Biaya Service TV LED Mati Total Termurah 2024

Biaya Service TV LED Mati Total – Sebagai pengguna TV LED, mungkin kamu pernah mengalami masalah layar TV tersebut mati total? Untuk melakukan service TV LED ketika mati total, tentu saja kamu membutuhkan biaya, karena masalah ini hampir tidak bisa ditangani sendiri.

Pada kasus TV LED mati total, penanganan nya tidak sama seperti service TV Tabung mati total. Service TV LED mati total perlu proses lebih rumit karena menyangkut sistem Modul hingga bagian dalam perangkat. Oleh karena itu, wajar jika biaya servis yang diterapkan juga lebih mahal.

Layar TV LED mati total biasanya terjadi akibat benturan pada layar. Perlu diketahui bahwa layar Televisi LED jauh lebih sensitif dibandingkan layar TV LCD maupun TV Tabung. Selain itu, masalah tersebut juga bisa bersumber dari adanya kerusakan komponen atau Part di bagian dalam.

Lantas, berapa kiranya biaya yang dibutuhkan untuk service TV LED mati total? Apakah sampai jutaan rupiah? Berikut ini telah kami siapkan informasi terkait biaya service hingga penyebab TV LED mati total.

Biaya Service TV LED Mati Total

Biaya Service TV LED Mati Total
source: Youtube/ Anak Agung Duwi Asrana

Berbagai produsen TV ternama seperti Polytron, Samsung, Sharp dan Sony telah merilis banyak tipe TV LED. Perangkat ini menjadi pilihan banyak masyarakat karena menampilkan gambar lebih jernih dan juga tajam.

Resolusi yang ditawarkan TV LED mulai dari HD, Full HD, 4K hingga 8K. Meskipun memiliki keunggulan dari segi tampilan layar, penting kamu ketahui bahwa TV LED juga cukup rawan mengalami kerusakan.

Dalam beberapa kasus, pemilik TV LED mengalami masalah berupa layar bergaris, layar tidak ada gambar tapi ada suara. Selain itu, ada juga TV LED yang bisa dinyalakan, tapi layar gelap.

Bahkan, lebih parahnya lagi TV LED bisa mengalami mati total alias tidak bisa dinyalakan sama sekali. Ketika mendapati masalah seperti ini, mungkin kamu menganggap bahwa perangkat tersebut sudah rusak parah dan perlu beli TV baru.

Layar LED mati total memang termasuk dalam kategori permasalahan serius, tapi sebenarnya masalah tersebut masih bisa diperbaiki. Sekarang ada banyak service center dari berbagai merk TV, seperti Samsung, Sharp, Polytron dan lain sebagainya.

Setiap gerai service center biasanya melayani segala jenis penanganan masalah, tak terkecuali service TV LED mati total. Sementara itu, perlu diketahui bahwa setiap service center mungkin menerapkan biaya perbaikan layar TV LED berbeda-beda.

Artinya, pada TV Cocoa dan Sharp yang sama-sama mengalami mati total, ketika di bawa ke service center, nantinya biaya yang dibebankan pasti terdapat selisih. Entah lebih mahal biaya service di service center Sharp maupun Samsung.

Selain itu, biaya service juga disesuaikan dengan ukuran layar TV LED. Saat ini, TV LED di pasaran Indonesia tersedia dalam beberapa pilihan ukuran layar, mulai dari 24″ sampai 70″. Semakin besar ukuran layar nya, maka semakin mahal biaya service nya.

Berikut ini adalah estimasi biaya service TV LED mati total berdasarkan ukuran layar nya:

1. TV LED 24″ – 30″

Untuk service layar TV LED berukuran 24″ sampai 30″ biasanya kamu akan dikenai biaya antara Rp. 150.000 – Rp. 200.000.

2. TV LED 32″ – 42″

Sedangkan untuk TV LED dengan ukuran layar 32″ sampai 42″, biaya service ketika layar mati total dibanderol kisaran Rp. 250.000 – Rp. 300.000.

2. TV LED 43″ – 70″

Lalu bagi para pemilik TV LED ukuran 43″ sampai 70″, biaya service yang dibebankan ketika layar mati total tentu saja lebih mahal, yaitu kisaran Rp. 350.000 – Rp. 400.000.

Biaya di atas hanya berlaku ketika perbaikan dilakukan di service center. Selain itu, biaya Rp. 150.000 sampai Rp. 400.000 juga hanya digunakan untuk membayar jasa service jika tidak perlu ganti part atau komponen apapun.

Apabila terdapat komponen yang rusak dan wajib diganti, maka biaya nya akan lebih mahal. Harga Part atau komponen yang berkaitan dengan layar TV LED dari masing-masing merk juga berbeda-beda.

Kemudian setelah di service, TV LED yang mati total juga tidak 100% bisa normal kembali. Terkadang, kondisi TV LED mati total setelah diperbaiki hanya akan bertahan sekitar 1 tahun.

Oleh karena itu, beberapa pemilik TV LED dengan kondisi seperti ini, mereka memilih menjual perangkat Elektronik tersebut setelah di service. Harga TV LED mati total umumnya dijual mulai dari 1 jutaan per unit. Sedangkan pembelinya adalah mereka pada pelaku jasa service TV, dimana komponen dari TV LED tersebut bisa digunakan atau dijual lagi ke pelanggan.

