Biaya Service Kaca Mobil Retak & Cara Memperbaikinya

Biaya Service Kaca Mobil Retak – Kaca pada mobil menjadi salah satu komponen yang cukup penting dengan fungsi sebagai sistem keamanan. Dimana kaca juga berfungsi untuk mencegah masuknya debu serta angin kencang bahkan juga serangga yang masuk kedalam kabin mobil.

Disisi lain kaca mobil memang sensitive dengan benda-benda keras yang akan mengakibatkan kaca mobil menjadi retak bahkan pecah. Sementara itu biaya service mobil retak juga tergantung dari jenis kaca mobil yang digunakannya. Dan semakin bagus kualitas kaca tersebut, maka akan semakin mahal pula harganya.

Sementara itu, kaca mobil juga akan memberi performa aerodinamis dari sisi depan sekaligus memberikan visibiluitas baik bagi pengendara. Saat ini memang ada beberapa jenis kaca mobil yang dijual di pasaran. Namun perlu kalian ingat! Jika biaya service kaca mobil retak tergantung dari jenis kaca mobil tersebut.

Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga dan merawat kaca mobil agar awat dan tahan lama serta terhindar dari berbagai macam retakan yang kemungkinan bisa terjadi. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini biayaservice.com akan membahas sedikit informasi terkait dengan biaya service kaca mobil retak.

Jenis-Jenis Kaca Mobil

jenis jenis kaca mobil

Sebelum mengetahui informasi terkait dengan biaya service kaca mobil retak, sebaiknya kita terlebih dahulu membahas informasi terkait dengan jeni-jenis kaca mobil yang sering kita jumpai di pasaran. Saat ini memang banyak orang yang hanya memahami setiap kaca mobil memiliki jenis yang sama.

Padahal pada kenyataanya terdapat beberapa jenis kaca mobil yang dikategorikan berdasarkan ketahanan serta cara pembuatannya. Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan sedikit mengulas informasi terkait dengan jenis-jenis kaca mobil.

1. Kaca Laminated

Kaca lamiated merupakan kaca dengan daya tahan yang kuat serta mampu meredam benturan. Menariknya lagi, jika kaca jenis ini pecah, maka kerusakan yang timbul tidak akan berdampak pada aspek visibilitas. Dengan kelebihan ini, tentu saja membuat kaca Laminated bisa digunakan sebagai kaca mobil bagian dapan atau lebih dikenal dengan Windshield.

2. Kaca Tempered

Selanjutnya ada juga jenis kaca temperes, dimana kaca ini memiliki kekuatan 5 kali lipat lebih besar di bandingkan kaca mobil jenis lainnya. Hal ini dikarenakan kaca mobil tersebut dikemas dalam ukuan tebal 5 mm dan mampu menerima benturan hingga 1.500 kg/Cm2. Namun kaca ini memiliki kekurangan yakni apabila mengalami pecah maka akan menjadi bagian kecil-kecil dan dapat mengganggu pandangan.

3. Kaca Partially Tempered

Selanjutnya ada juga jenis kaca Partially Tempered, dimana kaca ini juga memiliki kualitas yang sama bagusnya dengan kaca tempered. Dan biasanya jenis kaca ini digunakan untuk membuat kaca bagian depan mobil, sehingga nampak lebih bagus dan menarik.

Syarat Kaca Mobil Retak Yang Bisa Diperbaiki

Sebelum mengetahui biaya service kaca mobil retak, kalian juga harus mengetahui beberapa syarat untuk bisa memperbaiki kaca mobil yang retak tersebut. Dan untuk memperbaiki kaca mobil yang retak ada beberapa teknik dan cara yang dapat kalian gunakan seperti suntik atau las kaca retak, dan berikut adalah beberapa syarat memperbaiki kaca mobil retak.

  • Retakan kurang dari 2 cm
  • Tidak menembus kaca interior
  • Tidak terjadi disudut
  • Tidak mengganggu fitur yang ada pada kaca mobil

Penyebab Kaca Mobil Retak

penyebab kaca mobil retak

Setelah mengetahui syarat kaca mobil retak serta jenis-jenis kaca mobil, kalian juga harus mengetahui apa saja penyebab kaca mobil retak. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya berikut ini.

  • Benturan beda tumpul atau tajam
  • Terperatur tinggi
  • Pemasangan kaca kurang tepat
  • Berkendara di jalanan rusak

Biaya Service Kaca Mobil Retak

Perlu kalian ketahui jika biaya service kaca mobil retak di bengkel umum tidaklah mahal. Dimana dari pengalaman penulis, ongkos dalam memperbaiki kaca mobil retak adalah sekitar Rp 350.000 hingga rp 800.000 tergantung dari jenis kaca serta tinggat kesulitan dalam memperbaiki kaca mobil retak tersebut.

Selain itu, tingkat keretakan pada kaca juga akan mempengaruhi harga dari perbaikan kaca mobil retak. Sementara itu, biaya service kaca mobil retak untuk jenis mobil keluaran Jepang dan Eropa juga berbeda, pasalnya material kaca digunakan juga berbeda.

Jadi untuk penanganan serta service kaca mobil retak akan berbeda meskipun langkah dalam perbaikannya sama. Maka dari itu kami sarankan untuk kalian agar memastikan terlebih dahulu jenis kaca mobil yang akan diperbaiaki, agar nantinya kalian bisa mendapatkan gambaran tentang biaya perbaikan kaca mobil yang retak.

Cara Service Kaca Mobil Retak

biaya service kaca mobil retak

Setelah mengetahui biaya perbaikan kaca mobil retak, kini saat kalian mengetahui cara memperbaiki kaca mobil retak. Untuk lebih jelasnya mari kita simak informasinya berikut ini.

1. Bersihkan kaca

Cara service kaca mobil retak pertama adalah dengan membersihkan kaca mobil dari serpihan kaca pecah, debu , pasir, tanah serta kotoran lainnya yang menempel pada kaca. Selanjutnya kaca harus dibersihkan hingga benar-benar bersih, karena apabila masih ada partikel kaca maka akan mengganggu proses penyuntikkan resin kedalam retakan kaca.

2. Lakukan Pengeboran

Untuk sevice kaca mobil retak yang selanjutnya adalah dengan mengebor kaca untuk membuat lubang. Hal tersebut dilakukan agar resin bisa masuk kedalam lubang sehingga kaca mobil dapat merekat kembali. Namun kami ingatkan jangan membuat lubang terlalu besar dan buatlah lubang di sepanjang retakan saja.

3. Masukkan cairan resin

Ketika melakukan service kaca mobil retak di bengkel khusus perbaikan kaca, cairan resin akan dimasukkan kedalam lubang tadi sehingga permukaannya tertutup. Setelah itu, tunggu hingga paling cepat sekitar 30 hingga 40 menit, tetapi juga bisa beberapa jam sampai resin mengeras. Meskipun hasil akhirnya tidak semulus kaca baru, ada titik halus tapi tidak akan terlalu jelas terlihat.

4. Pemerataan cairan

Nah, apabila resin sudah kering, maka kalian bisa melihat hasilnya. Dimana retakan kaca pada mobil tidak lagi terlalu jelas terlihat. Tapi proses perbaikan kaca mobil retak ini belum selesai, karena resin digunakan hanya untuk membantu mengembalikan retakan atau intergritas kaca. Dan untuk langkah terakhir adalah penyiraman UV dan retakan kaca pada mobil tidak akan menyebar luas.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan jika service kaca mobil retak membutuhkan biaya cukup lumayan besar. Selain itu, biaya service kaca mobil juga ditentukan oleh jenis kaca serta tingkat keretakan kacanya. Maka dari itu, jagalah kaca mobil kalian agar tidak mengalami keretakan, serta lakukan service mobil secara rutin dan berkala agar performa mobil tetap prima.

Dimana apabila kaca mobil kalian retak maka kalian harus segera memperbaikinya agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah lagi. Mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan semoga informasi diatas dapat menjadi bahan referensi kalian dalam memperbaiki kaca mobil retak.