Biaya Service Radiator Mobil 2024, Pengecekan dan Kuras

Biaya Service Radiator Mobil – Radiator menjadi salah satu bagian dari komponen mobil yang memiliki fungsi sangat penting sebagai sistem pendingin. Dimana cara kerja dari radiator adalah dengan mendinginkan air panas dari mesin yang masuk de Upper tank dan pipa-pipa radiator lalu disalurkan kembali melalui lower tank.

Sementara itu, sistem pendingin ini telah didukung oleh tiga komponen lainnya seperti cairan pendingin, minyak pelumas serta udara. Ketiga elemen tersebut merupakan penentu baik atau tidaknya performa mesin mobil. Apalagi dapat dikatakan jika saat ini biaya service radiator mobil cukup terbilang mahal.

Oleh karena itu, pengguna wajib melakukan perawat radiator agar performa mobil menjadi tetap prima serta awet. Ketika radiator mobil rusak atau mengalami masalah, tentu saja temperatur pada mesin mobil tidak stabil sehingga suhu mesin akan semakin panas. Hal inilah yang menyebabkan mesin mobil menjadi overheat, dan biaya service radiator mobil pun akan semakin mahal.

Melakukan service karena overheat tentu saja berbeda dengan service AC mobil, dimana untuk melakukan service tersebut akan membutuhkan biaya besar. Oleh sebab itulah, kita harus lebih teliti ketika melakukan perawatan mobil terutama di bagian radiator. Nah, bagi kamu yang ingin melakukan service radiator berikut adalah informasi tentang biaya service radiator mobil di bengkel-bengkel resmi.

Penyebab Radiator Mobil Rusak

penyebab radiatir rusak

Melakukan service radiator tentu membutuhkan harga tidak sedikit. Hal ini dikarenakan beberapa komponen radiator seperti kipas pendingin dan pompa air memiliki harga cukup mahal. Sehingga untuk biaya penggantian komponen tersebut bisa dibilang cukup mahal.

Sementara itu, ada beberapa penyebab radiator mobil rusak salah satunya adalah adanya sumbatan pada saluran output radiator. Dengan adanya sumbatan pada saluran tersebut bukan tidak mungkin kotoran bisa mengendap pada bagian tersebut sehingga membuat proses masuknya air kedalam mesin menjadi terhambat.

Hal ini tentu membuat radiator menjadi rusak dan pengguna pun harus segera melakukan pemeriksaan agar kerusakan dibagian tersebut tidak bertambah parah. Pasalnya kerusakan pada radiator yang cukup parah tentu membutuhkan biaya service radiator mobil yang besar. Dan berikut adalah beberapa penyebab radiator mobil rusak.

  • Radiator kotor
  • Adanya kerusakan di bagian Water Pump
  • Terjadi kerusakan pada Thermostat
  • Radiator mampet atau tersumbat
  • Fan belt putus
  • kualitas radiator sudah tidak bagus

Ciri-Ciri Radiator Mobil Bermasalah

ciri ciri radiator bermasalah

Sebelum kita mengetahui kisaran biaya service radiator mobil, ada baiknya kita mengetahui ciri-ciri radiator rusak agar bisa ditangani dengan tepat. Tanda radiator mobil rusak biasa bisa dilihat dari indikator mesin yang ada di garis merah. Akan tetapi beberapa ciri-ciri lain radiator bermasalah juga bisa diketahui dari beberapa tanda lain.

Karena radiator mobil memiliki fungsi sangat peting, maka kerusakan atau pun masalah pada radiator harus segera diatasi agar tidak menyebar ke komponen lainnya. Selain itu, fungsi utama radiator pada mobil adalah menjaga agar mesin tidak cepat panas. Lantas apa saja ciri-ciri radiator mobil bermasalah? berikut informasinya.

  • Air radiator sering habis
  • Adanya tetesan air di bawah bumper depan
  • Korosi dan bocor di permukaan radiator
  • Selang input radiator sering bocor
  • Mesin sering mengalami overheat

Biaya Service Radiator Mobil

harga service radiator

Setelah kamu mengetahui penyebab serta ciri-ciri radiator rusak tentunya kamu harus segera melakukan pemeriksaan terhadap radiator tersebut agar kerusakan tidak semakin parah lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengetahui estimasi harga perbaikan radiator tersebut dan mencari tahu komponen radiator apa saja yang harus diperbaiki atau pun diganti.

Untuk melakukan service radiator sebaiknya dilakukan di bengkel resmi, pasalnya kualitas serta fasilitas service yang didapatkan jauh lebih memuaskan dibandingkan dengan bengkel biasa. Selain itu, biaya service radiator mobil di bengkel resmi biasanya lebih murah. Jika sudah menentukan tempat service radiator, berikut adalah rincian biaya service radiator di bengkel resmi.

