Biaya Tambal Ban Mobil 2024, Tubeless dan Tube Type

Biaya Tambal Ban Mobil – Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang dapat membantu kita dalam kehidupan sehari-hari. Namun apakah kalian pernah mengalami kendala ketika sedang berkendara menggunakan mobil? Jika pernah, apa kendala yang mungkin kerap terjadi pada mobil?

Selain AC mobil rusak kalian tentu pernah mengalami terjadinya ban mobil bocor. Ya, seperti telah diketahui ban merupakan salah satu komponen yang cukup penting bagi sebuah mobil untuk bisa berjalan. Apa bila ban mobil bocor, tentu saja mobil akan sulit dan bahkan tidak bisa berjalan. Lalu berapa biaya tambal ban mobil yang bocor?

Untuk biaya tambal ban mobil memang cukup bervariasi, tergantung pada jenis kerusakan ban serta tukang tambal ban yang menanganinya. Biasanya ban mobil bocor diakibatkan oleh beberapa penyebab salah satunya adalah terkena paku. Dan untuk mengatasi ban mobil yang bocor adalah dengan menambalnya.

Namun sebelum kalian menambal ban mobil, ada beberapa jenis tambal ban mobil yang perlu kalian ketahui. Dimana untuk biaya tambal ban mobil tersebut umumnya berbeda-beda karena tingkat ketahanan serta cara pengerjaannya yang berbeda. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya dibawah ini.

Jenis-Jenis Ban Mobil

jenis ban mobil

Sebelum mengetahui biaya tambal ban mobil, sebaiknya kalian pahami terlebih dahulu jenis-jenis ban mobil yang ingin ditambal. Pasalnya setiap ban memiliki cara dan teknik yang berbeda ketika ditambal. Nah, untuk lebih jelasnya berikut adalah jenis-jenis ban mobil.

1. Ban Tube

Untuk jenis ban mobil pertama adalah ban tube, dimana jenis ban ini menggunakan ban dalam. Ban jenis ini memang sering ditemui di jalanan. Selain itu, ban tube juga dapat digunakan di semua jenis velg. Ban tube juga memiliki banyak keunggulan adalah satunya ialah memiliki harga murah dan mudah dalam perawatannya.

2. Ban Tubeless

Selanjutnya ada pula jenis ban tubeless, dimana ban ini merupakan ban yang dirancang tanpa memiliki bagian dalam. Jadi untuk menggunakan ban tubeless kalian tidak memerlukan ban dalam. Dibandingkan dengan ban tube type, ban tubeless memang jauh lebih aman dari masalah kebocoran. Akan tetapi tidak berarti ban tubeless tidak dapat bocor.

Biaya Tambal Ban Mobil Berdasarkan Jenisnya

tambal ban

Setelah mengetahui jenis ban mobil apa saja yang sering digunakan, kini saatnya kita mencari tahu berapa biaya tambal ban mobil berdasarkan dengan jenisnya. Nah, untuk mengetahui biaya tambal ban, berikut adalah informasinya.

1. Tambal Ban Tip Top

Tambal ban pertama, merupakan tambal ban dengan teknik menggunakan karet penyumbat berwarna hitam. Dimana karet tersebut akan ditempelkan pada bagian ban yang bocor. Untuk cara menambalnya cukup mudah, karena kalian harus terlebih dahulu mengeluarkan ban dalam, lalu potongan karet tersebut ditempelkan pada bagian ban bocor dengan menggunakan lem khusus.

Tambal ban dengan teknik ini dirasa lebih mudah, cepat dan simple. Selain itu biaya tambal ban mobil jenis tip top ini terbilang cukup murah yakni sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000 per titik bocor. Tambal ban jenis ini memang sering kita temukan di bengkel tambal ban pinggir jalan.

2. Tambal Ban Bakar

Selanjutnya ada juga tambal ban bakar, seperti namanya tambal ban jenis ini memang menggunakan teknik bakar. Caranya adalah hampir sama dengan tambal ban tip top, hanya saja karet tambal yang sudah menempel pada titik bocor akan dipanaskan hingga benar-benar merekat.

Keunggulan teknik tambal ban mobil ini adalah memiliki tingkat ketahanan lebih lama serta lebih aman dibandingkan jenis tambal ban mobil lainnya. Selanjutnya untuk biaya tambal ban mobil dengan teknik bakar ialah sekitar Rp 10.000 hingga Rp 30.000 saja.

