Biaya Service TV LED Samsung Mati Total Termurah 2024

Biaya Service TV LED Samsung Mati Total – Apakah kalian memiliki TV LED Samsung mati total dan ingin memperbaikinya? Jika iya, tentunya kalian wajib mengetahui lebih dulu mengenai biaya service TV LED Samsung mati total tersebut. Di artikel kali ini kami akan informasikan secara lengkap kepada kalian semua terkait biaya tersebut.

Permasalahan TV LED Samsung mati total memang cukup banyak dialami oleh para pemilik TV tersebut. Hanya saja, kebanyakan dari mereka mungkin lebih memilih membeli TV baru dibandingkan melakukan service atau pergantian panel TV LED Samsung tersebut. Padahal, biaya service TV LED Samsung mati total tentunya lebih terjangkau jika dibandingkan membeli unit baru.

Biaya service TV LED Samsung mati total tergantung pada tipe serta ukuran layar TV LED Samsung tersebut. Jika TV LED Samsung berukuran kecil mungkin biaya service akan lebih murah, namun sebaliknya jika TV memiliki layar serta tipe spesifikasi tinggi, biaya dibutuhkan akan lebih mahal. Nanti kami juga akan informasikan terkait harga panel TV LED Samsung semua ukuran.

Penting diketahui bahwasanya ketika TV LED mati total, disini kita mau tidak mau harus ganti panel tersebut. Bisa dikatakan, biaya service LED Samsung ini sama saja dengan biaya pembelian panel LED Samsung baru. Baiklah untuk lebih jelasnya mari kita masuk ke poin pembahasan utama yang telah kami rangkum berikut ini.

Penyebab TV LED Samsung Mati Total

Penyebab TV LED Samsung Mati Total
Source: berita.99.co

Sebelum kita masuk ke pembahasan utama mengenai biaya service TV LED Samsung mati total, disini kami akan bahas lebih dulu penyebab mengapa TV Samsung mati total. Perlu diketahui bahwasanya ada beberapa penyebab kenapa LED TV bisa mati total, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Kabel AC Putus

Penyebab mengapa TV LED Samsung mati total adalah karena kabel AC terputus. Putusnya kabel AC juga bisa disebabkan karena gigitan tikus atau hewan lainnya.

2. Tegangan AC 220V Tidak Masuk

Selain itu, tegangan AC 220V tidak masuk juga bisa menjadi penyebab tv mati total. Kalian juga memastikan lebih dulu dengan menggunakan multimeter di skala 250 AC.

3. Sekring Putus

Sekring menjadi komponen penting dalam TV LED, jika sekring sampai putus, maka TV tersebut tidak akan menyala lagi.

4. Dioda Kiprok Rusak

Tidak beda dengan sekring, dioda kiprok juga menjadi komponen penting yang bisa membuat TV menyala. Namun jika ada kerusakan pada komponen yang disebabkan karena beberapa hal, maka TV akan mati total.

5. Kerusakan pada Mosfet atau STR

Selanjutnya bisa juga ada kerusakan pada Mosfet atau STR. Keduanya juga merupakan komponen penting untuk bisa membuat TV LED Samsung bisa menyala. Namun jika keduanya mengalami short, maka ini bisa menjadi penyebab TV LED Samsung mati total tidak menyala sama sekali.

6. Tegangan 300V Pada Dioda Kiprok Tidak Ada

Penting diketahui bahwa dioda kiprok harus mengeluarkan tegangan sekitar 300V. Nah setelah dilakukan pengecekan dan tegangan tidak ada, maka ini yang menjadikan TV LED Samsung tidak bisa menyala atau mati total.

7. Tegangan 5 Volt Standby Tidak Keluar

Penyebab berikutnya bisa juga dikarenakan tegangan 5V Standby tidak keluar. Ingat, tegangan ini wajib ada agar nantinya motherboard bisa bekerja sehingga TV bisa menyala.

8. Dioda Out Trafo Sekunder Short

Dan penyebab terakhir mengapa TV LED Samsung mati total adalah karena Dioda Out Trafo Sekunder rusak.

