Biaya Turun Mesin Motor Matic, Bebek & Penyebabnya

Biaya Turun Mesin Motor – Sebagai pengendara sepeda motor, merawat dan menjaga kondisi mesin motor adalah salah satu syarat yang memang harus dilakukan. Terlebih jika kendaraan tersebut digunakan untuk beraktivitas sehari-hari, bahkan untuk melakukan perjalanan jarak jauh.

Meskipun performa motor saat ini terbilang cukup tangguh dan handal, namun apabila tidak dirawat dengan baik tentu saja performa motor akan menurun. Hal ini juga dibiarkan terus menerus tentu akan mengakibatkan mesin motor menjadi rusak berat yang membuatnya harus turun mesin. Lalu berapakah biaya turun mesin motor saat ini?

Saat ini biaya turun mesin motor memang disesuaikan dengan jenis kerusakan serta tingkat kesulitan dalam memperbaiki mesin motor tersebut. Namun dari pengelaman penulis, untuk ongkos turun mesin motor nampaknya akan lebih mahal dibandingkan dengan biaya service injeksi motor.

Nah, bagi kalian yang mengalami masalah masalah pada mesin motor dan mengharuskan turun mesin, kami sarankan untuk mencari informasi terlebih dahulu terkait dengan biaya turun mesin motor. Untuk lebih jelasnya berikut informasi mengenai biaya service bongkar mesin motor.

Penyebab Motor Turun Mesin

penyebab motor turun mesin

Sebelum mengetahui secara pasti terkait dengan biaya turun mesin motor ada baiknya, kalian pahami terlebih dahulu penyebab motor turun mesin. Seperti telah diketahui turun mesin merupakan salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tertentu yang berada di area jantung mekanis. Disebut dengan turun mesin lantaran mesin harus dilepas dari rangka.

Dengan turun mesin teknisi akan lebih mudah dalam melihat kondisi dalam mesin dan juga lebih mudah dalam melakukan pergantian komponen. Dan kata lain dari turun mesin adalah service besar. Namun apa sih yang menjadi penyebab motor harus turun mesin? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membahas sedikit informasi mengenai faktor penyebab turun mesin motor diantaranya:

  • Sering telat dalam mengganti oli mesin
  • Sering menerobos banjir
  • Tidak pernah melakukan service
  • Modifikasi mesin
  • Tidak pernah mengganti air radiator
  • Perilaku berkendara yang buruk

Ciri-Ciri Motor Harus Turun Mesin

Setelah mengetahui penyebab terjadinya turun mesin pada motor, kini saatnya kalian mencari tahu apa saja yang menjadi tanda-tanda motor harus turun mesin. Seperti telah diketahui, jika biaya turun mesin motor memang lebih mahal dibandingkan biaya service ganti oli motor.

Maka dari itu, kami sarankan untuk kalian agar menjaga serta merawat mesin motor agar tetap awet. Selain itu, kalian juga harus mengetahui tanda-tanda motor harus turun mesin, sehingga kalian dapat mencegah kerusakan pada mesin motor yang lebih parah lagi. Dan berikut adalah beberapa ciri-ciri motor harus turun mesin.

  • Suara mesin menjadi kasar
  • Munculnya Asap putih dari knalpot
  • Mesin motor susah menyala dan sering rewel

Biaya Turun Mesin Motor

Biaya turun mesin motor 1

Setelah mengetahui penyebab serta ciri-ciri motor harus turun mesin, kini saatnya kalian mengetahui biaya turun mesin motor baik di bengkel biasa maupun bengkel resmi adalah mulai dari Rp 150.000 hingga jutaan rupiah. Namun perlu diingat semakin besar kerusakan pada mesin motor tentu saja biaya perbaikan akan semakin tinggi. Dan berikut adalah beberapa faktor yang akan membuat ongkos turun mesin pada motor cukup mahal.

