Biaya Service TV LCD Bergaris, Penyebab dan Cara Memperbaiki

Meski tidak berbahaya namun layar TV bergaris tentu akan sangat mengganggu kenikmatan kita dalam menonton sebuah acara di TV. Untuk mengatasi hal tersebut, informasi tentang biaya service TV LCD bergaris menjadi hal penting sebagai pembanding ketika akan melakukan service TV.

Umumnya LCD TV bergaris disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari kabel kendor hingga LCD rusak akibat benturan. Selain itu, layar TV bergaris juga bisa ditimbulkan oleh kesalahan kita dalam merawat TV, misalnya saja sering mengelap TV dengan lap yang basah.

Maka dari itulah, kita harus benar-benar memahami perawatan TV yang baik dan benar. Selain itu, mengetahui cara memperbaiki TV LCD bergaris juga sangat diperlukan, sehingga kita dapat menghemat biaya service TV LCD bergaris yang dikeluarkan.

Sementara itu, biaya service TV LCD bergaris juga ditentukan berdasarkan besar kecilnya ukuran TV serta tingkat kerusakan TV tersebut. Nah, bagi sobat biayaservice.com yang masih bingung tentang biaya perbaikan LCD TV bergaris, bisa simak informasinya pada artikel dibawah ini.

Penyebab TV LCD Bergaris

penyebab TV LCD bergaris
Source: asset.kompas.com

Sebelum mengetahui biaya service TV LCD bergaris tentu saja kita harus mencari tahu apa saja yang menjadi penyebabnya. Hal ini bertujuan agar kita bisa mencari solusi untuk memperbaikinya.

Perlu diketahui jika LCD TV bergaris tentu dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan berikut adalah beberapa penyebab yang menjadikan layar TV bergaris:

1. LCD Rusak

Untuk penyebab LCD TV bergaris yang pertama adalah rusaknya LCD TV. Kerusakan tersebut dapat dikarenakan adanya benturan benda keras. Hal ini tentu akan menimbulkan beberapa masalah pada layar TV salah satunya adalah munculnya garis-garis di layar TV.

Untuk mengatasi masalah ini tentunya kita perlu mengganti panel LCD agar TV bisa kembali normal. Namun perlu diingat! Jika perbaikan LCD TV rusak tentu akan memakan biaya service lebih mahal, mengingat harga LCD TV juga tidaklah murah.

2. Masalah Pada Board T-Con

Penyebab LCD TV bergaris berikutnya adalah terjadi masalah pada Board T-Con. Seperti telah diketahui board T-Con memiliki fungsi sebagai kontrol untuk menghidupkan panel TV sehingga dapat menghasilkan kualitas video lebih bagus.

Dengan adanya masalah pada board T-Con tentu saja akan menimbulkan beberapa masalah pada layar TV seperti munculnya garis-garis pada layar. Untuk memperbaiki masalah seperti ini akan membutuhkan biaya lebih murah dibandingkan service TV dengan permasalahan LCD rusak.

3. Kabel Bermasalah

Banyak penyebab yang menimbulkan layar TV menjadi bergaris, salah satunya adalah masalah pada kabel terutama kabel longgar. Kabel longgar tentu saja akan mengakibatkan koneksi menjadi buruk dan tidak stabil.

Hal tersebut tentu akan berkaitan dengan kualitas kabel tersebut. Pasalnya saat ini ada berbagai macam kabel yang dapat bertahan berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tapi ada juga beberapa jenis kabel TV yang tidak berfungsi selama digunakan karena kualitasnya jelek.

4. Rangka TV Berkarat

Untuk biaya service LDC TV bergaris yang disebabkan oleh rangka atau pun frame berkarat tentu tidak semahal dibayangkan. Hal ini memang umum terjadi pada sebuah TV, pasalnya frame TV terbuat dari logam.

Terlebih frame TV terletak di area lembab sehingga sangat mudah berkarat. Karena letaknya berdekatan dengan T-Con tentu saja frame TV berkarat dapat menimbulkan garis-garis pada layar TV.

5. Adanya Kotoran dan Debu

Penyebab layar TV bergaris selanjutnya adalah terjadi penumpukan debu serta kotoran pada komponen TV. Apabila kotoran serta debu menumpuk di dalam TV, tentu saja akan menyebabkan panas berlebih pada TV.

Hal inilah yang mengakibatkan munculnya garis-garis pada layar TV. Selain itu, untuk biaya service TV LCD bergaris dengan masalah seperti ini tentu akan lebih terjangkau dibandingkan jika harus mengganti LCD rusak.

6. TV Menyala Fill 24 Jam

Selain beberapa masalah diatas penyebab lain yang mengakibatkan LCD TV bergaris adalah membiarkan TV terus menyala 24 jam nonstop. Jika hal ini dilakukan terus menerus tentu banyak komponen TV yang mengalami panas berlebih sehingga mengakibatkan timbulnya garis-garis pada layar TV.

7. Penggunaan Lap Basah Pada Layar

Salah satu penyebab timbulnya garis pada LDC TV adalah kebiasaan mengelap layar TV dengan lap basah. Hal ini tentu akan mengakibatkan lapisan air menguap ke bagian dalam TV sehingga dapat menimbulkan korslet.

