Biaya Service TV LED Termurah 2024

Biaya Service TV LED – TV LED menjadi salah satu peralatan elektronik di rumah yang sering digunakan sehingga rentan mengalami kerusakan, terutama ketika tidak dirawat dengan baik. Jika terjadi kerusakan, maka kalian perlu mempersiapkan biaya untuk memanggil jasa tukang service untuk memperbaiki TV LED.

Secara garis besarnya, biaya service TV LED nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari tipe atau merk hingga ukurannya. Selain itu, jenis masalah hingga tingkat kerusakan TV LED juga nantinya bisa memengaruhi total harga jasa perbaikan di tukang service.

Namun, perlu diingat pula bahwa biaya service TV LED juga nantinya bisa berbeda antara teknisi di suatu daerah dengan daerah lainnya. Dimana adanya selisih perbedaan upah jasa tersebut tentunya bisa saja terjadi karena terpengaruh oleh berbagai macam faktor.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian ingin memperbaiki TV LED ke tukang service terdekat, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu rincian biayanya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya service TV LED untuk semua tipe, merk hingga ukurannya.

Tanda TV LED Bermasalah

Tanda TV LED Bermasalah
Source: asurion.com

Sebagaimana diketahui, TV LED terkenal dengan sebuah perangkat elektronik yang mampu memberikan gambar serta kualitas suara secara jernih. Selain itu, TV LED juga sudah dibekali dengan beragam fitur canggih seperti USB Port hingga kabel HDMI.

Hal tersebut menjadikan TV LED mendapatkan gelar sebagai sebuah TV modern yang digunakan oleh banyak orang. Namun, seperti halnya perangkat elektronik pada umumnya, TV LED harus dirawat dengan baik secara berkala.

Apabila pemiliknya jarang melakukan perawatan, maka tentunya ada sejumlah permasalahan yang muncul seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, sebelum membahas biaya service TV LED lebih lanjut, berikut kami berikan beberapa ciri ataupun tanda munculnya sebuah masalah.

1. TV LED Membutuhkan Waktu Lama Untuk Menyala

Salah satu ciri utama paling umum dikenali sebagai sebuah tanda adanya masalah pada TV LED yaitu mereka membutuhkan waktu lama ketika pertama kali dinyalakan. Idealnya, seseorang tidak perlu menunggu waktu cukup lama ketika ingin menyalakan TV LED.

2. TV LED Mulai Berkedip

Ciri kerusakan paling umum berikutnya adalah gambar TV LED mulai berkedip. Biasanya kedipan tersebut terjadi di bagian tepi atas serta bawah TV LED. Jika dibiarkan terlalu lama, maka TV LED bisa berubah warna, bahkan sampai mati total.

3. Adanya Pecahan di Layar TV

Apabila sudah terdapat pecahan di layar TV LED, artinya kalian perlu segera menggantinya dengan yang baru. Sebab, beberapa retakan kecil justru dapat menjadi pecahan besar seiring berjalannya waktu. Tentunya biaya service TV LED untuk layar pecah akan ditentukan berdasarkan tipe, merk maupun ukurannya.

4. Kualitas Suara TV Menurun

Secara garis besarnya, terdapat dua indikasi yang menunjukkan bahwa kualitas suara di TV LED mulai menurun. Ciri pertama yaitu suara TV mengeras lalu mengecil dengan sendirinya. Ciri selanjutnya yaitu kalian tidak dapat mengontrol volume suara melalui remote maupun tombol di TV LED.

5. Gambar di TV Bergaris

Seperti diketahui, TV LED terbuat dari rangkaian piksel. Dimana semakin tinggi jumlah piksel pada TV LED, maka semakin jernih pula gambar yang dihasilkan. Nah, jika piksel sudah mulai rusak, maka akan membentuk garis di layar TV LED.

Penyebab TV LED Rusak

Penyebab TV LED Rusak
Source: gleesonsav.com

Ketika hendak mencari berapa besaran biaya service TV LED, maka tentunya kalian juga harus mencari tahu beberapa penyebab kerusakannya. Dimana penyebab rusaknya TV LED nantinya bisa berasal dari berbagai macam hal, entah itu faktor internal maupun eksternal.

Faktor internal berarti sebuah permasalahan yang muncul dari dalam TV LED, seperti adanya kerusakan komponen, usia pakai dan lain sebagainya. Sementara faktor eksternal berarti karena adanya kesalahan dari pemilik dalam menjaga ataupun merawat TV LED.

Pada intinya, jenis kerusakan TV LED nantinya akan bergantung pada ciri hingga penyebab permasalahannya. Daripada penasaran, di bawah ini kami jelaskan secara lengkap mengenai beberapa penyebab TV LED bermasalah sehingga mengalami kerusakan.

1. Peletakkan TV LED Kurang Tepat

Salah satu penyebab utama kenapa TV LED mengalami kerusakan yaitu karena penempatan maupun peletakannya kurang tepat. Idealnya, TV LED diletakkan di area lebih luas, jangan malah meletakkannya di area terlalu sempit atau mepet. Tujuannya yaitu agar sirkulasi udara ke TV LED bisa lancar.

2. Arus Listrik Tidak Stabil

Ketika hendak menyalakan TV LED, perhatikan kembali arus listrik di dalam rumah, apakah stabil atau tidak. Pada saat arus listrik tidak stabil, maka hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja barang elektronik seperti TV LED sehingga bisa menimbulkan kerusakan.

