Biaya Tambah Freon AC 2024, R32, R22 dan R410, Paling Murah!

Biaya Tambah Freon AC – Sudah banyak orang tahu jika di Indonesia merupakan negara yang memiliki dua musim berbeda yakni musim panas dan musim dingin. Namun akhir-akhir ini hawa panas memang sangat mendominasi di Negara kita, sehingga tidak sedikit orang memerlukan penyejuk ruangan untuk membantu dalam kegiatan sehari-hari.

Ya, Air Conditioner atau AC menjadi salah satu alat penyejuk ruangan paling banyak diminati. Meski memiliki harga yang relatif mahal dibandingkan dengan kipas angin biasa, namun AC masih digandrungi banyak orang. Terlebih saat ini biaya perawatan AC juga terbilang cukup murah, seperti halnya biaya tambah freon AC mulai dari Rp 150 ribu hingga Rp 300 ripu per pk.

Perlu diketahui jika Freon merupakan bagian komponen terpenting pada AC. Pasalnya Freon memiliki fungsi mengubah udara panas menjadi dingin. Karena fungsinya inilah maka kita harus rutin dalam merawat AC, terutama mengecek bagian Freon apakah sudah habis atau belum. Jika Freon habis maka kita harus segera mengisi ulang freon tersebut. Dan kisaran biaya tambah freon AC dapat dikatakan cukup murah.

Dimana untuk setiap kali pengisian atau tambah freon, kita hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 150 per pk. Selain itu, sebelum tambah Freon kita juga harus pahami terlebih dahulu jenis-jenis Freon agar tidak salah dalam melakukan tambah freon. Nah, jika pengguna ingin melakukan tambah Freon berikut adalah informai terkait dengan biaya tambah freon AC terbaru saat ini.

Penyebab AC Tidak Dingin

Sebelum melakukan tambah froen tentu saja pengguna harus mengetahui penyebab AC tidak dingin lagi agar bisa mengetahui letak permasalahan tersebut. Ada beberapa penyebab AC tidak dingin lagi salah satunya diakibatkan karena freon habis. Namun ada beberapa penyebab lain yang tentu harus pengguna ketahui dan berikut adalah penyebab AC dirumah tidak dingin.

  • Ukuran AC Tidak Sesuai Ukuran Ruangan
  • Freon AC Habis atau Berkurang
  • Filter AC Kotor
  • Situasi Luar Ruangan Panas
  • Pintu dan Jendela Ruangan Terbuka
  • Salah Dalam Pengaturan Remote AC

Ciri-Ciri Froen Habis

ciri ciri freon habis

Sebagai pengguna AC tentu saja kita harus mengetahui ciri-ciri Freon AC habis. Hal ini dilakukan agar kondisi freon tetap terjaga sehingga AC tidak cepat rusak. Selain itu, jika freon AC habis maka AC tidak mampu mengeluarkan udara dingin sehingga udara dalam ruangan tersebut menjadi panas dan tidak nyaman saat digunakan.

Perlu di ingat sob! Jika dalam beberapa situasi buruk, freon AC yang sudah habis akan mengakibatkan beberapa resiko salah satunya adalah mengeluarkan zat beracun yang cukup berbahaya seperti iritasi pada mata, hidung serta lidah. Selain itu, senyawa akibat freon habis juga bisa mengakibatkan kehilangan penglihatan serta luka bakar dibagian kerongkongan.

Maka dari itu, pengguna harus rutin cek freon AC agar tidak kehabisan, sehingga resiko freon habis bisa terhindarkan. Apalagi biaya tambah freon AC saat ini bisa dibilang cukup murah. Nah, bagi para pengguna AC tentu harus mengetahui apa saja ciri-ciri freon AC habis. Dan berikut informasi selengkapnya.

  • Suhu rutuangan terasa panas dan tidak dingin
  • Pipa pada AC tidak dingin
  • Lampu indikator AC berkedip
  • Air AC bocor
  • Tegangan listrik membengkak
  • Mesin bagian luar AC tidak panas
  • Suara mesin AC kasar
  • Merasakan gejala keracunan

Jenis-Jenis Freon

Perlu pengguna ketahui jika saat ini ada berbagai macam jenis freon AC yang dijual di pasaran. Harganya pun bervariasi mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1 juta. Hal tersebut tergantung pada jenis freon serta ukuran froen. Nah, sebelum melakukan tambah freon, maka sebaiknya pengguna pahami terlebih dahulu jenis-jenis freon seperti berikut ini.