3. Tambal Ban Payung

Kemudian ada juga tambal ban payung, dimana tambal ban ini menggunakan karet dengan bentuk seperti payung yang selanjutnya karet tersebut akan direkatkan menggunakan angin kompresor. Cara tambal ban mobil menggunakan teknik payung ialah, kalian harus terlebih dahulu melepas ban dari peleknya.

Selanjutnya bersihkan ban lalu cari lubang kebocorannya kemudian lubangi mengunakan mesin. Setelah itu karet penambal dimasukkan kedalam ban lalu tarik keluar hingga merekat. Selanjutnya pada bagian dalam ban yang ditambal akan dilapisi lem khusus agar tidak terjadi kebocoran lagi. Nah, biaya tambal ban mobil dengan teknik ini umumnya adalah sekitar Rp 75.000 hingga Rp 150.000.

4. Tambal Ban Cacing

Selanjutnya ada jenis tambal ban mobil cacing dimana teknik tambal ban ini hampir mirip dengan tambal ban payung. Akan tetapi, bentuk karet penambal yang dipakai menyerupai cacing. Sementara itu, untuk biaya tambal ban mobil dengan teknik ini juga lebih murah yakni sekitar RTp 20.000 hingga Rp 30.000 per titik bocor.

Dalam melakukan penambalan ban tersebut, kalian hanya perlu melebarkan lubang pada bagian ban bocor. Selanjutnya masukkan karet tambalan berbentuk cacing berwarna merah. Selanjutnya kalian tinggal tutup tambalan tersebut dengan lem atau bisa juga menggunakan karet tambahan.

5. Tambal Ban Peluru

Berikutnya kalian bisa melakukan penambalan ban dengan teknik tambal ban peluru. Dimana cara pemasangan dari tambal ban peluru adalah hampir sama dengan tambal ban cacing. Namun pada teknik ini karet tambalan berbentuk peluru atau silinder.

Dimana nantinya karet tersebut dimasukkan ke dalam lubang untuk menutupi kebocoran. Tapi tambal ban peluru tersebut tidak direkomendasikan untuk menambal ban dinding ban, namun hanya dapat dipakai pada tapak ban saja.

6. Tambal Ban Press

Tambal ban mobil berikutnya adalah tambal ban dengan teknik press. Dimana tambal bani press mulai banyak digunakan dan diminati oleh banyak orang karena diklaim lebih presisi untuk menutup lubang kebocoran. Tidak hanya itu saka, kelebihan lain dari teknik tambal ban press ini adalah tidak merusak lapisan ban.

Sementara itu, tambal ban press bisa bertahan lebih lama karena mengikuti elastisitas ban mobil saat dikenarai. Namun, tambal press memerlukan waktu pengerjaan cukup lama dibandingkan dengan tambal ban lainnya.

Penyebab Ban Mobil Bocor

penyebab ban mobil bocor

Setelah mengetahui biaya tambal ban mobil dari setiap jenisnya, kali ini kita akan mencari tahu apa saja penyebab ban mobil bocor. Untuk informasi lebih jelasnya mari kita simak ulansanya dibawah ini.

  • Tapak ban sudah aus
  • Pentil ban bocor
  • Sambungan ban dan pelek bocor
  • Ban terkena paku
  • Usia ban mobil sudah tua dan tipis

Kesimpulan

Dari informasi diatas dapat diketahui jika biaya tambal ban mobil sangatlah bervariasi tergantung dari teknik serta jenis ban yang akan di tambal. Selain itu, ada juga beberapa faktor lain yang sangat mempengaruhi harga tambal ban mobil diantaranya adalah tingkat kesulitan dalam menambal serta dari tukang tambal ban itu sendiri.

Dimana pada umumnya biaya tambal ban memang sudah ditentukan oleh tukang tambal ban di setiap daerah. Maka dari itu, sebelum menambal ban kalian harus mencari informasi terkait dengan biaya atau pun ongkos tambal ban. Mungkin hanya ini informasi dari biayaservice.com semoga artikel diatas bisa bermanfaat bagi kalian semuanya.

Sumber Gambar:

  • mobilmo.com
  • zonaaplikasi.com
  • duitpintar.com