Cara Memperbaiki TV LCD Bergaris

Setelah mengetahui penyebab pasti TV LCD bergaris, tentu saja kita tinggal mencari solusi terbaik untuk memperbaiki layar TV yang bergaris tersebut. Nah, sebelum memutuskan untuk membawa TV ke tukang service TV, berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi TV LCD bergaris mudah dan cepat.

1. Periksa Komponen

Untuk mengatasi TV LCD bergaris pertama adalah dengan memeriksa beberapa komponen TV. Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kerusakan pada beberapa komponen yang diakibatkan karena adanya karat.

2. Atur Ulang TV

Cara mengatasi TV LCD bergaris berikutnya adalah dengan mengubah atau pun mengatur ulang pengaturan pada TV. Hal ini dilakukan jika penyebab utama TV bergaris bukan karena kerusakan. Kita bisa mencoba untuk mengalihkan input dari port HDMI ke port AV berbeda.

Jika dengan cara ini bisa berhasil tentu saja, biaya service LCD TV bergaris akan jauh lebih murah dibandingkan harus menghubungi teknisi TV untuk memperbaikinya. Pasalnya juga dapat melakukan sendiri hal tersebut asalkan mengetahui caranya.

3. Periksa Kabel Konektor

Langkah berikutnya dalam memperbaikinya layar TV bergaris adalah dengan memeriksa kabel konektor apakah sudah terpasang benar atau belum. Pasalnya apabila kabel konektor tidak terpasang dengan benar kemungkinan besar dapat menyebabkan timbulnya garis-garis pada layar TV.

Jadi sebelum memutuskan untuk membawa TV ke tukang service lebih baik cek terlebih dahulu kabel konektor. Usahakan agar kabel terpasang dengan benar dan tidak goyang dalam pemasangannya.

4. Ganti Komponen

Jika layar LCD bergaris dikarenakan ada beberapa komponen rusak, solusi paling tepat ialah dengan mengganti komponen tersebut. Namun, untuk mengganti komponen TV yang rusak tentu akan memakan biaya tidak sedikit, apalagi jika kerusakan terjadi pada LCD.

Maka dari itulah, sebelum memperbaiki layar LCD yang bergaris lebih baik cari informasi terlebih dahulu terkait dengan berapa kisaran biaya untuk melakukan service TV baik merek Coocaa atau pun beberapa merek ternama lainnya seperti SHARP.

5. Hubungi Teknisi TV

Apabila semua cara diatas tidak membawakan hasil maksimal, hal terakhir dalam melakukan perbaikan TV layar bergaris adalah dengan menghubungi teknisi TV profesional agar dapat menemukan apa saja kerusakan yang mungkin terjadi pada TV tersebut.

Dengan tukang service TV profesional kita juga dapat membandingkan besar kecilnya kerusakan TV tersebut, sehingga kita bisa menentukan untuk memperbaiki TV atau membeli TV yang baru saja.

Biaya Service TV LCD Bergaris

Biaya service TV LCD
Source: hometronik.web.id

Setelah kita mengetahui penyebab serta cara memperbaiki TV LDC bergaris, langkah selanjutnya kita juga harus mengetahui berapa kisaran biaya untuk melakukan service TV LCD bergaris tersebut. Umumnya TV bergaris memang ditimbulkan oleh beberapa penyebab, sehingga biaya service nya pun bervariasi.

Namun, untuk biaya pengecekan TV umumnya teknisi TV akan mengenakan biaya sebesar Rp 85.000. Sedangkan untuk jasa service TV LCD bergaris berkisar antara Rp 200.000 hingga Rp 350.000. Biasanya harga tersebut ditentukan oleh ukuran TV yang diservice.

Namun hal tersebut akan berbeda jika layar bergaris tersebut dikarenakan LCD rusak. Maka tentu kita harus mengganti agar layar TV bisa kembali normal. Untuk biaya ganti LCD TV juga ditentukan berdasarkan ukuran dan jenis TV makin besar dan makin bagus merek TV maka akan semakin mahal pula biaya ganti LCD TV tersebut.

Tips Merawat TV LDC Agar Gambar Jernih

Mengingat biaya service TV bergaris tidaklah murah, maka dari itu penting bagi kita untuk mengetahui cara merawat TV LCD yang baik dan benar. Hal berguna untuk menjaga kualitas TV agar gambar tetap jernih, awet dan tahan lama. Berikut adalah cara merawat TV LCD yang benar.

  • Pakai stabilizer
  • Hindarkan TV dengan komponen magnet
  • Batasi penggunaan TV agar tidak terjadi overheat
  • Tempatkan TV di tempat yang benar
  • Jangan menggunakan penutup TV berbahan kain

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat disimpulkan jika untuk biaya service TV LDC bergaris cukup bervariasi tergantung dari jenis dan ukuran TV. Selain itu, ada banyak penyebab yang menimbulkan layar TV bergaris mulai dari masalah pada kabel hingga LCD rusak.

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan, semoga informasi diatas bisa bermanfaat serta menjadi referensi kita ketika ingin memperbaiki TV LCD bergaris.