Biaya Service TV Terlengkap dan Termurah 2024

Biaya Service TV – Sebagai salah satu barang elektronik rumah tangga yang paling sering digunakan, tentunya TV juga bisa mengalami kerusakan. Jika memang mengalami kerusakan, maka segera perbaiki dengan membawa TV ke tempat service terdekat. Namun, perlu diingat bahwa setiap jasa service TV mempunyai ketentuan mengenai biaya bervariasi.

Secara garis besarnya, biaya service TV rusak nantinya akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari jenis, merk, ukuran dan lain sebagainya. Selain itu, jenis permasalahan ataupun kerusakan perangkat juga bisa memengaruhi total biaya perbaikannya, entah itu kerusakan kecil maupun kerusakan besar.

Untungnya, saat ini di berbagai macam daerah di Indonesia sudah tersedia beberapa tukang service TV yang menawarkan biaya jasa cukup terjangkau. Meskipun begitu, tetap saja bahwa setiap tukang service akan mempunyai ketentuan ataupun kebijakannya masing-masing terkait upah jasa yang mereka akan dapatkan.

Oleh karena itu, apabila di antara kalian mengalami permasalahan serupa seperti di atas, ada baiknya cari tahu terlebih dahulu besaran biaya perbaikannya. Nah, pada kesempatan kali ini kami akan menjelaskan mengenai biaya service TV untuk semua jenis, ukuran hingga merk berdasarkan jenis kerusakannya.

Jenis Kerusakan TV

Jenis Kerusakan TV
Source: cheapledtvs.co.uk

Seperti sudah disinggung di awal, TV menjadi salah satu barang elektronik rumah tangga yang rentan terhadap kerusakan. Dimana kerusakan tersebut biasanya muncul entah itu karena usia pakai maupun karena adanya sebuah permasalahan yang timbul dari sejumlah komponen di dalamnya.

Jika tingkat kerusakan masih berada di level menengah ke bawah, maka perbaikan atau service menjadi langkah paling tepat untuk mengatasinya. Nah, sebelum mencari tahu besaran biaya service TV lebih lanjut, di bawah ini akan kami berikan beberapa jenis kerusakan ataupun permasalahan paling umum terjadi.

1. Kabel Power Rusak

Jenis kerusakan TV paling umum pertama yaitu permasalahan pada kabel power. Biasanya permasalahan ini ditandai dengan mati total sehingga membuat banyak orang menganggap bahwa TV mereka mengalami kerusakan serius. Adapun beberapa contoh permasalahannya yaitu seperti kabel terbelit, kurang pas atau kabel power sudah longgar.

2. Permasalahan Audio

Jenis kerusakan TV paling umum berikutnya yaitu terkait audio. Beberapa contoh permasalahannya yaitu seperti suara tidak keluar, munculnya suara berisik dan lain sebagainya. Biasanya permasalahan ini muncul karena disebabkan kabel audio tidak tercolok dengan benar, pengaturan salah ataupun adanya komponen rusak.

3. Permasalahan Warna Layar

Mungkin sebagian besar di antara kalian pernah mengalami warna gambar di layar TV tiba-tiba berubah atau terjadi distorsi. Seperti diketahui, permasalahan tersebut sebenarnya termasuk ke dalam jenis kerusakan TV paling umum dialami oleh para pemiliknya.

Jika permasalahan tersebut tak kunjung hilang, kemungkinan terjadi suatu kerusakan ataupun error pada panel board TV sehingga perlu segera diperbaiki. Perlu diingat, besaran biaya service TV untuk jenis kerusakan ini biasanya akan bergantung pada merk dan ukurannya.

4. Layar Bergaris

Selain warna, permasalahan paling umum berikutnya yaitu layar TV bergaris. Biasanya permasalahan tersebut muncul karena adanya kerusakan panel board di TV, terutama saat komponen overheat. Selain itu, layar bergaris pada TV juga bisa disebabkan karena adanya gelombang magnet dari perangkat elektronik lainnya.

5. Sinyal Hilang

Jenis kerusakan TV paling umum terjadi terakhir yaitu sinyal hilang. Munculnya kerusakan ini tentunya akan membuat TV tiba-tiba tidak bisa menampilkan siaran apapun. Menurut beberapa tukang service TV, masalah tersebut umumnya disebabkan karena bagian tunner mengalami kerusakan,

Biaya Service TV

Rincian Biaya Service TV
Source: airtasker.com

Setelah memahami beberapa jenis kerusakan ataupun permasalahan pada TV, maka selanjutnya tinggal mencari tahu berapa besar biaya service maupun perbaikannya. Sebagaimana diketahui, apabila tingkat kerusakan TV belum terlalu parah, maka service merupakan tindakan paling tepat untuk mengatasinya.

Secara garis besarnya, nantinya biaya service TV akan dipengaruhi oleh berbagai macam faktor, mulai dari jenis, merk, ukuran dan lain sebagainya. Selain itu, tarif jasa perbaikan TV juga nantinya bisa ditentukan berdasarkan tingkat kerusakannya, entah itu membutuhkan penggantian komponen atau tidak.

Perlu diingat, ketika seseorang memutuskan untuk menggunakan jasa tukang service TV, maka nantinya mereka akan dikenai biaya pengecekan sebesar Rp 85.000. Dimana besaran upah jasa pengecekan kerusakan serta permasalahan tersebut nantinya akan berlaku untuk semua jenis maupun merk TV.

Jika perangkat memang terindikasi mengalami kerusakan, maka tukang service biasanya akan segera melakukan perbaikan sesuai dengan jenis permasalahannya. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik daftar biaya service TV semua merk dan ukuran di bawah ini, entah itu untuk TV tabung, LCD maupun LED.

1. TV Tabung

TV tabung menjadi salah satu jenis perangkat yang seringkali mengalami kerusakan. Untuk besaran biaya service TV tabung sendiri nantinya akan bergantung pada tipe atau ukuran, jenis penanganan hingga tingkat kerusakannya. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah estimasi biaya service TV tipe tabung.

Tipe TV TabungBiaya
31 inci ke bawahRp 170.000
32 inci ke atasRp 220.000

2. TV LCD

Jenis atau tipe TV selanjutnya yaitu ada LCD. Nantinya pihak tukang service menentukan tarif jasa perbaikan TV LCD berdasarkan jenis kerusakannya. Selain itu, ukuran TV LCD juga nantinya akan memengaruhi total biaya jasa perbaikannya. Di bawah ini adalah daftar biaya service TV LCD berdasarkan ukurannya.

Tipe TV LCDBiaya
31 inci ke bawahRp 250.000
32 inci – 41 inciRp 300.000
42 inci ke atasRp 350.000

3. TV LED

Perlu diketahui, sebenarnya biaya service TV LED mempunyai kesamaan seperti halnya TV LCD. Dimana nantinya besaran biaya perbaikan TV LED tersebut akan bergantung pada jenis masalah, tingkat kerusakan, merk perangkat hingga ukurannya. Berikut adalah rinciannya.

Tipe TV LCDBiaya
31 inci ke bawahRp 250.000
32 inci – 41 inciRp 300.000
42 inci ke atasRp 350.000

Perlu diingat, besaran biaya service TV di atas tentunya bisa berbeda si sejumlah wilayah karena terpengaruh oleh berbagai macam hal. Selain itu, setiap tukang service biasanya mempunyai ketentuannya masing-masing sehingga kemungkinan terdapat perbedaan tarif bisa saja terjadi.

Cara Memilih Jasa Service TV

Cara Memilih Teknisi Service TV
Source: coventrytvrepairs.co.uk

Setelah memahami rincian biaya service TV untuk semua tipe dan ukuran beserta jenis-jenis kerusakannya, maka selanjutnya tinggal mencari tahu beberapa cara dalam memilih penyedia jasa perbaikan tersebut. Hadirnya banyak jasa service TV terkadang membuat sebagian orang bingung dalam memilih mana yang terbaik.

Pada intinya, kalian harus mencari jasa tukang service televisi yang sudah berpengalaman dan berkualitas serta menawarkan layanan garansi. Daripada penasaran, langsung saja perhatikan baik-baik beberapa cara dalam memilih jasa tukang service TV berkualitas di bawah ini.

  • Memilih teknisi lokal.
  • Pengerjaan jasa service bergaransi.
  • Teknisi mempunyai reputasi yang baik.
  • Penawaran biaya jasa service jelas.
  • Lakukan wawancara singkat dengan teknisi untuk mengetahui karakteristik mereka.
  • Memeriksa hasil pekerjaan serta referensi.
  • Periksa review ataupun ulasan dari pelanggan sebelumnya.
  • Pesan jasa service yang mampu memperbaiki semua jenis ataupun tipe TV.

Tips Merawat TV

Tips Merawat TV
Source: cheapledtvs.co.uk

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap mengenai rincian biaya service TV semua tipe, merk dan ukuran disertai dengan sejumlah jenis kerusakannya. Guna meminimalisir kerusakan, tentunya dibutuhkan adanya perawatan TV secara rutin oleh para pemiliknya.

Namun sayangnya, terkadang justru masih ada sebagian orang melakukan kebiasaan buruk sehingga membuat TV cepat rusak. Oleh karena itu, sebagai informasi tambahan di bawah ini akan kami berikan sejumlah tips dalam merawat TV agar awet serta tidak mudah rusak.

  • Letakkan TV di tempat dengan suhu normal.
  • Jangan pernah meletakkan TV di ruangan dengan kelembapan tinggi.
  • Apabila TV kotor, bersihkan menggunakan bahan lembut.
  • Berhati-hati pada saat mengangkat ataupun memindahkan TV.
  • Matikan TV pada saat tidak digunakan.
  • Jauhkan TV dari medan magnet.
  • Gunakan penstabil tegangan.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa saat ini biaya perbaikan TV nantinya akan bergantung pada beberapa hal, mulai dari tipe, merk, ukuran hingga jenis beserta tingkat kerusakannya. Selain itu, setiap teknisi service TV juga terkadang mempunyai kebijakan khusus terkait upah jasa yang mereka tawarkan ke pelanggan.

Demikian sekiranya penjelasan dari Biayservice.com seputar rincian biaya service TV untuk semua tipe, merk hingga ukuran berdasarkan jenis beserta tingkat kerusakannya. Semoga informasi di atas dapat dijadikan sebagai bahan gambaran ketika ingin memperbaiki TV rusak di tukang maupun teknisi service TV terdekat.