Biaya Servis Injeksi Motor Di Bengkel Resmi & Bengkel Biasa 2024

Biaya Servis Injeksi Motor – Perlu kita ketahui jika teknologi Injeksi merupakan salah satu teknologi terbaru untuk menyuplai bahan bakar yang lebih banyak digunakan pada kendaraan saat ini. Teknologi ini pada awalnya digunakan pada mobil, namun dengan berjalannya waktu sepeda motor juga telah menggunakan teknologi ini, bahkan untuk semua motor saat ini sudah menerapkan teknologi tersebut.

Dengan menggunakan sistem injeksi diharapkan bisa membuat konsumsi bahan bakar pada sepeda motor atau pun mobil menjadi lebih jauh lebih hemat. Tidak hanya itu saja, teknologi injeksi ini juga diharapkan mampu membuat performa mesin motor menjadi lebih handal saat digunakan. Namun sayang, biaya servis injeksi motor ini lebih mahal dibandingkan dengan biaya servis motor karbu.

Jadi sebelum melakukan servis motor injeksi sebaiknya kamu cari tahu terlebih berapa kisaran harga servis motor dengan teknologi injeksi tersebut. Sehingga kamu mengetahui berapa biaya servis injeksi motor untuk setiap kali melakukan servis. Pasalnya jika kamu melakukan servis motor di bengkel resmi, service injeksi sudah masuk dalam biaya servis motor paket kumplit.

Sehingga kamu tidak mengetahui secara pasti berapa biaya servis injeksi motor tersebut. Nah, bagi kamu yang ingin berniat melakukan servis injeksi motor, kamu bisa melakukan servis di bengkel biasa maupun bengkel resmi. Dan berikut adalah kisaran biaya servis motor yang bisa kamu ketahui, di bengkel resmi maupun di bengkel biasa.

Apa Itu Servis Injeksi Motor?

sistem ijektor

Sebelum mengetahui secara pasti biaya servis injeksi motor, kamu tentu harus mengetahui terlebih dahulu apa itu servis injeksi motor?. Ya, perlu diketahui jika servis injeksi motor merupakan pengetesan fungsi serta pembersihan injektor pada motor agar performa motor menjadi tetap optimal.

Sementara itu, injektor juga memiliki fungsi penting bagi motor yakni sebagai alat untuk menyemprotkan bahan bakar kedalam ruang pembakaran. Dimana didalam komponen injektor ini terdapat lubang kecil dengan fungsi utamanya adalah mengubah bahan bakar menjadi kabut.

Kapan Harus Servis Injeksi Motor?

Setelah mengetahui pengertian dari Injeksi serta fungsi utama injektor. Kini saatnya kamu harus mengetahui kapan harus servis injeksi motor. Jika ingin melakukan servis injeksi motor sebaiknya dilakukan setiap kelipatan 10.000 km. Karena, jika sudah sampai kelipatan 10.000 km biasanya injetor sudah kotor dan harus segera dibersihkan agar performa motor tetap stabil.

Sementara itu, tujuan utama dari servis injeksi ialah untuk menghilangkan endapan kotoran sisa dari pembakaran didalam mesin motor tersebut. Dengan melakukan pembersihan pada sistem injeksi, tentu saja akan membuta performa motor kamu akan tetap prima serta konsumsi bahan bakar pun akan menjadi lebih irit.

Biaya Reset Injeksi Motor

biaya reset injeksi

Sebelum mengetahui informasi terkait biaya servis injeksi motor, kami juga ingin memberitahukan kepada kamu semua tentang informasi biaya reset injeksi bahan bakar atau reset ECU. Telah kita ketahui jika teknologi injeksi akan bekerja secara otomatis melalui ECU yang dipasang pada setiap motor.

Agar bisa me-reset motor injeksi, ECU harus di reset. Pasalnya prosedur reduksi injeksi tidak bisa dilakukan secara langsung pada injeksi. Pada umumnya memang tidak ada biaya reset injeksi. Akan tetapi hal ini sudah pasti dilakukan secara otomatis setiap melakukan service motor di bengkel resmi.

Hal tersebut memang sudah menjadi layanan didalam pengerjaan servis rutin. Namun hal ini hanya berlaku bagi mereka yang melakukan servis reset injeksi motor di bengkel resmi saja. Dan untuk bengkel-bengkel biasa nampaknya sangat jarang melakukan hal tersebut, karena masih banyak bengkel yang tidak memiliki alat untuk reset ECU.