Tips Service Televisi LED Mati Total

Tips Service Televisi LED Mati Total
source: spesialistv.id

Setelah mengetahui informasi biaya service di atas, selanjutnya perlu kami beritahukan juga beberapa tips yang bisa diterapkan dalam memperbaiki Televisi LED mati total, diantaranya:

1. Cek Info Biaya

Pertama, selalu kroscek informasi biaya service. Jangan tergiur biaya murah, karena bisa saja tempat tersebut tidak credible dalam memperbaiki kasus tersebut, mereka hanya ingin mendapatkan pelanggan saja tanpa memperhatikan hasil akhir.

Lebih baik keluar biaya service lebih banyak tapi hasilnya memuaskan, daripada biaya murah tapi selang beberapa minggu, TV harus di service lagi karena masalah sama.

2. Cek Kartu Garansi

Kedua, sebelum membawa TV LED ke tempat service, cek dulu kartu garansi dari produk tersebut. Jika ternyata masih tersedia, silahkan lengkapi syarat penggunaan sehingga biaya service nya nanti bisa jauh lebih murah atau bahkan gratis.

3. Pilih Service Center Resmi

Terakhir, pastikan TV LED mati total ditangani oleh para petugas di service center. Tips ini penting untuk mengurangi risiko Modul original ditukar dengan Modul imitasi demi kepentingan pribadi.

Ada banyak tempat service TV nakal dimana mereka kerap menukar Part maupun komponen original dari TV para pelanggan nya. Sedangkan pada service center, hal semacam itu hampir tidak akan terjadi.

Selain itu, hasil perbaikan dari service center juga lebih pasti, karena dilakukan oleh para profesional serta menggunakan Part-part original. Dengan begitu, TV LED yang tadinya mati total bisa normal lagi dan bertahan dalam jangka waktu lama.

Penyebab Televisi LED Mati Total

Penyebab Televisi LED Mati Total
source: Youtube/ Kang Kimin

Sampai disini kita sudah tahu estimasi biaya service TV LED mati total berdasarkan ukuran layar nya. Di atas juga telah kami jelaskan beberapa tips service TV LED dalam kondisi mati total.

Nah, terlepas dari urusan biaya maupun tempat service yang digunakan, kami berhasil mendapatkan informasi penting mengenai beberapa penyebab umum TV LED mati total, antara lain:

1. Kabel Steker Putus

TV LED bisa mengalami mati total apabila kabel Steker di bagian dalam putus. Hal ini nantinya bakal memicu layar TV tidak bisa menyala. Untuk penanganan nya cukup dengan cara menyambungkan kabel tersebut atau ganti dengan kabel baru.

2. Dioda / Elco Rusak

Selain itu, TV LED mati total juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada Dioda penyearah serta Elco tegangan tinggi. Hal tersebut nantinya bisa berakibat arus listrik tegangan tinggi terhenti sehingga TV LED mati total. Jika sudah seperti itu, maka mau tidak mau harus ganti Dioda serta Elco baru, biaya antara Rp. 20.000 sampai Rp. 30.000.

3. Mosfet Error

Mosfet adalah komponen Kelistrikan dalam TV LED yang terdapat pada blok Primer Power Supply. Mosfet atau Switching Transistor bisa mengalami kerusakan apabila terjadi lonjakan arus listrik. Jika Mosfet sudah rusak, maka dampak utama yang bisa di lihat adalah TV LED mati total.

4. Blok PWM Rusak

Lalu, masalah di atas juga bisa berasal dari kerusakan blok PWM pada TV LED. Ingat, ketika Blok PWM rusak, maka hal tersebut bakal mengganggu kinerja Mosfet dalam mengirimkan daya ke Mainboard.

Jika TV LED kamu mengalami mati total, lalu setelah di cek ternyata karena adanya kerusakan pada Blok PWM, maka bersiaplah mengeluarkan biaya service lebih mahal. Sebab, jika sudah seperti ini, mau tidak mau kamu perlu ganti IC PWM dan sayangnya komponen tersebut sudah ditemukan, jika ada pun biaya nya mungkin bisa sampai jutaan rupiah.

5. Blok Sekunder Power Power Supply Rusak

Selain Blok Primer, di dalam TV LED juga terdapat Blok Sekunder Power Supply. Komponen ini memiliki tugas mengolah daya listrik dari Blok Primer Power Supply menuju ke Mainboard, sehingga TV LED bisa menampilkan gambar. Nah, jika komponen ini bermasalah maka bisa dipastikan dampaknya adalah TV LED mati total.

Service TV LED mati total karena faktor ini biasanya perlu mengganti Dioda Ultrafast atau Dioda Schottky, biaya nya cukup murah, sekitar 20 ribuan. Tapi biaya tersebut tentu belum termasuk biaya service nya.

Kesimpulan

Biaya service TV LED mati total cukup bervariasi, dimana termurah hanya dibanderol 150 ribuan, sedangkan biaya service termahal adalah 400 ribuan. Di atas juga kami jelaskan bahwa biaya service TV LED nantinya disesuaikan dari ukuran layar, kondisi hingga merk TV nya.

Ingat, jangan pilih tempat service murah untuk memperbaiki TV LED mati total. Kami sarankan untuk service perangkat tersebut di tempat service center. Disana TV kamu akan ditangani oleh petugas profesional serta menjelaskan secara detail terkait penyebab hingga konfirmasi jika memang ada part atau komponen yang perlu diganti.