  • Banyaknya part harus diganti
  • Spesifikasi spare part
  • Lokasi service
  • Jenis motor yang turun mesin

1. Biaya Bongkar Mesin Atas

Biaya turun mesin motor untuk jenis ini memang terbilang cukup mahal. Pasalnya akan ada beberapa part dan komponen yang mungkin harus diganti. Selain itu biaya tersebut juga tergantung pada jenis kerusakan pada mesin motor tersebut. Umumnya service mesin motor dilakukan ketika motor mengalami kebocoran kompresi, piston aus serta noken as rusak.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena adanya kerak yang menumpuk di sekitar payung klep. Sedangkan piston aus umumnya disebabkan oleh usia pakai dan sistem pelumasan buruk. Dan berikut adalah estimasi biaya turun mesin jika harus bongkar mesin atas.

  • Piston kit: Rp150 ribu
  • Gasket Top Set: Rp 80 ribu
  • Skir Klep: Rp50 ribu
  • Korter: Rp100 ribu
  • Noken As: Rp300 ribu
  • Rocker Arm: Rp170 ribu
  • Bongkar mesin atas: Rp300 ribu

2.Biaya Bongkar Mesin Total

Selanjutnya biaya turun mesin motor memang cukup lumayan menguras kantong, dimana jika bongkar mesin diatas dilakukan ketika motor mengalami kebocoran kompresi, piston aus dan noken as rusak, maka bongkar mesin total ini dilakukan apabila terjadi kerusakan dibagian connecting rod atau stang dan bearing connecting rusak.

Dimana kedua part in biasanya terjadi karena usia pakai dan oli mesin yang bercampur dengan air. Dimana tanda-tanda dengan suara kasar berasal dari bagian tengah mesin. Untuk part yang diganti sama seperti bongkar mesin diatas yang sudah ditambah dengan stang seher serta bearing kruk as, dan berikut adalah rincian-nya.

  • Connecting Rod Rp 200.000
  • Bearing Kruk Rp 110.000
  • Jasa Bongkar Pasang Rp 400.000

Apa Efek Motor Turun Mesin?

Perlu kalian ketahui, semua motor yang hampir turun mesin biasanya akan sulit dinyalakan. Hal ini disebabkan adanya rembesan oli dan masuk kedalam ruang pembakaran dan membasahi busi sehingga menimbulkan kerak pada busi. Sementara itu, oli rembes juga akan menyebabkan mesin motor susah untuk dihidupkan karena proses pengapian yang tidak maksimal.

Manfaat Turun Mesin Motor

mesin motor

Turun mesin atau lebih dikenal dengan istilah Engine Overhaul merupakan salah satu kondisi yang tidak dapat dihindari. Apalagi penggunaan kendaraan roda empat yang sudah mencapai lebih dari lima tahun.

Untuk biaya turun mesin motor memang terbilang cukup mahal dan juga memerlukan waktu yang cukup lama. Lantas apa saja manfaat dari turun mesin motor? Berikut informasinya.

1. Performa mesin motor menjadi lebih bertenaga

Salas satu manfaat dari turun mesin motor adalah dapat menjadikan performa motor menjadi lebih bertenaga. Dan kalian akan merasakan mesin mobil uang selayaknya kendaraan baru.

2. Terdapat gasket dan seal yang baru

Manfaat yang selanjutnya adalah kalian akan menemukan gasket seal baru yang terpasang dalam mesin. Hal tersebut paling umum terlihat karena gasket cair digunakan untuk merekat kan komponen sistem pendingin mesin seperti selang radiator.

3. Kondisi mesin menjadi lebih bersih

Sementara itu kondisi mesin motor juga akan terlihat bersih, sebab bengkel motor akan memberikan pelayanan lebih dengan mengecat ulang sisi luar dari cylinder head, karter oli, blok mesin dan beberapa komponen pendukung lainnya.

4. Mobil kembali memasuki masa penyesuaian

Masa inreyen atau disebut juga dengan break-it merupakan kondisi dimana komponen mesin sedang dalam masa penyesuaian. Hal ini dikarenakan masa ini cukup penting bagi kemampuan dan ketahanan untuk dimasa akan akan datang.

Kesimpulan

Dari ulasan diatas dapat disimpulkan jika biaya turun mesin motor terbilang cukup mahal. Maka dari itu, kami sarankan untuk kalian selalu merawat dan menjaga kondisi mesin motor agar tidak mudah rusak apalagi harus turun mesin. Mungkin hanya ini yang dapat biayaservice.com sampaikan semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi kalian semua.