Biaya Service Power Supply TV LED Termurah 2024

Biaya Service Power Supply TV LED – Power Supply menjadi salah satu komponen pada sebuah TV LED. Ketika Power Supply mengalami kerusakan, dapat dipastikan TV LED akan menjadi mati total atau tidak bisa menyala sama sekali.

Maka dari itu, mau tidak mau kita harus segera memperbaikinya dengan membawa TV tersebut ke tukang service atau service center resmi. Informasi terkait biaya service Power Supply ini tentu wajib kalian ketahui bukan?

Membahas mengenai biaya service TV LED memang cukup beragam, dimana hampir setiap jasa service memiliki patokan harga berbeda-beda. Nah biaya tersebut juga tidak termasuk dengan biaya pembelian Sparepart dan lain sebagainya.

Perlu diketahui juga bahwa setiap TV LED memiliki Power Supply dengan harga berbeda-beda. Jadi, nantinya besaran biaya service Power Supply tentu akan mengikutinya. Baiklah, daripada penasaran mari kita masuk ke pembahasan utama berikut ini.

Pengenalan Power Supply TV LED

Pengenalan Power Supply TV LED
Source: www.ricosta.id

Pada pembahasan pertama disini kami akan bahas lebih dulu mengenai Power Supply. Kita tahu bahwa komponen satu ini menjadi komponen penting dalam sebuah TV LED yang tentu memiliki peran sangat vital.

Sejak dulu sampai saat ini, Power Supply TV selalu diwajibkan memiliki tegangan keluaran yang stabil, faktor “Ripple” yang rendah dan mampu memberikan suplai banyak bagian rangkaian dalam sebuah TV dengan daya cukup.

Maka demikian, disini kita bisa tahu bahwa Power Supply TV tidak sama dengan Power Supply untuk perangkat elektronik lainnya seperti radio, audio-amplifier dan beberapa elektronik lainnya. Power Supply TV memiliki khas tersendiri.

Tegangan Power Supply TV memiliki keluaran tegangan yang digunakan untuk memberikan suplai ke berbagai bagian rangkaian dalam TV seperti Output Horizontal, Output Video, rangkaian Vertikal, rangkaian audio sampai rangkaian digital pemrograman channel.

Dulu Power Supply menerapkan sistem regulasi (pengaturan dan penstabilan) tegangan DC yang disearahkan langsung dari sumber AC 110V/220 (regulator linier). Sebagian menerapkan sistem regulasi tegangan DC disearahkan dari sumber transformator konvensional 50/60Hz.

Dan sekarang, umumnya rancangan Power Supply TV menerapkan sistem SMPS (Switching Mode Power Supply). SMPS sendiri merupakan sistem Power Supply yang memiliki efisiensi tegangan keluaran lebih stabil dan faktor ripple sangat rendah.

SPMS juga mampu menghasilkan tenaga keluaran stabil walaupun tegangan yang masuk berubah-ubah antara 90-260V. Karakter ini juga tidak dimiliki oleh Power Supply lain yang menerapkan sistem regulator linier.

Keunggulan SMPS salah satunya adalah lebih simpel dan tidak banyak memakan tempat walaupun daya dikeluarkan cukup besar. Ini juga menjadi keunggulan yang jarang dimiliki oleh Power Supply lain.

Pada dasarnya, SMPS adalah sirkuit yang menghasilkan guncangan listrik kuat berbentuk denyut tegangan dengan timming yang sempit (sekitar 11 – 7┬Ás atau lebih dari itu). Denyut listrik ini nantinya terinduksikan ke satu gulungan pada Trafo Switching untuk ditransfer ke beberapa gulungan sekundernya.

Penggunaan Trafo Switching hanya dimungkinkan untuk mentransfer denyut-denyut dengan timming sangat sempit, atau jika untuk mentransfer gelombang AC maka harus memiliki frekuensi cukup tinggi, karena tidak bisa dilakukan untuk frekuensi rendah listrik 50-60Hz.

Fungsi Power Supply TV LED

Fungsi Power Supply TV LED
Source: www.liputan6.com

Setelah kita membahas mengenai apa yang dimaksud dengan Power Supply pada TV LED, berikutnya kita akan bahas juga mengenai fungsi daripada komponen penting pada TV LED satu ini.

