan Pompa AirRp 150.000 – Rp300.000
Bongkar Pasang Pompa AirRp 200.000 – Rp350.000

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa biaya service pompa air tergantung dari jenis kerusakannya. Maka dari itu, sebelum melakukan perbaikan pada mesin pompa air, sebaiknya kita mencari terlebih dahulu penyebab pompa air keluar kecil.

Mungkin hanya ini informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat dan menjadi panduan ketika kita ingin melakukan service pompa air di tempat service.