Biaya Service TV LED LG Layar Gelap Termurah 2024

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap – Dalam penggunaan TV LED LG, mungkin banyak dari kamu yang pernah mendapati masalah layar TV gelap. Tapi, kamu masih ragu untuk memperbaikinya, karena takut biaya nya mahal.

Bicara mengenai biaya service komponen layar Televisi memang seringkali menjadi momok bagi banyak orang. Sebab, tidak jarang perbaikan layar TV LED LG membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah. Lalu, apakah kisaran biaya tersebut juga berlaku ketika service TV LED layar gelap?

Sebenarnya besar kecil nya biaya service pada TV LED LG layar gelap disesuaikan dengan penyebabnya. Jika layar TV menjadi gelap disebabkan oleh hal-hal kecil, seperti kabel terselip atau komponen ringan lainnya, mungkin biaya yang dibutuhkan tidak sampai 500 ribuan.

Tapi, ketika layar TV LED gelap atau bahkan mati total setelah layar mengalami benturan, maka besar kemungkinan kamu akan dikenai biaya lebih mahal. Baiklah, daripada penasaran, berikut ini telah kami siapkan informasi biaya service TV LED LG yang mengalami layar gelap.

Kenapa TV LED LG Tidak Ada Gambar

Kenapa TV LED LG Tidak Ada Gambar
source: Youtube/ Anak Agung Duwi Arsana

LG merupakan satu dari sekian banyak produsen TV ternama di Indonesia. Sampai saat ini ada banyak jenis dan tipe TV yang diproduksi oleh LG, salah satunya adalah TV LED (Light Emitting Diode).

TV LED LG menawarkan gambar tampilan lebih jernih dan tajam berkat teknologi yang dimilikinya. Terlepas dari keunggulan TV LED dibandingkan TV LCD maupun TV Tabung, produk Elektronik dari LG yang satu ini tentu tidak bisa lepas dari suatu masalah.

Ya, masalah atau kendala yang bisa dialami pengguna TV LED merk LG adalah layar gelap atau tidak ada gambar. Untuk masalah seperti ini bisa terbagi menjadi beberapa macam, seperti:

  • Layar gelap, tidak ada gambar tapi masih ada suara
  • Layar gelap, tidak ada gambar dan suara juga tidak ada
  • Layar gelap / mati total

Selain ketiga masalah di atas, TV LED dari LG juga bisa mengalami kendala berupa layar bergaris, suara hilang dan lain sebagainya. Tapi, pada pembahasan kali ini Tim biayaservice.com bakal menjelaskan secara lebih detail mengenai permasalahan TV LED layar gelap.

Jadi, perlu diketahui bahwa TV LED tidak ada gambar bisa terjadi karena beberapa faktor. Di bawah ini telah kami rangkum daftar penyebab paling umum dari TV LED LG layar gelap, antara lain:

1. Backlight Mati

Penyebab pertama adalah lampu Backlight pada TV LED LG mati. Perlu Diketahui bahwa lampu yang berada di bagian belakangan lapisan layar ini berfungsi untuk menampilkan gambar ke layar TV LED. Jika lampu ini mati, otomatis layar TV LED menjadi gelap ketika dinyalakan.

2. Kerusakan Pada Modul T-Con

Selain itu, TV LED LG layar gelap juga bisa disebabkan oleh adanya kerusakan pada modul T-Con. Hampir sama seperti Backlight, dimana modul T-Con juga berfungsi untuk menampilkan gambar di layar. Biasanya, modul T-Con rusak atau bermasalah karena IC utama dari modul tersebut serta transistor nya putus.

3. IC COF Terbakar

Dalam panel layar TV LED terdapat beberapa panel dan komponen, salah satunya adalah IC COF. Ketika komponen tersebut terbakar, maka dampaknya layar TV LED LG berubah menjadi gelap saat dinyalakan.