Biaya Service TV LED Samsung Mati Total

Biaya Service TV LED Samsung Mati Total
Source: duwiarsana.com

Jika kalian sudah mengetahui informasi mengenai penyebab mengapa TV LED Samsung mati total, berikutnya kita akan masuk ke pembahasan utama mengenai biaya service TV LED Samsung mati total. Umumnya, biaya service TV LED Samsung mati total akan tergantung pada kerusakannya.

Untuk itu, disini kita harus mengetahui informasi terkait sparepart TV LED Samsung tersebut, mulai dari Mainboard, Power Supply, Panel, Y Sustain, Z Sustain dan lain sebagainya. Jika sudah mengetahui informasi harga sparepart tersebut, tentu kita bisa memperkirakan berapa biaya service yang harus dikeluarkan nantinya.

Tanda-tanda TV LED Samsung mati total bisa kita lihat pada lampu indikator menyala atau tidak. Jika tidak, bisa dipastikan ada masalah atau ada kerusakan pada Power Supply. Penting diketahui disini, bahwa tidak semua TV mati total dikarenakan Panel, banyak orang salah kaprah menganggap TV mati total sudah pasti karena masalah pada panel TV tersebut.

Jika terjadi masalah pada panel, bisa dipastikan Power Supply serta Y Sustain masih berfungsi dengan baik. Apabila kalian mengalami masalah pada panel yang rusak, disini mau tidak mau kalian harus membeli panel TV tersebut. Harga panel TV LED Samsung juga cukup beragam, tergantung dari tipe dan ukuran layar TV tersebut.

Sebagai gambaran kalian semua, di bawah ini bisa kalian simak informasi terkait biaya service TV LED Samsung mati total bukan resmi.

JasaBiaya
Jasa PengecekanRp 85.000
Jasa Service TV LED
31 Inch ke bawahRp 200.000
32-41 InchRp 250.000
42 Inch ke atasRp 350.000

Biaya service diatas mungkin akan berbeda di beberapa wilayah. Karena setia jasa service akan memberikan tarif berbeda-beda. Biaya diatas juga tidak termasuk biaya sparepart. Biasanya jasa service akan menginformasikan kembali terkait apa saja sparepart yang harus diganti sebelum melakukan perbaikan.

Sedangkan untuk informasi tarif perbaikan TV LED Samsung mati total di Service Center Samsung, disini kami mendapatkan informasi dari sumber terkait yaitu CS Samsung Service Center. Bahwasanya untuk tarif service TV LED Samsung mati total akan dikenakan tarif perbaikan antara Rp 400.000 sampai dengan Rp 583.000 diluar harga spare part. Biaya tersebut juga sudah pasti beda dengan biaya service TV LCD bergaris.

Jika terdapat pergantian spare part, maka hal ini akan di informasikan langsung oleh teknisi. Sebagai contoh, apabila kerusakan terdapat pada Power Supply, kemungkinan kalian harus merogoh kocek sekitar Rp 500.000 sampai Rp 1.000.000 tergantung tipe TV Samsung tersebut.

Nah, perlu diketahui juga bahwa informasi biaya service diatas berlaku hanya untuk TV LED Samsung ukuran 43 Inch. Mungkin akan ada perbedaan biaya jika TV Samsung memiliki ukuran lebih layar LED yang lebih besar. Kami menyarankan kepada kalian untuk langsung berkonsultasi dengan CS Service Center Samsung terdekat lebih dulu.

Kesimpulan

Mengenai pembahasan diatas terkait biaya service TV LED Samsung mati total, disini bisa disimpulkan bahwa tarif perbaikan berkisar antara Rp 400.000 sampai dengan Rp 583.000. Biaya tersebut belum termasuk spare part yang harus diganti nantinya.

Nah, biaya tersebut juga berlaku jika masa garansi sudah habis. Jika masa garansi masih, alangkah baiknya kalian mengklaim garansi tersebut agar nantinya perbaikan TV LED Samsung mati total tidak dikenai biaya, alias gratis. Baiklah, mungkin hanya ini saja yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat.