Biaya Servis VGA Laptop 2024, Semua Merk dan Jenis Kerusakan

Biaya Servis VGA Laptop – Laptop merupakan salah satu perangkat komputer yang diciptakan untuk mengolah, menyimpan hingga menciptakan data multimedia yang diatur oleh sistem akun secara manual. Dengan seiring berjalannya waktu, Laptop juga disebut dengan komputer portabel yang memudahkan para penggunanya dalam menggunakannya di mana saja.

Seperti halnya barang-barang elektronik lainnya laptop juga kerap mengalami berbagai masalah sehingga kita harus segera membawanya ke tukang servis laptop. Sementara itu, untuk melakukan servis laptop kita juga membutuhkan biaya yang tidaklah sedikit. Lantas berapakah biaya servis VGA laptop?

Untuk melakukan servis laptop tentu akan dilihat dari tingkat kerusakan pada laptop tersebut. Apabila kerusakannya parah tentu solusi paling baik adalah dengan mengganti komponen yang rusak tersebut. Di bandingkan dengan biaya ganti LCD laptop, untuk biaya servis VGA laptop jauh lebih murah.

Hal ini akan berbeda dengan khasus laptop mati total, karena teknisi akan memeriksa lebih lanjut terkait penyebab laptop mati total. Selain memakan waktu yang lama, biaya servis laptop mati total juga akan jauh lebih mahal dibandingkan dengan biaya servis VGA Laptop. Nah, bagi kalian yang ingin mengetahui lebih detail mengenai hal tersebut, kalian bisa simak informasinya dibawah ini.

Tentang VGA Laptop

Video Graphics Adapter atau VGA merupakan salah satu perangkat keras dari sebuah komputer atau pun laptop yang memiliki fungsi sebagai penerjemah tampilan ke layar monitor. VGA sendiri juga memiliki nama lain kartu grafis dan digunakan untuk merujuk ke resolusi layar 640 x 480. Dengan ini VGA memang memiliki fungsi sangat penting bagi kinerja serta kualitas gambar dari laptop yang kalian miliki.

Penyebab VGA Laptop Rusak

penyebab vga laptop rusak

Sebelum mengetahui secara detail biaya servis VGA Laptop, ada baiknya kalian harus mengetahui terlebih dahulu penyebab VGA laptop rusak. Saat ini memang ada berbagai macam penyebab yang membuat VGA Laptop rusak mulai dari overheating hingga umur VGA yang sudah tua.

Maka dari itu, sebagai pengguna laptop kita harus mengetahui kondisi laptop ketika digunakan agar tidak terjadi berbagai macam jenis kerusakan. Nah, pada informasi kaoli ini kami juga akan memberitahukan beberapa penyebab VGA Laptop rusak yang paling umum terjadi diantaranya adalah:

1. Overheating

Overheating atau suhu tinggi pada laptop menjadi masalah yang tidak bisa terhindarkan oleh para pengguna gadget, termasuk didalamnya Laptop. Apalagi jika laptop tersebut tidak dilengkapi dengan air flow sehingga akan membuat panas yang berlebih pada laptop. Hal ini tentu saja akan membuat VGA pada laptop menjadi cepat rusak.

Dalam hal ini suhu normal pada laptop adalah kurang dari 50 derajat dan suhu maksimalnya adalah 70 hingga 75 derajat celsius. Hal ini akan berbeda apabila suhu laptop mencapai angka 80 derajat atau pun lebih. Dimana laptop sudah bisa dikatakan overheating dan harus cepat-cepat melakukan tindakan baik membeli cooling pad atau bisa mematikan secara langsung laptop tersebut.

Suhu tinggi yang terjadi pada laptop tentu saja akan menjadi pemicu kerusakan VGA pada laptop. Dimana pada bagian bola timah pada kali chip VGA akan pecah dan retak jika menerima suhu terlalu tinggi. Dan akibatknya komponen ini tidak bisa lagi terhubung sempurna dengan motherboard.

2. Driver Tidak Terinstal

Selain overheating, penyebab VGA cepat rusak lainnya adalah driver tidak terinstall. Dimana apabila driver tidak terinstall dengan benar maka laptop tidak akan mengeluarkan gambar dengan kualitas yang baik. Maka dari itulah, biaya servis VGA Laptop rusak menjadi cukup mahal.