1. Freon R22

freon R22

Jenis froen AC pertama adalah Freon R22. Freon ini memiliki potensi pemanasan perusak ozon sekitar 0,05, Jika dibandingkan dengan jenis freon pada umumnya. Akan tetapi untuk jenis freon R22 ini memang tidak mudah terbakar, sehingga aman untuk digunakan. Untuk biaya tambah freon AC jenis ini lebih murah dibandingan jenis freon lainnya

2. Freon R32

freon r32

Berbeda dengan freon R22, freon R32 termasuk dalam kategori freon baru dan baru ditemukan oleh perusahaan asal Jepang yakni Daikin. Dibandingkan dengan froen jenis R22, freon R32 dipastikan lebih ramah terhadp lingkungan dan memiliki potensi pemansan global yang rendah. Meski demikian, freon R32 lebih mudah terbakar namun masih tetap aman digunakan.

3. Freon R410A

freon r410

Selanjutya ada freon jenis R410A dimana freon ini lebih umum digunakan pada AC tipe inverter. Berbeda dengan jenis freon R22, freon R410A tidak memiliki potensi merusak lapisa ozon. Namun untuk biaya tambah freon AC jenis ini lebih mahal dibandingkan dengan jenis freon lainnya seperti R22 dan R32.

4. Freon R290

freon r290

Jenis freon R290 merupakan salah satu jenis freon dengan potensi pemasan global paling rendah apabila dibandingkan jenis freon R22 dan R32. Namun, untuk jenis froen R290 memiliki indeks dingian cukup rendah serta tingkat mudah terbakarnya pun tinggi. Sehingga banyak perusahaan AC yang memutuskan agar tidak menggunakan freon jenis ini dalam produk mereka.

Biaya Tambah Freon AC

Perlu kita ketahui jika freon merupakan salah satu bentuk gas yang tidak mudah terbarkar. Dimana fungsi dari freon adalah sebagai alat pendingin dalam sebuaj Air Conditioner. Dimana cara kerja dari freon ini adalah melakukan penguapan berulang-ulang dengan menciptakan udara sejuk.

Freon tersedia dalam berbagai aplikasi yang berbeda, halm inilah yang akan mempengaruhi biaya tambah freon AC. Dan berikut adalah informasi terkait dengan biaya isi ulang serta tambah freon AC dari setiap jenis freon -nya.

Jenis FreonHarga per Pk
Tambah Freon Jenis R22 1/2 – 1 PKRP 150.000
Tambah Freon Jenis R32 1/2 – 1 PKRP 175.000
Tambah Freon R410 1/2 – 1 PKRP 195.000
Isi ulang R22 1/2 – 1 PKRP 300.000
Isi ulang R32 1/2 – 1 PKRP 350.000
Isi ulang R410 1/2 – 1 PKRP 390.000
Tambah Freon R22 1 1/2 – 2 PKRP 300.000
Tambah Freon R32 1 1/2 – 2 PKRP 350.000
Tambah Freon R410 1 1/2 – 2 PKRP 390.000
Isi ulang R22 1 1/2 – 2 PKRP 400.000
Isi ulang R32 1 1/2 – 2 PKRP 450.000
Isi ulang Freon R410 1 1/2 – 2 PKRP 525.000
Tambah freon AC casseteRP 150.000/pk
Tambah freonRP 175.000 – RP 195.000/pk
Isi ulang AC CasseteRP 300.000/pk
Isi ulangRP 350.000 – RP 390.000/pk
Tambah freon AC standingRP 150.000/pk

Resiko Terlalu Banyak Isi Freon

biaya tambah freon

Ketika melakukan isi ulang freon atau pun tambah freon kita harus memperhatikan kapasitas pengisian freon dan jangan terlalu banyak ketika mengisi ulang atau pun tambah freon karena bisa menyebabkan beberapa resiko pada AC itu sendiri. Dan berikut adalah beberapa resiko terlalu banyak isi freon.

  • Terjadi masalah pada arus listrik
  • Suhu tidak dingin
  • Kondensor mudah panas
  • Peningkatan tekanan freon
  • Temperatur freon tinggi
  • Terjadinya arus pendek pada listrik

Kesimpulan

Itulah beberapa informasi mengenai biaya tambah freon AC R22, R32 dan R410 yang dapat biayaservice.com sampaikan. Dengan adanya informasi diatas diharapkan mampu memberikan referensi bagi kamu semuanya ketika akan melakukan tambah freon AC. Selain itu, penulis juga menyarankan agar selalu rutin merawat AC agar tetap awet serta cek selalu kondisi freon agar tidak kehabisan.

Sumber Gambar:

  • rukita.co
  • bukalapak.com
  • indrajayatehnik.com
  • tokopedia.com