Biaya Service Rice Cooker Semua Merek dan Penyebabnya

Digunakan setiap hari untuk menanak nasi, menjadikan rice cooker kerap mengalami masalah seperti tidak panas dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, penting bagi pengguna rice cooker untuk mengetahui informasi tentang biaya service rice cooker sebagai perbandingan saat melakukan service.

Umumnya biaya service rice cooker di tentukan berdasarkan tingkat kesulitan dalam perbaikannya. Apalagi saat ini banyak berbagai macam penyebab rice cooker tidak panas yang dapat mempengaruhi biaya perbaikannya.

Sebenarnya untuk mengemat ada beberapa cara untuk menghemat biaya service rice cooker, salah satunya ialah dengan memperbaikinya sendiri. Tapi, sebelumnya kita harus mengetahui terlebih dahulu cara memperbaikinya. Namun, jika kerusakan terlalu parah sebaiknya kita bawa ke tempat service elektonik.

Namun, berapakah biaya service rice cooker di tempat service? Bagi teman-teman yang ingin tahu informasi tentang biaya perbaikan rice cooker, bisa simak secara langsung pada artikel dibawah ini.

Penyebab Rice Cooker Tidak Panas

Penyebab rice cooker tidak panas
Source: pinhome.id

Sebelum membahas lebih lanjut tentang biaya service rice cooker, sebaiknya kita mencari tahu apa saja yang menjadi penyebab rice cooker tidak panas. Untuk lebih jelasnya berikut penyebab rice cooker tidak panas.

1. Kabel Listrik

Penyebab pertama rice cooker tidak panas yakni kabel listrik. Perlu diketahui kabel merupakan salah satu komponen elektronik yang sangat rentan rusak. Apalagi ada berbagai macam penyebab kabel rusak mulai dari usai kabel bahkan kabel putus.

Selain itu, kabel rice cooker juga kerap mengalami longgar pada bagian stekernya yang disebabkan oleh penggunaan tidak sesuai. Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa mengunakan multimeter untuk mengeceknya.

Jika terdapat masalah pada bagian kabel, untuk mengatasi hal tersebut kita tidak membutuhkan biaya terlalu besar untuk melakukan service rice cooker. Karena kita bisa mengatasinya sendiri tanpa perlu membawa rice cooker ke tempat service elektronik.

2. Elemen Pemanas

Penyebab yang membuat rice cooker tidak panas adalah adanya kerusakan dibagian elemen pemanasnya. Seperti telah diketahui, elemen pemanas memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah rice cooker.

Dimana elemen pemanas didalam rice cooker memiliki bentuk seperti stiker atau lakban yang diletakkan di sekeliling tempat nasi. Jadi apabila bagian ini rusak tentu rice cooker tidak panas.

Maka dari itu, kita harus segera mengatasinya agar elemen pemanas bisa berfungsi kembali. Dan umumnya kerusakan pada elemen pemanas bisa disebabkan oleh kesalahan tegangan.

Untuk memperbaiki bagian ini tentu tidaklah mudah, kerana kita harus membongkar beberapa bagian rice cooker agar bisa mengganti elemen pemanas tersebut. Untuk itu, sebaiknya kita membawa rice cooker ke tempat service agar bisa ditangani dengan benar.

3. Sekring

Sekring atau saklar juga menjadi sebuah bagian penting bagi sebuah rice cooker. Dimana saklar pemanas memiliki fungsi sebagai pengubah aliran listrik ke elemen pemanas.

Pada umumnya rice cooker memiliki dua elemen pemanas, jadi apabila ada kerusakan pad bagian saklar tentu saja rice cooker tidak dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Hal ini disebabkan, tidak adanya aliran listrik yang masuk ke elemen pemanas. Kerusakan pada saklar pemanas tentu harus segera diatasi, meskipun kita harus mengeluarkan biaya service rice cooker yang cukup lumayan mahal.

4. Termostat

Termostat pada rice cooker sering disebut dengan pembatas suhu yang berfungsi untuk menjaga elemen pemanas agar tidak terlalu panas. Hal ini didapat dilihat apabila nasi telah benar-benar matang rice cooker akan dialihkan pada setelah warm.

Termostat terletak dibagian tengah elemen pemanas berbentuk logam silinder. Apabila termostat tidak berfungsi, tentu akan menyebabkan elemen pemanas mati sebelum mendapatkan kesempatan untuk cukup panas.

Untuk mengetahui termostat rusak, kita dapat mengujinya dengan multimeter. Apabila termostat benar rusak maka, sebaiknya kita segera mengatasi hal tersebut dengan mengganti termostat baru.