3. Komponen Rusak

Selain itu adanya komponen rusak pada laptop juga dapat mengakibatkan VGA menjadi cepat rusak. Apalagi jika laptop yang kalian miliki sering terjatuh atau terkena benturan. Dimana jika hal ini terjadi kalian tentu saja harus segera memperbaiki atau servis laptop tersebut agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi.

4. Umur Laptop Sudah Tua

Perlu diketahui apabila biaya servis VGA Laptop memang terbilang cukup mahal. Namun kembali lagi pada laptop yang kalian gunakan. Mungkin saja penyebab VGA laptop rusak adalah usia laptop yang sudah tua, sehingga banyak komponen laptop yang rusak.

Biaya Servis VGA Laptop

Setelah mengetahui apa itu VGA dan penyebab VGA Laptop cepat rusak kali ini kalian tinggal mengetahui berapa kisaran biaya servis VGA Laptop. Pada umumnya servis VGA Laptop memiliki biaya yang berbeda-beda tergantung pada tingkat kesulitan perbaikan dan suku cadang dari laptop tersebut. Jadi semakin parah kerusakan pada VGA maka akan semakin mahal pula biaya servis -nya.

Namun demikian kali ini kami akan sedikit memberikan gambaran terkait ongkos servis VGA laptop. Untuk biaya servis memperbaiki VGA laptop adalah berkisar antara Rp 1.5 juta hingga Rp 4 juta tergantung dari teknisi-nya. Namun sebelumnya kami sarankan untuk kalian bertanya terlebih dahulu pada teknisi anggaran untuk perbaikannya.

Cara Memperbaiki VGA Laptop

cara memperbaiki vga laptop

Setelah mengetahui biaya servis VGA laptop yang terkesan cukup mahal, tentunya kalian juga akan berpikir dua kali untuk memperbaiki VGA laptop tersebut. Namun bagi kalian yang memang belum memiliki biaya untuk memperbaiki laptop tersebut, kalian bisa mencoba untuk memperbaiki VGA laptop sendiri.

Namun sebelum mencoba untuk memperbaiki VGA laptop, pastikan terlebih dahulu jika kalian sudah memahami dan mampu melakukannya sendiri. Berikut adalah beberapa hal yang bisa kalian lakukan untuk memperbaiki VGA laptop sendiri.

1. Bersihkan Kipas Pendingin

Cara memperbaiki VGA laptop pertama adalah dengan membersihkan kipas pendingin secara rutin. Sementara itu, pastikan pula untuk membersihkan kipas dan ventilasi dengan baik dan benar untuk mencegah overheating.

2. Perbarui Driver

Langkah selanjutnya adalah dengan memperbarui driver VGA laptop secara berkala. Hal ini bertujuan untuk memastikan kinerja dari VGA tersebut agar tetap optimal.

3. Pastikan Ventilasi Cukup

Selanjutnya kalian juga bisa menempatkan laptop pada permukaan yang keras dan rata. Hal ini bertujuan agar laptop mendapatkan aliran udara yang cukup, sehingga laptop tidak mudah panas.

4. Perbaiki Hardware

Mengetahui biaya servis VGA laptop yang cukup mahal tentunya kalian menginginkan untuk memperbaiki laptop sendiri. Namun apabila VGA laptop rusak disebabkan oleh kerusakan pada hardware, alangkah baiknya kalian segera membawanya ke tukang servis laptop terdekat agar bisa ditangani dengan tepat.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan jika biaya servis VGA laptop lumayan cukup mahal. Akan tetapi besaran biaya tersebut sangat tergantung dari tingkat kerusakan serta kesulitan dalam memperbaiki VGA laptop tersebut. Namun, bagi kalian yang memang belum memiliki biaya untuk memperbaiki VGA laptop, kalian tentu bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri dirumah.

Namun kami sarankan apabila ingin memperbaiki VGA sendiri, kami harapkan kalian sudah memahami dan mampu melakukannya. Tapi jika tidak alangkah baiknya kalian membawa laptop tersebut ke tukang servis agar bisa di perbaiki dengan benar. Demikian informasi dari biayaservice.com, semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi semuanya.

Sumber Gambar:

  • Team Biayaservice.com
  • kaorinusantara.or.id
  • eksekutifcomputer.com
  • pinhome.id