4. Pemasangan Kabel LVDS

Beberapa kasus TV LED LG layar gelap juga dialami karena kabel LVDS terlepas dari soket nya. Bahkan, ketika pemasangan kabel ini tidak kencang atau longgar pun tetap bisa menyebabkan layar gelap atau tidak ada gambar.

5. Settingan TV LED Berubah

Sedangkan alasan terakhir kenapa TV LED LG layar gelap adalah settingan pada TV berubah. Atau bisa juga karena adanya masalah pada sinyal frekuensi beberapa Channel.

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap

Biaya Service TV LED LG Layar Gelap
source: Youtube/ Agus Elektronik

Setelah mengetahui beberapa penyebab layar gelap pada TV LED LG, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan utama dari artikel ini, yaitu berapa biaya service TV LED LG layar gelap. Nah, untuk urusan biaya, semua ditentukan oleh beberapa faktor.

Salah satunya faktor merk, jika dibandingkan dengan Coocoa, Changhong dan beberapa merk TV China lainnya, LG jelas memiliki kualitas lebih unggul. Oleh karena itu, biaya service TV LG juga mungkin lebih mahal. Selain itu, biaya service juga bisa dipengaruhi oleh beberapa hal sebagai berikut:

  • Tempat Service

Pertama, setiap tempat service yang melayani perbaikan layar gelap atau tidak ada gambar mungkin menerapkan ketentuan biaya jasa berbeda-beda. Masing-masing tempat servis TV LED tidak ada gambar juga memiliki kualitas perbaikan berbeda-beda, tergantung pengalaman dan teknisi nya.

  • Ukuran Layar

Selain itu, LG juga memproduksi TV LED dari berbagai macam ukuran layar, yaitu antara 19 inch hingga 42 inch. Nah, masing-masing ukuran layar TV nantinya menerapkan biaya berbeda-beda, semakin besar ukuran layar nya maka semakin mahal biaya service nya.

  • Tingkat Kerusakan

Kemudian, biaya service perangkat Elektronik, tak terkecuali TV LED layar gelap juga bisa dipengaruhi oleh tingkat kerusakan. Jika melihat daftar penyebab TV LED LG layar gelap di atas, beberapa mungkin ada yang bisa diperbaiki dengan cara ganti Part-part ringan atau memperbaiki pemasangan kabel.

Tapi tidak menutup kemungkinan juga kalau perbaikan TV LED layar gelap wajib dilakukan pergantian Panel maupun Modul baru. Dengan begitu, biaya service yang dibutuhkan mungkin bisa lebih dari 500 ribu bahkan sampai jutaan rupiah.

Sementara itu, mengenai estimasi atau kisaran biaya service TV LED LG layar gelap, kami berhasil mendapatkan informasi dari beberapa sumber. Jadi, biaya service TV LED LG tidak ada gambar dibanderol antara 50 ribu sampai 300 ribuan, tergantung penanganan dan ukuran layar nya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak rincian nya berikut ini:

Biaya Berdasarkan Ukuran

  • 19 – 24 Inch

Untuk TV LED LG dengan ukuran layar 19 sampai 24 Inch akan dikenai biaya service antara Rp. 100.000 – Rp. 200.000.

  • 32 Inch

Sedangkan untuk TV LED LG dengan layar 32 Inch, biaya service nya sedikit lebih mahal, yaitu sekitar Rp. 250.000.

  • 32 – 42 Inch

Lalu, pada TV LED LG 32 – 42 Inch, setiap pemilik akan dikenai biaya sekitar Rp. 250.000 – Rp. 300.000.

  • 42 Inch

Terakhir, pada layar TV 42 Inch ke atas, biaya service nya sekitar Rp. 300.000 sampai Rp. 500.000.

Biaya Berdasarkan Penanganan

Di atas merupakan daftar biaya service berdasarkan ukuran layar TV LED LG, belum termasuk biaya penanganan. Nah, untuk jenis penanganan nya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Pengecekkan

Jika teknisi hanya melakukan pengecekkan saja, maka kamu hanya perlu membayar biaya sebesar Rp. 50.000 sampai Rp. 85.000 (sesuai ketentuan tempat service).

