Service Indikator Bensin Motor Rusak, Biaya dan Penyebabnya

Berfungsi untuk menginformasikan seberapa banyak bensin yang telah dikonsumsi, indikator bensin menjadi salah satu komponen penting bagi sebuah kendaraan bermotor. Maka dari itu, kita wajib melakukan service indikator bensin motor secara rutin.

Kita melakukan service indikator bensin motor di bengkel resmi maupun bengkel umum sesuai dengan keinginan. Tapi disarankan lebih baik melakukan service indikator bensin di bengkel resmi karena biaya service-nya lebih murah.

Namun sebelum melakukan service indikator, kita sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu penyebab indikator bensin motor rusak atau tidak berfungsi. Hal ini bertujuan agar bisa mengetahui cara mengatasi dan memperbaiki indikator bensin tersebut.

Nah, bagi teman-teman biayaservice.com yang ingin mengetahui lebih lengkap mengenai service indikator bensin motor yang rusak dan tidak berfungsi bisa simak langsung informasinya dibawah ini.

Penyebab Indikator Bensin Motor Rusak

penyebab indikator bensin rusak
Source: astra-daihatsu.id

Sebelum mengetahui tentang informasi biaya service indikator bensin motor rusak, sebaiknya kita mencari tahu apa saja penyebab indikator tersebut rusak. Berikut adalah beberapa penyebab indikator bensin rusak.

1. Aki rusak

Penyebab indikator bensin rusak pertama ialah kerusakan pada aki. Apabila aki rusak tentu akan mempengaruhi sistem kelistrikan pada sebuah kendaraan. Sehingga kemungkinan besar indikator bensin akan tidak berfungsi.

Jika hal ini terjadi maka kita bisa melakukan perbaikan indikator bensin di tempat service resmi atau bisa juga bengkel biasa. Namun, untuk service indikator bensin motor di perlukan biaya penanganan seusai kerusakan dari indikator tersebut.

2. Fuel sensor rusak

Penyebab indikator motor tidak berfungsi ialah adanya masalah pada fuel sensor pada tangki. Jika fuel sensor rusak, tentu harus segera diganti kita bisa mengetahui jumlah bahan bakar yang ada didalam tangki.

Jika fuel sensor tidak berfungsi maka kemungkinan besar indikator bensin juga akan mati, karena tidak ada data yang diteruskan oleh fuel sensor ke indikator bensin. Maka dari itu, penting bagi kita untuk melakukan service indikator bensin motor agar bisa mengetahui dengan segera komponen mana yang bermasalah.

3. Pelampung Bermasalah

Jika indikator bensin tidak jalan mungkin saja diakibatkan karena adanya masalah pada pelampung bahan bakar. Perlu diketahui jika pelampung bahan bakar memiliki fungsi untuk mengontrol serta mengetahui volume bahan bakar didalam tangki bensin.

Untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pelampung bensin sangatlah mudah, karena kita hanya perlu melepas soket kabel pada mobil. Selanjutnya kita bisa menghubungkannya pada kabel pelampung tangki bensin. Jika setelah kabel tersambung indikator bensin dapat berfungsi, maka pelampung masih dalam kondisi bagus.

Namun apabila jarum indikator tidak bergerak, maka sudah pasti jika indikator bensin rusak. Untuk itu segeralah melakukan service indikator bensin motor, meski untuk melakukan perbaikan ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

4. Kabel Terputus

Penyebab indikator bensin rusak berikutnya adalah adalah kabel yang putus. Jika ada kabel yang putus tentu saja arus listrik tidak dapat mengantarkan arus listrik dengan baik.

Hal ini tentu akan membuat beberapa komponen motor tidak berfungsi salah satunya adalah indikator bensin. Oleh sebab itu, kita wajib melakukan service motor terutama pada bagian indikator, sehingga kita dapat mengetahui bagian mana yang mengalami masalah.

5. Tangki Penyok

Selain beberapa masalah diatas tangki penyok juga dapat menjadi penyebab utama indikator bensin motor rusak. Agar indikator bensin motor bisa berfungsi kembali kita bisa melakukan service indikator bensin motor di bengkel resmi maupun bengkel biasa.

Namun perlu diingat! Melakukan service motor di bengkel resmi tentu akan ada perbedaan biaya apabila kita melakukan service motor di bengkel biasa. Untuk itu, sebelum melakukan service motor kita harus mengetahui informasi tentang biaya service motor di bengkel resmi maupun biasa.

6. Speedometer error

Untuk penyebab indikator bensin motor rusak selanjutnya ialah karena speedometer error. Meski sangat jarang ditemui speedometer rusak, namun komponen ini wajib dicek ketika adanya masalah pada indikator bensin.

Untuk kerusakan pada bagian speedometer memang tidak mudah untuk diperbaiki, sehingga tidak jarang banyak orang yang melakukan perbaikan speedometer di bengkel resmi.

Cara Mengatasi Indikator Bensin Rusak

Source Video: Channel Youtube kris puji

Seperti telah diketahui jika indikator bensin merupakan salah satu komponen pada motor dengan fungsi untuk memberikan informasi berapa banyak bensin yang telah dikonsumsi. Biasanya visualisasi dari indikator bisa dilihat pada bagian speedometer baik dalam bentuk jarum maupun bar otomatis.

Namun jika indikator bensin motor rusak tentu saja kita tidak mengetahui informasi berapa sisa bensin yang telah dikonsumsi. Maka dari itu, melakukan perbaikan indikator bensin motor sangatlah diperlukan, apalagi jika indikator sudah memberikan tanda-tanda rusak.

Nah, untuk menghemat biaya service indikator bensin motor, kita bisa menangani masalah tersebut sendiri. Tapi bagaimanakah cara mengatasi indikator bensin rusak? Untuk lebih jelasnya mari simak langkah-langkahnya dibawah ini.

1. Periksa Aki

Apabila indikator bensin motor rusak, hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan beberapa pengecekan komponen seperti Aki. Hal ini dikarenakan indikator dapat berfungsi dengan baik apabila sistem kelistrikan berjalan dengan baik.

Namun, jika aki soak maka sudah pasti indikator tidak berfungsi. Maka dari itu, kita harus segera mengganti Aki agar indikator bisa berfungsi kembali. Namun untuk melakukan service ini juga diperlukan biaya yang tidaklah murah, mengingat harga Aki saat ini cukup lumayan mahal.

2. Periksa Pelampung

Selanjutnya untuk mengatasi indikator bensin motor yang tidak berfungsi atau rusak kita juga diwajibkan untuk memeriksa pelampung bahan bakar. Untuk melakukan pengecekan pada bagian pelampung cukuplah mudah, pasalnya kita hanya perlu mencabut soket pada bagian pelampung tersebut.

Untuk melakukan pengecekan pada pelampung bahan bakar tentu dapat dilakukan sendiri. Jadi kita tidak perlu buang-buang ongkos untuk melakukan service indikator bensin motor.

3. Periksa Sistem Kelistrikan

Berikutnya untuk mengatasi indikator bensin motor yang tidak berfungsi adalah dengan memeriksa sistem kelistrikan. Kita bisa bisa memeriksa sistem kelistrikan mulai dari aki, hingga sekring.

Apabila terdapat masalah pada bagian tersebut maka akan menyebabkan indikator bensin tidak berfungsi atau pun rusak. Nah, untuk melakukan service indikator bensin motor yang disebabkan oleh sistem kelistrikan tentu akan membutuhkan biaya tidak sedikit karena banyak komponen harus diganti.

4. Periksa Speedometer

Sebelum memutuskan untuk melakukan service indikator bensin motor di bengkel resmi atau pun bengkel biasa. Lebih baik kita periksa terlebih dahulu bagian speedometer pada motor tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi adanya kerusakan yang lebih parah pada bagian speedometer. Apabila indikator bensin tidak berfungsi karena speedometer rusak tentu akan membutuhkan biaya cukup mahal untuk mengganti speedometer tersebut.

5. Periksa PCB

Untuk mengatasi indikator bensin motor rusak berikutnya ialah dengan memeriksa PCB pada. Biaya indikator bensin rusak atau tidak berfungsi diakibatkan oleh bagian garis PCB yang sudah berkarat.

Apabila hal ini terjadi maka solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti PCB tersebut. Nah, untuk biaya service indikator bensin motor rusak dibagian PCB tentu akan membutuhkan biaya tidak murah, karena kita harus mengganti PCB agar indikator bisa berfungsi kembali.

6. Periksa Kabel

Selanjutnya ialah dengan melakukan pemeriksaan pada kabel, dimana kabel sebagai jalur kelistrikan tentu akan bekerja dengan baik saat kabel tidak terjadi masalah.

Namun apabila kabel putus tentu saja sistem kelistrikan akan bermasalah dan tentu saja aka menyebabkan indikator bensin tidak berfungsi. Untuk mengatasi hal ini segeralah perbaiki kabel indikator agar indikator bisa berfungsi lagi.

Biaya Service Indikator Bensin Motor Rusak

Biaya service indikator motor
Source: gridoto.com

Apabila indikator bensin motor rusak tentu akan membutuhkan biaya perbaikan yang bervariasi, sesuai dengan tingkat kerusakan serta kesulitan dalam memperbaikinya. Secara umum biaya service indikator bensin motor rusak yakni sekitar Rp 200.000 hingga Rp 350.000.

Harga tersebut sudah termasuk biaya jasa serta biaya pembelian komponen yang dibutuhkan. Akan tetapi apabila suku cadang masih dapat diperbaiki, maka kita tidak perlu menggantinya sehingga biaya perbaikan indikator bensin motor pun akan lebih murah.

Kesimpulan

Demikian informasi yang dapat biayaservice.com sampaikan terkait dengan biaya service indikator bensin motor, penyebab dan cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat membatu teman-teman dalam mengatasi indikator bensin motor yang rusak atau pun tidak berfungsi.