1. Ongkos Pengecekan Radiator

Untuk melakukan pengecekan pada radiator tentu biaya atau ongkos pengecekan tidak terlalu mahal. Dimana jika kamu melakukan pengecekan radiator mobil di bengkel khusus radiator maka akan dikenakan biaya sebesar Rp 100 ribu untuk setiap kali pengecekan. Harga tersebut sudah termasuk dalam pengecekan seluruh komponen radiator, mulai dari selang hingga pengisian air radiator.

2. Ongkos Melepas Radiator Mobil

Setelah mekanik mengecek seluruh bagian radiator, tentu jika ada masalah pada radiator mekanik akan memberikan solusi buat mengatasi hal tersebut. Namun, apabila radiator mobil harus mendapatkan penanganan yang lebih spesifik dan harus melepas radiator tersebut maka akan ada biaya tambahan sekitar Rp 200 hingga Rp 250 ribu.

3. Ongkos Service Radiator

Berikutnya biaya service radiator mobil akan ditentukan pada tingkat kerusakan yang terjadi pada radiator tersebut. Jika radiator hanya mengalami kerusakan biasa, rata-rata ongkos service radiator berkisar mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 350 ribu di bengkel biasa.

Namun jika kamu melakukan service radiator di bengkel resmi umumnya dikenakan biaya service mencapai Rp 250 ribu hingga RP 500 ribu. Tapi perlu di perhatikan, jika biaya atau pun ongkos service radiator ini tergantung dengan tipe mobil, serta tingkat kerusakan pada radiator tersebut.

4. Ongkos Kuras Radiator

Dalam service radiator biasanya mekanik akan memberikan beberapa solusi supaya radiator bersih dan bebas dari kotoran, salah satunya ialah dengan mengurasnya. Namun, untuk menguras radiator tentu ada biaya tambahan yang perlu dikeluarkan dan umumnya biaya kuras radiator hanya berkisar antara Rp 20 ribu hingga Rp 50 ribu setiap kali menguras radiator. Biaya tersebut sudah termasuk biaya isi ulang air radiator.

Cara Merawat Radiator Mobil Agar Tetap Prima

cara merawat radiator mobil

Untuk menghindari radiator mobil cepat rusak ada beberapa cara merawat radiator mobil. Selain menjaga radiator tetap awet merawat radiator juga menjadi salah satu solusi menghemat pengeluaran biaya service mobil. Pasalnya untuk biaya service radiator mobil saat ini dapat dikatakan cukup mahal untuk setiap kali melakukan service.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk selalu menjaga dan merawat radiator mobil agar tidak mudah rusak. Selain itu, merawat radiator juga akan membuat performa mobil tetap prima dan mesin juga tidak akan cepat panas. Dan berikut adalah beberapa cara untuk merawat radiator mobil agar tetap prima.

1. Perhatikan volume air radiator

Tips merawat radiator agar tidak cepat rusak adalah dengan memperhatikan volume air radiator. Dengan memberikan volume air yang cukup pada radiator maka temperatur atau pun suhu pada mesin mobil menjadi lebih stabil. Namun jika volume air radiator kurang tentu akan mengakibatkan overheat dan mesin mobil menjadi cepat panas. Hal ini tentu akan membuat performa mobil menjadi berkurang.

2. Bersihkan tangki radiator secara berkala

Selanjutnya kamu juga bisa menguras radiator. Hal ini bertujuan untuk menghindari komponen radiator yang tersumbat dari logam korosi. Kamu bisa menguras radiator secara berkala yakni setiap 2 minggu sekali. Apalagi biaya service radiator mobil menguras tank radiator ini lebih terjangkau dibandingkan dengan biaya ganti radiator.

3. Gunakan air bersih untuk mengisi radiator

Menjaga radiator mobil tetap awet juga harus diperhatikan dari kualitas air untuk mengisi radiator. Kami sarankan untuk mengisi air radiator menggunakan air PAM atau air mineral. Hindari menggunakan air kotor untuk isi ulang radiator karena air kotor biasanya mengandung kadar besi tinggi sehingga bisa mengakibatkan karat pada radiator.

4. Pastikan tutup radiator tertutup dengan rapat

Berikutnya pastikan jika tutup radiator tertutup dengan rapat. Hal ini bertujuan untuk menghindari kebocoran pada radiator ketika mendinginkan temperatur mesin yang panas. Dengan merawat radiator secara rutin dan berkala tentu akan mengurangi biaya biaya service radiator mobil yang semakin lama semakin mahal.

Kesimpulan

Demikian informasi tentang biaya service radiator mobil serta cara merawatnya. Dengan melakukan perawatan terhadap radiator secara rutin maka akan membuat performa mesin mobil menjadi lebih prima serta radiator pun akan lebih awet dan tahan lama. itulah informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga bisa bermanfaat bagi kamu semuanya.

Sumber Gambar:

  • astra-daihatsu.id
  • pinhome.id
  • duitpintar.com
  • reparasimobil.com