Namun untuk mengganti termostat lama dengan yang baru cukup rumit, sehingga kita harus membawanya ke tukang service elektronik. Dan untuk biaya service rice cooker karena masalah ini akan ditentukan oleh jenis rice cooker hingga tingkat kesulitan dalam menggantinya.

Cara Mengatasi Rice Cooker Tidak Panas

Setelah mengetahui penyebab yang membuat rice cooker tidak panas, langkah selanjutnya mencari cara untuk bisa mengatasi hal tersebut. Berikut adalah cara mengatasi rice cooker tidak panas.

1. Cek Pemanas

Untuk mengatasi rice cooker tidak panas kita bisa melakukan pemeriksaan pada pemanas dan juga termostat. Pastikan jika kedua komponen tersebut tidak rusak atau pun terbakar.

Apabila kedua komponen tersebut rusak maka kita harus segera mengganti komponen tersebut agar rice cooker dapat berfungsi kembali. Untuk mengganti komponen tersebut kita bisa membawa rice cooker ke tempat service elektronik.

2. Ganti Komponen Yang Rusak

Mengganti komponen yang rusak pada rice cooker memang dibutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi harga komponen rice cooker cukuplah mahal.

Maka dari itu untuk melakukan service rice cooker kita harus menyediakan biaya sesuai dengan kerusakan pada rice cooker. Dan makin banyak komponen yang diganti maka akan semakin mahal pula biaya service rice cooker nya.

3. Bersihkan secara Rutin

Membersihkan rice cooker secara rutin merupakan salah satu cara untuk menjaga rice cooker agar tidak mudah rusak. Kita bisa melakukan pembersihan pada beberapa bagian yang terdapat kotoran atau pun kerak menempel.

4. Periksa Tegangan Listrik

Karena tegangan listrik yang berlebih dapat mengakibatkan rice cooker rusak, maka kita diwajibkan untuk selalu melakukan pengecekan pada tegangan listrik. Sementara itu, pastikan pula jika tegangan listrik yang diterima rice cooker sesuai dengan spesifikasinya.

Biaya Service Rice Cooker

Biaya perbaikan rice cooker
Source: cdn.antaranews.com

Seperti halnya kulkas, rice cooker merupakan salah satu barang elektronik rumah tangga yang sering dijumpai disetiap rumah khususnya bagian dapur. Rice cooker sendiri memiliki fungsi sebagai alat penanak nasi yang cukup praktis.

Namun sebagai alat elektronik yang sering digunakan dalam jangka waktu lama, rice cooker kerap mengalami beberapa masalah seperti tidak panas, terbakar hingga mati total. Jika hal ini terjadi kita tentu wajib untuk memperbaiki rice cooker agar dapat digunakan kembali.

Untuk memperbaiki rice cooker yang tidak panas kita bisa memperbaikinya sendiri atau bisa juga membawanya ke tukang service elektronik. Namun, jika memperbaiki rice cooker di tempat service tentu kita membutuhkan biaya yang cukup lumayan mahal.

Apalagi untuk biaya service rice cooker saat ini ditentukan oleh jenis rice cooker serta tingkat kesulitan dalam memperbaikinya. Jadi semakin sulit dalam memperbaikinya tentu akan semakin mahal pula biaya perbaikannya.

Tips Merawat Rice Cooker Agar Awet

Tips merawat rice cooker
Source: static.promediateknologi.id

Untuk menghemat biaya service rice cooker, tentu kita harus menjaga agar rice cooker tidak rusak. Maka dari itulah, penting bagi kita mengetahui tips merawat rice cooker agar tetap awet. Dan berikut adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga rice cooker tetap awet.

  • Usahakan untuk tidak mencuci beras di panci rice cooker
  • Gunakan rice cooker sesuai kapasitas
  • Cek pada bagian penampung uap air
  • Bersihkan panci dengan bahan lembut
  • Pastikan selalu bagian luar panci kering
  • Pakai sendok sesuai produk bawaan rice cooker

Fungsi Rice Cooker

fungsi rice cooker
Source: jayaagungmesin.com

Selain digunakan untuk menanak nasi rice cooker juga kerap digunakan untuk berbagai macam keperluan memasak. Terlebih rice cooker saat ini menawarkan berbagai macam fitur menarik yang akan memberikan kemudahan bagi kita dalam memasak.

Untuk lebih jelasnya berikut adalah fungsi rice cooker selain untuk menanak nasi, berikut informasinya.

  • Memasak Mie instasn
  • Goreng telur
  • Merebus sayur
  • Membuat jelly
  • Membuat kue bolu

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan mengenai biaya service rice cooker. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat serta menjadi sebuah referensi kita saat ingin melakukan service rice cooker.