Berbicara mengenai fungsi, Power Supply pada TV LED memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengendalikan arus listrik agar tidak melebihi batas maksimum yang bisa ditangani oleh perangkat.
  • Berperan sebagai sumber daya cadangan dalam bentuk baterai. Sebagai contoh pada fungsi ini adalah UPS (Uninterruptible Power Supply), yang dirancang untuk mencegah pemadaman listrik ketika sumber energi utama terputus.
  • Mengubah arus tegangan tinggi AC menjadi arus tegangan rendah DC.

Power Supply memang memiliki peran penting dalam memenuhi kebutuhan listrik berbagai perangkat, salah satunya TV. Fungsi diatas juga mencakup penyesuaian tegangan naik atau turun, konversi energi menjadi arus searah, serta pengendalian daya agar output tegangan lebih stabil.

Biaya Service Power Supply TV LED

Biaya Service Power Supply TV LED
Source: multiteknik.net

Jika kalian sudah memahami informasi diatas terkait fungsi daripada Power Supply, berikut kita masuk ke pembahasan utama mengenai biaya service Power Supply. Seperti disinggung sebelumnya, biaya service TV LED untuk kerusakan Power Supply ini akan berbeda-beda tergantung dari merek TV yang akan diperbaiki.

Selain itu, biaya service di tempat resmi maupun non resmi juga akan berbeda-beda. Disini kami lebih menyarankan kepada kalian untuk memilih Service Center ketika ingin memperbaiki kerusakan Power Supply pada TV kalian.

Besaran pasti biaya service Power Supply TV LED belum bisa kami informasikan secara pasti. Mengingat setiap merek TV memiliki Power Supply dengan harga berbeda-beda. Sedangkan untuk informasi biaya jasa service umumnya berada di kisaran Rp 400.000 sampai dengan Rp 600.000. Biaya ini tidak beda jauh dengan biaya service TV LED bergaris atau mati total.

Biaya service tersebut khusus untuk service center resmi, namun beda lagi ketika kalian memilih untuk memperbaiki Power Supply TV di jasa service non resmi yang bisa jadi akan lebih murah dibandingkan dengan ketika service di service center resmi.

Sebagai pertimbangan, jika biaya service ada di kisaran Rp 400.000 sampai dengan Rp 600.000, dan untuk harga Power Supply Rp 700.000, maka disini kalian harus mempersiapkan uang untuk biaya service sekitar Rp 1.500.000.

Biaya disini kami buat lebih karena akan ada kemungkinan terjadi kerusakan pada komponen lain. Atau kalian juga bisa berkonsultasi langsung dengan service center atau jasa tukang service TV untuk bertanya lebih dulu mengenai apa saja komponen yang harus diganti.

Biaya tersebut diperlukan ketika TV LED yang kalian miliki sudah habis masa garansinya. Nah, jika masa garansi masih tersedia, maka kalian hanya perlu klaim garansinya saja ke service center terdekat. Disini kalian jadi tidak memerlukan biaya lagi karena semuanya gratis.

Sebelum memutuskan memperbaiki Power Supply TV LED, kami sarankan untuk memastikan lebih dulu apakah garansi masih tersedia atau tidak. Setelah itu, coba untuk konsultasikan masalah tersebut kepada CS Service Center lebih dulu atau jasa tukang service terpercaya.

Disini kami tekankan sekali lagi kepada kalian, bahwa biaya service ini tergantung dari merek TV LED yang akan kalian perbaiki, entah itu Samsung, LG, Panasonic, Xiaomi TV atau lainnya. Service Power Supply TV LED juga sebaiknya dilakukan di service center resmi yang terpercaya.

Kesimpulan

Dari pembahasan diatas terkait biaya service Power Supply TV LED, disini dapat kami simpulkan bahwa besaran biaya service akan tergantung pada merek TV dan juga lokasi service, baik di Service Center atau Jasa Tukang Service TV. Kami sarankan kepada kalian untuk menyiapkan biaya lebih untuk mengantisipasi adanya biaya pembelian Sparepart lain selain Power Supply yang harus diganti.