Pada umumnya biaya reset injeksi di bengkel biasa adalah mulai dari Rp 10.000 sampai dengan Rp 15.000. Sedangkan di bengkel resmi biaya reset ECU adalah sebesar Rp 25.000 dan sudah termasuk dalam biaya jasa penanganan. Jadi bagi kamu yang ingin melakukan reset ECU kamu bisa melakukannya di bengkel biasa maupun bengkel resmi sesuai dengan keinginanmu.

Biaya Servis Injeksi Motor

Setelah kamu memahami tentang biaya reset injeksi, kini saatnya kamu mencari tahu berapa biaya servis injeksi motor. Dimana untuk biaya servis ini dibagi menjadi dua jenis yakni biaya servis di bengkel resmi dan biaya servis di bengkel biasa (reguler). 

Secara umum biaya servis di kedua bengkel ini sangatlah jauh berbeda. Karena biasanya ada beberapa tambahan atau pun hal lain yang di lakukan oleh bengkel biasa untuk memaksimalkan servis motor injeksi kamu.

Dan bagi kamu yang ingin mengetahui biaya servis injeksi motor lebih lengkap, baik itu di bengkel biasa maupun bengkel resmi. Kamu bisa simak rangkuman artikel yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Biaya Servis Injeksi Motor Di Bengkel Resmi

biaya servis injeksi motor di bengkel resmi

Untuk melakukan servis injeksi biasanya menggunakan metode infus. Metode ini merupakan salah satu teknik yang menggunakan cairan yang disuntikkan ke dalam injeksi. Hal tersebut bertujuan untuk membersihkan kotoran didalam sistem injeksi tersebut.

Melakukan servis injeksi dengan cara infus biasanya berkisar antara Rp 35.000 kemudian harga infus dibagi menjadi dua yakni Rp 25.000 dan Rp 10.000 untuk pekerja. Jadi total biaya servis injeksi motor adalah sebesar Rp 35.000.

Biaya servis tersebut memang masih cukup terjangkau, pasalnya layanan injeksi bahan bakar biasanya dilakukan untuk jarak tempuh antara 2000 hingga 3000 kilometer. Atau berdasarkan dengan total kilometer pada sepeda motor.

Biaya Servis Injeksi Motor Di Bengkel Biasa

biaya servis injeki motor di bengkel biasa

Selain di servis injeksi motor di bengkel resmi, kita juga bisa melakukan servis injeksi motor di bengkel biasa. Namun, untuk biaya servis injeksi motor di bengkel biasa, memiliki biaya yang jauh lebih mahal meskipun menggunakan metode yang sama yakni metode infus.

Hal ini dikarenakan ada beberapa servis tambahan lain seperti membersihkan throttle body dan lain sebagainya. Untuk biaya service injeksi motor di bengkel biasa umumnya sekitar Rp 70 ribu. Hal ini dirasa cukup pantas karena ada biaya kontruksi lain yang masuk dalam biaya servis tersebut.

Sehingga biaya layanan servis di bengkel biasa seperti lebih mahal dibandingkan dengan biaya servis di bengkel resmi. Hal ini juga dikarenakan di bengkel biasa ada beberapa part atau pun komponen lain yang di servis, namun hal ini belum tentu dilakukan oleh bengkel resmi.

Penyebab Injeksi Rusak

Ada beberapa penyebab sistem injeksi motor rusak dan tidak maksimal dalam melakukan pengkabutan bahan bakar. Salah satunya adalah adanya sumbatan pada salah satu lubang (holes). Sehingga bahan bakar tidak bisa keluar secara sempurna dan mengakibatkan masalah pada sistem injeksi. Sementara itu, untuk semprotan injektor juga sangat dipengaruhi oleh ECU.

Kesimpulan

Nah, dengan adanya artikel diatas kita bisa menyimpulkan jika biaya servis injeksi motor di bengkel resmi maupun bengkel biasa memiliki hasil serupa. Namun untuk hasil servis tersebut kita kembalikan lagi kepada mekanik yang menangani hal tersebut apakah bagus atau tidak.

Demikian informasi dari biayaservice.com, semoga artikel diatas bisa bermanfaat dan jangan lupa kasih komentar terkait dengan artikel diatas. Cukup sekian dan terimakasih.