  • Perbaikan / Ganti Komponen

Tapi jika tingkat kerusakan pada layar TV LED LG cukup parah dan perlu ganti beberapa komponen, maka biaya service nya jadi lebih mahal. Berikut telah kami siapkan tabel biaya pergantian komponen TV LED LG untuk memperbaiki layar gelap (tidak ada gambar):

Ukuran LayarBiaya Ganti
14 – 19 InchRp. 300.000 – Rp. 750.000
24 – 32 InchRp. 800.000 – Rp. 1.750.000
39 – 42 InchRp. 1.500.000 – Rp. 3.000.000
50 – 55 InchRp. 4.000.000 – Rp. 5.000.000

Catatan: Informasi biaya di atas hanya estimasi atau perkiraan. Biaya service TV LED LG layar gelap bisa berubah sewaktu-waktu dan setiap tempat service juga bisa memiliki ketentuan berbeda-beda.

Tips Service Layar Gelap Pada TV LED LG

Tips Service Layar Gelap Pada TV LED LG
source: alamat.lebahmaster.com

Sampai disini, kami sudah memberitahukan berapa perkiraan biaya service TV LED LG tidak ada gambar. Jika melihat rincian biaya di atas, jasa perbaikan atau service TV layar gelap jelas lebih murah dibandingkan biaya service TV LED mati total.

Apalagi jika layar TV LED mati total harus ganti perangkat, mungkin biaya nya bisa mendekati 10 juta rupiah. Sedangkan pada TV LED LG layar gelap, biaya ganti Part atau komponen dibanderol antara 300 ribu sampai 5 jutaan.

Nah, terlepas dari urusan biaya, bagi kamu yang mungkin hendak memperbaiki TV LED LG tidak ada gambar, kami sarankan untuk menerapkan beberapa tips service berikut ini:

1. Cari Tempat Service Terbaik

Pertama, carilah tempat service TV LED tidak ada gambar terdekat dan sudah terjamin kualitas nya. Saat ini, service center LG hampir tersedia di semua Kota di Indonesia. Disana terdapat teknisi profesional yang siap memperbaiki kerusakan tersebut.

2. Cek Ketentuan Biaya

Kedua, jangan tergiur jasa service dengan biaya murah, karena bisa jadi mereka punya niat buruk mengganti Part Original dari TV LED LG kamu dengan yang palsu atau imitasi. Alih-alih TV diperbaiki, justru perangkat tersebut menjadi ajang pencurian oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Maka dari itu, carilah tempat service terpercaya, meskipun biaya service mahal, tapi TV LED LG yang tadinya tidak ada gambar bisa normal kembali.

3. Manfaatkan Fitur Garansi

Terakhir, kamu bisa menanyakan pada petugas teknisi atau tempat service mengenai kartu garansi TV LED LG yang dimiliki, apakah fitur tersebut bisa digunakan atau tidak. Jika ternyata masih bisa, maka kamu bakal menerima potongan biaya service hingga 50%, atau bahkan tidak perlu bayar sama sekali.

Kesimpulan

Jadi, biaya service TV LED LG layar gelap masih cukup terjangkau, yaitu antara 50 ribu sampai 500 ribuan. Tapi, jika perlu mengganti Part, modul atau komponen untuk memperbaiki layar TV LED tidak ada gambar, maka biaya nya bisa sampai 5 jutaan, tergantung ukuran layar dan jenis komponen yang dibutuhkan.

Sementara itu, untuk menghindari TV LED LG mengalami masalah di atas, kamu bisa memeriksa kabel LVDS, pastikan sudah terpasang dengan benar pada soket nya. Selain itu, hindari kontak langsung dengan layar TV, karena hal tersebut juga bisa memicu berbagai kerusakan layar, tak terkecuali TV LED LG layar gelap.