3. Tempat Lembab

Mungkin sebagian besar dari kalian sudah menyadari bahwa peralatan elektronik seperti TV LED cukup sensitif dengan kelembaban udara. Apabila TV LED diletakkan di area lembap, maka hal tersebut dapat mengakibatkan beberapa komponen berkarat sehingga mengalami kerusakan.

4. Tersambar Petir

Faktor eksternal yang bisa menjadi penyebab TV LED rusak yaitu tersambar petir. Dimana sambaran petir yang tepat mengenai antena biasanya mengakibatkan TV LED juga akan ikut tersambar. Sebab, arus listrik dari petir mampu mengalir ke TV LED melalui kabel penghantar dari antena ke rangkaian TV LED.

5. Terkena Air

Penyebab kerusakan TV LED paling umum terakhir yaitu terkena air, entah itu karena air hujan saat plafon bocor maupun dari tumpahan air minum. Sebagaimana diketahui, TV LED menjadi salah satu jenis peralatan elektronik rumah tangga sangat tidak bisa bertahan dari air.

Biaya Service TV LED

Rincian Biaya Service TV LED
Source: tiesalesm.live

Setelah mengetahui beberapa ciri atau tanda hingga penyebab kerusakan pada TV LED, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besaran biaya service maupun perbaikannya. Seperti sudah disinggung di awal, harga jasa service TV LED nantinya akan dipengaruhi oleh beragam faktor.

Adapun beberapa faktor yang memengaruhi upah jasa service TV LED tersebut di antaranya yaitu seperti tipe, merk hingga ukuran perangkat elektronik tersebut. Selain itu, jenis masalah hingga tingkat kerusakan TV LED juga nantinya bisa memengaruhi total biaya perbaikannya.

Oleh karena itu, biasanya pihak teknisi akan mendiagnosis jenis hingga tingkat kerusakan TV LED terlebih dahulu sebelum mulai memperbaikinya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya service TV LED untuk semua tipe, merk hingga ukurannya di bawah ini.

1. Jasa Pengecekan

Hal penting pertama perlu diperhatikan ketika ingin memperbaiki TV LED di teknisi atau tukang service yaitu biaya jasa pengecekan kerusakannya. Nantinya teknisi akan melakukan pengecekan TV LED secara keseluruhan untuk mengetahui letak maupun titik permasalahannya.

Untuk jasa pengecekan kerusakan TV LED, biasanya teknisi mematok upah mulai dari Rp 100.000. Namun, perlu diingat bahwa biaya pengecekan biasanya tidak berlaku apabila pelanggan menggunakan jasa lainnya. Jadi, biaya tersebut hanya berlaku apabila pelanggan tidak jadi menggunakan jasa service TV LED.

2. Jasa Service

Setelah melakukan pengecekan dan ditemukan titik kerusakannya, maka selanjutnya pihak teknisi akan menyarankan perbaikan hingga penggantian komponen jika memang dibutuhkan. Untuk besaran biaya jasa service TV LED sendiri nantinya cukup bervariasi, tergantung jenis hingga tingkat kerusakannya.

Namun, pada umumnya teknisi ataupun tukang service akan menentukan harga jasa perbaikan TV LED berdasarkan tipe, merk hingga ukurannya. Agar lebih jelasnya, langsung saja perhatikan baik-baik rincian biaya service TV LED untuk semua tipe, merk beserta ukurannya di bawah ini.

Tipe TV LEDBiaya
TV LED 31 inci ke bawahRp 250.000
TV LED 32 inci – 42 inciRp 300.000
TV ED 42 inci ke atasRp 350.000

Kami ingatkan sekali lagi bahwa besaran biaya service TV LED di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu karena terpengaruh oleh berbagai macam hal di sejumlah wilayah. Meskipun begitu, estimasi biaya di atas masih bisa kalian jadikan acuan ketika ingin memperbaiki TV LED ke tukang service terdekat.

Tips Merawat TV LED

Tips Merawat TV LED
Source: cheaptvs.co.uk

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya service TV LED untuk semua tipe, merk hingga ukuran disertai ciri beserta penyebab kerusakannya. Mengingat TV LED masih menjadi salah satu peralatan elektronik rumah tangga paling sering digunakan, maka dibutuhkan adanya perawatan secara rutin.

Tentunya perawatan tersebut bertujuan agar nantinya TV LED bisa awet dan tahan lama serta terhindar dari beberapa kerusakan serius. Nah, sebagai informasi tambahan, berikut akan kami berikan sejumlah tips dalam merawat TV LED agar tetap awet serta tahan lama.

  • Letakkan TV LED di area dengan ventilasi ataupun sirkulasi udara baik.
  • Matikan TV LED apabila sedang tidak digunakan.
  • Jangan menempatkan TV pada setelan terlalu tinggi.
  • Bersihkan TV LED secara berkala.
  • Jangan meletakkan TV LED di dekat jendela.
  • Hubungkan TV LED dengan regulator voltase.
  • Jauhkan TV LED dari benda mengandung magnet.

Kesimpulan

Itulah sekiranya penjelasan dari Biayaservice.com seputar rincian biaya service TV LED untuk semua tipe, merk hingga ukuran dilengkapi dengan ciri beserta penyebab kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai referensi ketika ingin memperbaiki TV LED di tukang service terdekat.